Jurusan Teknik Elektronika di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Electronic Engineering

Teknik Elektronika adalah bidang teknik yang mempelajari tentang komponen listrik dan peralatan-peralatan semi konduktor. Teknik Elektronika merupakan bagian dari Teknik Listrik (Teknik Elektro).

Sesungguhnya istilah 'Teknik Elektronika' telah muncul di tahun 1950, setelah perubahan teknologi yang terjadi setelah Perang Dunia Ke-2 di tahun 1940. Tetapi di abad ke-19, Teknik Elektronika baru diangkat menjadi mata kuliah setelah terjadi perkembangan teknologi yang signifikan di Industri Telegram, Radio dan Telepon.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Seperti jurusan teknik pada umumnya, untuk masuk ke Jurusan Teknik Elektronika, Anda harus mempunyai kemampuan Logika, Matematika dan Fisika yang kuat. Sesungguhnya perbedaan antara Teknik Listrik (Teknik Elektro) dengan Teknik Elektronika adalah Teknik Elektronika mencakup daerah yang lebih spesifik dari Teknik Listrik, seperti komponen-komponen listrik, transmitor, semi konduktor dan lain-lain. Sedangkan Teknik Listrik mencakup bidang yang lebih luas seperti pengelolaan sumber daya energi/listrik dalam skala besar misalnya untuk kepentingan industri.

Di jurusan ini, para mahasiswa akan dinilai melalui laporan tertulis dan tugas praktek. Sehingga di luar pelajaran, para mahasiswa dituntut untuk banyak membaca dan melakukan riset secara individual. Selain mempelajari teori-teori, sebagian besar waktu akan dihabiskan di laboratorium atau tempat praktek lainnya untuk melakukan penelitian.

PROSPEK KERJA

Mayoritas mahasiswa mengambil jurusan ini dengan tujuan untuk menjadi Insinyur Elektronika. Selain itu, para lulusan juga bisa bekerja di bidang pengembangan sistem, konsultan elektronika dan sektor manufaktur peralatan elektronik.

Keahlian di bidang logika, penyelesaian masalah dan berhitung dari para lulusan Jurusan Teknik Listrik juga bisa dialihkan ke bidang keuangan, perbankan dan sektor-sektor bisnis lainnya.

Bagi yang ingin melanjutkan ke Program Pasca Sarjana bahkan bisa juga menjadi peneliti atau jika tidak ingin terlibat di bidang teknik, bisa juga menjadi tenaga pengajar untuk pelajaran terkait di berbagai lembaga pendidikan.

PROSES PERKULIAHAN

Jurusan Teknik Elektronika selain harus mengusai teori, keahlian dalam praktek misalnya untuk mendesain, merakit dan menjalankan komponen elektronik sangat penting dan akan menyumbangkan porsi nilai yang besar dalam nilai akhir perkuliahan. Oleh karena itu, penempatan kerja itu adalah hal wajib untuk menyelesaikan kuliah di Jurusan Teknik Elektronika. Oleh karena itu biasanya universitas mempunyai hubungan erat dengan industri dan perusahaan-perusahaan terkait untuk membantu mahasiswa mereka untuk mendapatkan penempatan kerja.

Syarat masuk untuk Program Sarjana Teknik Elektronika adalah mempunyai nilai nilai A di mata pelajaran seperti Matematika dan Sains. Lama kuliah sekitar 3 hingga 4 tahun, tergantung lamanya penempatan kerja yang diambil oleh mahasiswa. Untuk Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus mempunyai Gelar Sarjana dengan predikat 2:1.

Untuk bisa diterima di jurusan ini, para pelajar asing wajib mempunyai Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Teknik Elektronika banyak melibatkan kegiatan praktek dan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Selain itu untuk menamatkan kuliah, Anda harus mendapatkan nilai dari penempatan kerja. Oleh karena itu, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri teknik. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Teknik Elektronika apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Elektronik (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Mekatronik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Teknologi Suara / Audio

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Mikroelektronik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Elektronika

1
210
Inggris
DILIHAT 2,085 KALI Lihat 125 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 2,052 KALI Lihat 50 program
3
93
Jepang
DILIHAT 1,684 KALI Lihat 5 program
4
9
Australia
DILIHAT 1,102 KALI Lihat 33 program
5
69
Jerman
DILIHAT 837 KALI Lihat 6 program
6
168
Singapura
DILIHAT 543 KALI Lihat 13 program
7
39
Cina
DILIHAT 236 KALI Lihat 20 program
8
84
Hongkong
DILIHAT 229 KALI Lihat 7 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 218 KALI Lihat 10 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 198 KALI Lihat 2 program