Jurusan Studi Bahasa Inggris di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
English studies

Sastra Inggris mencakup beragam jenis mata kuliah yang menginvestigasi mengenai karya tulis/ilmiah dalam bahasa Inggris. Selain kesempatan untuk mempelajari karya tulis banyak penulis Inggris, mahasiswa juga akan mempelajari karya tulis para penulis Irlandia, Amerika, Kanada dan Australia, juga menganalisa perbedaan gaya dan perubahan penulisan dari tiap kebudayaan. Inggris adalah bahasa dunia yang paling populer, dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu oleh sekitar 5,5% masyarakat dunia, yang berarti karya tulis dan novel ditulis dalam bahasa Inggris, angka tersebut sudah cukup menunjukkan jumlah yang signifikan sebagai kebudayaan dunia secara keseluruhan.

Dengan pilihan modul mata kuliah mulai dari karya tulis wanita, karya tulis Amerika sampai dengan linguistik dan etimologi, mahasiswa akan mendalami tentang bagaimana menilai suatu karya tulis yang hebat, juga mempelajari beragam jenis novel, dan memposisikan karya-karya tersebut dalam konteks sejarah dan budaya.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi Bahasa Inggris, maka jurusan Sastra Inggris adalah jurusan yang akan Anda senangi. Di jurusan ini, Anda akan mengikuti perkuliahan dan membaca karya-karya tulis klasik dan kritis di luar perkuliahan. Anda juga akan mendapat tugas menulis esai tiap minggunya dan ikut terlibat dalam debat mengenai karya-karya tulis utama pada sesi singkat, sehingga Anda tidak hanya dituntut untuk bermotivasi tinggi, namun juga memiliki daya analisa yang tinggi. Penting bagi Anda untuk teliti dalam membuat rumusan pendapat yang seimbang dan menempatkan karya tulis dalam konteks budaya dan sejarah yang tepat.

PROSPEK KERJA

Salah satu pilihan pekerjaan yang paling populer bagi lulusan jurusan Sastra Inggris adalah pengajar (pendidik). Di Inggris, terdapat permasalahan besar mengenai kurangnya jumlah guru, hal ini mengakibatkan banyak mahasiswa berprestasi dengan pengalaman kerja memilih secara aktif untuk mengejar karir di bidang pendidikan; terutama di sekolah tingkat menengah.

Banyak program PGCE yang sebagian didanai oleh pemerintah, dan gaji awal dari seorang guru di Inggris berkisar £21,558 (£27,000 di London), besaran ini dapat beragam di negara-negara lainnya.

Keahlian yang Anda pelajari selama perkuliahan Sastra Inggris dapat digunakan di banyak industri lainnya. Walau rata-rata gaji awal yang dihasilkan oleh seorang lulusan Sastra Inggris adalah sebesar £18,338 di Inggris, perkuliahan membuka peluang fleksibel bagi lulusan untuk membuat keputusan mengenai karir mereka sendiri, dimana para lulusan cenderung mengejar karir sebagai jurnalis, asisten PR, asisten media dan copywriter.

Selain itu, banyak lulusan sarjana Sastra Inggris mengambil program pascasarjana jurusan Ilmu Hukum dengan maksud untuk menjadi pengacara atau advokat ataupun mengejar karir di bidang bank dan lembaga keuangan.

PROSES PERKULIAHAN

Jurusan Sastra Inggris yang tersedia di banyak institusi akademis memiliki syarat masuk yang berbeda, dan sebagian besar program sarjana membutuhkan minimal 3 tahun kuliah. Namun beberapa universitas menawarkan pilihan untuk mengikuti skema pertukaran Erasmus (Erasmus Exchange Scheme), dimana Anda dapat berkuliah selama empat tahun, dengan satu tahun berkuliah di universitas luar negeri ataupun bekerja di luar negeri, di antara tahun ke-2 sampai dengan tahun terakhir masa kuliah.

Terlepas dari gaji awal yang rendah untuk lulusan baru, persaingan antar universitas dalam jurusan Sastra Inggris sangatlah ketat, terutama untuk mata kuliah populer yang ditawarkan oleh universitas ternama. Sebagian besar universitas mengharuskan mahasiwa potensial untuk memiliki nilai nilai A atau yang setara sebagai syarat masuk pada subjek yang berhubungan erat, seperti sastra atau bahasa Inggris dan bagi mereka yang menggunakan bahasa ibu selain bahasa Inggris diharuskan mengikuti ujian IELTS, dengan nilai minimal 6.0.

Mereka yang ingin mempelajari bahasa Inggris pada program Pascasarjana harus mengetahui bahwa sebagian besar universitas mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki gelar sarjana dengan predikat 2.1 pada bidang yang bersangkutan. Namun, sebagian universitas menerima calon mahasiswa dengan nilai lebih rendah, tetapi juga mempertimbangkan pengalaman kerja dan kegiatan ekstra kurikuler yang pernah mereka ambil.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Bagi Anda yang memilih jurusan Sastra Inggris, lokasi universitas pilihan merupakan hal yang penting. Lokasi ini akan menjadi tempat dimana Anda menetap selama masa kuliah, maka pastikan untuk menghadiri acara open house yang diadakan universitas dan melakukan investigasi terhadap wilayah lokal. Selain itu, untuk jurusan sastra, lokasi universitas juga akan mempengaruhi prospek masa depan Anda di dunia kerja. Anda harus mencari lokasi yang tidak hanya menyenangkan untuk Anda pribadi, namun juga yang dapat membuat Anda mendapatkan pengalaman semaksimal mungkin. Jika Anda dapat memilih, cobalah untuk berkuliah di universitas yang berlokasi di sebuah kota yang memiliki tradisi teatrikal dan sastra yang kuat, dimana kota tersebut memiliki koneksi kuat dengan perusahaan dan acara-acara yang bersangkutan di sekitar wilayah tersebut.

Sastra merupakan jurusan program sarjana yang populer, karena itu mayoritas universitas memiliki jurusan sastra. Namun ini bukan berarti Anda akan mudah dalam memilih, penentuan di antara berbagai pilihan jurusan akan menjadi tugas yang cukup membingungkan.

Saat memilih jurusan sastra Inggris, hal yang menjadi pertanyaan adalah bagian dari Sastra Inggris manakah yang paling menarik bagi Anda? Anda akan mempelajari literatur untuk tiga tahun ke depan, jadi sangatlah penting untuk memilih universitas yang menawarkan mata kuliah yang menarik bagi Anda. Apakah Anda tertarik mempelajari sejarah dari bahasa ataupun berminat mempelajari literatur setelah zaman koloni, terdapat beragam pilihan tersedia bagi calon mahasiswa.

Tentu saja biaya dan nilai akademik juga menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan untuk memilih suatu universitas. Sebagian besar universitas ternama seperti Oxford dan Cambridge memiliki persyaratan bagi pendaftar untuk memiliki minimal nilai 3 A-levels atau yang setara dan nilai A. Banyak kota di Inggris memiliki lebih dari satu universitas, jadi jika Anda sudah memutuskan untuk berkuliah di satu wilayah tertentu, namun masih ragu akan nilai yang menjadi syarat masuk, maka akan selalu ada universitas lain pada wilayah yang sama untuk dipertimbangkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam masalah biaya perkuliahan, terdapat banyak beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Studi Bahasa Inggris apa saja yang tersedia di sana?

1

Bahasa Inggris

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Bahasa Inggris Bagi Penutur Bahasa Lain (Esol)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Bahasa Inggris Untuk Bisnis

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Tambahan (Bit)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Studi Bahasa Inggris

1
210
Inggris
DILIHAT 4,987 KALI Lihat 132 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 3,210 KALI Lihat 22 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,878 KALI Lihat 28 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,179 KALI Lihat 626 program
5
168
Singapura
DILIHAT 1,103 KALI Lihat 8 program
6
69
Jerman
DILIHAT 847 KALI Lihat 6 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 603 KALI Lihat 29 program
8
93
Jepang
DILIHAT 584 KALI Lihat 2 program
9
173
Korea Selatan
DILIHAT 582 KALI Lihat 1 program
10
32
Kanada
DILIHAT 489 KALI Lihat 75 program