Jurusan Ilmu Lingkungan Hidup di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Environmental Sciences

Ilmu lingkungan adalah bidang akademik yang mengintegrasikan ilmu fisika, biologi, kimia, ekologi, ilmu tanah, geologi, sains atmosfer, dan geografi untuk mempelajari lingkungan, dan solusi dari permasalahan lingkungan. Ilmu lingkungan menyediakan pendekatan yang terintegrasi untuk mempelajari sistem lingkungan.

Ilmu Lingkungan Hidup memulai pembelajaran dan investigasi secara aktif di tahun 1960an didorong oleh kebutuhan pendekatan untuk menganalisa masalah lingkungan yang kompleks seperti; perubahan cuaca, masalah kelangsungan hidup serta sumber daya bumi yang terus berkurang.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda ingin menekuni jurusan ini, Anda haruslah seorang yang mencintai lingkungan hidup serta punya dasar yang kuat di mata pelajaran sains, misalnya Matematika dan Geografi.

Perkuliahan Jurusan Ilmu Lingkungan Hidup akan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka untuk melakukan penelitian dan pendekatan terhadap lingkungan hidup. Tentu saja banyak juga waktu yang akan di habiskan di laboratorium selain di ruang kuliah dan menghadiri sejumlah seminar. Selain itu, Anda akan sering berhadapan dengan sampel dan data-data, dimana Anda harus membuat analisa dan laporan.

PROSPEK KERJA

Dengan kepekaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap masalah-masalah yang terjadi di alam sekitar, permintaan untuk tenaga ahli yang lulus dari Jurusan Ilmu Lingkungan Hidup semakin meningkat dari masa ke masa. Contohnya adalah departemen produksi di sektor bisnis. Pekerjaan bagi ahli lingkungan hidup adalah hal-hal seperti melakukan penelitian dan evaluasi terhadap metode produksi suatu pabrik agar selalu ramah lingkungan. Jadi, banyak tersedia lowongan kerja sebagai konsultan, seksi hubungan massa dan pengajuan tender.

Banyak juga para lulusan yang memilih untuk tidak bekerja di pabrik, dan melanjutkan pendidikan mereka ke program Pasca Sarjana agar mempunyai kualifikasi sebagai peneliti di laboratorium.

Bagi yang menyenangi kehidupan yang lebih dekat alam, bisa bekerja di sejumlah organisasi perlindungan alam di Inggris seperti Natural England maupun the Environment Agency. Departemen kesehatan dan instansi lingkungan juga memerlukan banyak ahli lingkungan hidup. Jadi, pilihan kerjaan untuk para lulusan Jurusan Ilmu Lingkungan Hidup cukup beragam.

PROSES PERKULIAHAN

Persyaratan masuk masing-masing universitas berbeda-beda. Kebanyakan mewajibkan calon mahasiswa mereka untuk mencapai nilai nilai A atau setara di 2 mata pelajaran sains, misalnya Matematika. Ada juga universitas yang mewajibkan calon mahasiswa untuk lulus Tes GCSE (General Certificate of Secondary Education) dengan predikat C atau setara untuk Matematika. Untuk pelajar asing wajib memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Program kuliah akan berlangsung sekitar 3 tahun, dimana mahasiswa harus aktif terlibat dalam menghadiri kelas kuliah, penelitian di laboratorium dan riset lapangan. Mayoritas program juga mengijinkan mahasiswa untuk mengambil penempatan kulliah di tahun ke-2 atau ke-3. Apabila mahasiswa memilih untuk mengambil penempatan kerja, maka lama kuliah akan diperpanjang selama setahun menjadi 4 tahun.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Ilmu Lingkungan Hidup banyak melibatkan kegiatan riset dan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Selain itu untuk menamatkan kuliah, Anda harus mendapatkan nilai dari penempatan kerja. Oleh karena itu, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri dan organisasi-organisasi terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Ilmu Lingkungan Hidup apa saja yang tersedia di sana?

1

Ilmu Pengetahuan Lingkungan Hidup

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Kesehatan Lingkungan (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Lingkungan Hidup

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Sustainability

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ilmu Lingkungan Hidup

1
210
Inggris
DILIHAT 5,329 KALI Lihat 129 program
2
9
Australia
DILIHAT 4,191 KALI Lihat 53 program
3
93
Jepang
DILIHAT 2,384 KALI Lihat 11 program
4
69
Jerman
DILIHAT 2,243 KALI Lihat 14 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,688 KALI Lihat 614 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 1,658 KALI Lihat 5 program
7
114
Malaysia
DILIHAT 1,646 KALI Lihat 22 program
8
131
Belanda
DILIHAT 1,293 KALI Lihat 13 program
9
168
Singapura
DILIHAT 840 KALI Lihat 7 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 772 KALI Lihat 15 program