Jurusan Desain Mode dan Tekstil di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Fashion

Desain Mode dan Tekstil adalah pembelajaran tentang tren dan gaya berpakaian. Walaupun tampak sepele, tren dan gaya berpakaian juga berdampak terhadap kebudayaan dan kehidupan sosial masyarakat. Pusat mode di dunia adalah London, Paris, Milan dan New York. Dunia fashion selalu diwarnai dengan perubahan; baik itu adalah tren warna, model pakaian, pola tekstil dan sebagainya.

Di jaman dahulu, manusia masih membuat pakaian sendiri, atau pun di tukang jahit. Seiiring dengn perkembangan jaman, pakaian bisa diproduksi dalam jumlah besar dan dijual dengan harga yang seragam. Penting bagi industri pakaian untuk mengikuti tren yang berlaku agar pakaian produksi mereka laku dijual. Oleh karena itu, pakar di bidang desain mode dan tekstil sangat diperlukan oleh industri ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda bermimpi menjadi Alexander Milano, Vivienne Westwood atau Anna Wintour? Apakah Anda menyenangi mode dan desain? Apakah Anda mempunyai cita-cita untuk menjadi desainer, penggambar sketsa, penulis mode, dan pembeli professional? Jika demikian, Anda harus memilih jurusan ini.

Seperti jurusan seni pada umumnya yang membutuhkan kreativitas yang tinggi, selain mempunyai minat terhadap dunia mode, Anda juga harus mempunyai minat terhadap beragam kebudayaan dan tradisi yang mempengaruhi gaya pakaian suatu masyarakat. Anda bisa memilih jurusan ini dengan pilihan fokus di berbagai bidang seperti Jurnalisme, Desain, atau pun Ilustrator dan lain-lain.

PROSPEK KERJA

Industri fashion adalah salah satu industri terbesar di Inggris. Pada tahun 2011, Industri Fashion diperkirakan menyumbangkan pendapatan sebesar 21 juta poundsterling per tahun. Oleh karena itu, para lulusan Jurusan Mode dan Tekstil tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan pekerjaan setelah tamat kuliah.

Bagi para lulusan baru, gaji awal rata-rata adalah £14,000 - £22,000 per tahun. Mereka bisa berwiraswasta dengan mengembangkan merk fashion mereka sendiri, atau pun bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia.

Tentu saja selain bekerja sebagai perancang busana, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai penulis publikasi fashion atau pun penulis blog fashion. Selain itu juga bisa bekerja di bidang penjualan maupun pembelian. Di Inggris, jika Anda mengerti tentang desain dan tren fashion, ada banyak lowongan kerja yang tersedia bagi Anda.

Selain pilihan-pilihan di atas, banyak juga para lulusan yang bekerja sebagai pekerja lepas (freelancer) di bidang pengarah gaya, penulis dan ilustrator. Selain itu, ada juga para lulusan yang meniti karir di bidang e-commerce (e-niaga), perdagangan atau pun PR (hubungan massa).

PROSES PERKULIAHAN

Untuk mendaftar ke Program Sarjana, selain wajib mempunyai 3 nilai nilai A atau setara, Anda juga harus menghadiri wawancara dengan membawa contoh hasil desain Anda. program ini pada umumnya berlangsung sekitar 3 tahun. Gelar yang akan Anda dapatkan setelah lulus adalah BA(hons), singkatan dari Bachelor of Art (with honours).

Jika Anda ingin mendaftar ke Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu memiliki Gelar Sarjana di bidang seni atau fashion dengan predikat 2:1. Selain itu anda juga diwajibkan untuk membawa contoh hasil desain Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mempunya pengalaman kerja di industri mode. Program ini pada umumnya berlangsung selama 1 tahun. Gelar yang akan Anda dapatkan setelah lulus adalah MA (Magister or Art). Setelah Gelar MA, jika Anda ingin mendapatkan Gelar PhD (Doctor of Philosophy), Anda bisa melanjutkan ke Program S3. Lama kuliah akan berlangsung sekitar 3 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jika ingin memilih Jurusan Mode dan Tekstil, Anda patut mempertimbangkan prestise universitas pilihan Anda. Apakah universitas tersubut mempunyai reputasi ternama di bidang fashion? Selain itu Anda juga perlu mempelajari profil staf pengajar di universitas tersebut. Bagaimanakah reputasi mereka di dunia mode? Apakah mereka mempunyai pengaruh khusus di dunia mode? Universitas yang populer dengan jurusan mode biasanya mempunyai jaringan kerja yang baik dengan industri-industri mode. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Desain Mode dan Tekstil apa saja yang tersedia di sana?

1

Desain Mode

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Mode / Tekstil / Pakaian (Kerajinan)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Desain Tekstil

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Desain Mode / Tekstil

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Desain Mode dan Tekstil

1
210
Inggris
DILIHAT 1,985 KALI Lihat 108 program
2
88
Indonesia
DILIHAT 1,783 KALI Lihat 1 program
3
168
Singapura
DILIHAT 1,778 KALI Lihat 8 program
4
9
Australia
DILIHAT 1,508 KALI Lihat 24 program
5
114
Malaysia
DILIHAT 1,250 KALI Lihat 19 program
6
63
Perancis
DILIHAT 510 KALI Lihat 11 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 406 KALI Lihat 10 program
8
69
Jerman
DILIHAT 306 KALI Lihat 1 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 262 KALI Lihat 4 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 252 KALI Lihat 1 program