Jurusan Film & Televisi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Film

Jurusan Film dan Televisi mempelajari tentang pembuatan film dan drama hingga penilaiannya. Sektor TV dan perfilman mulai marak sejak 100 tahun yang lalu. Film baru mulai diproduksi pada tahun 1880 an. Jadi jurusan ini termasuk jurusan yang baru. Jaman dulu, film masih susah untuk diproduksi karena keterbatsan teknologi dan memerlukan biaya yang tinggi. Di jaman sekarang ini berkat perkembangan yang pesat di bidang media dan teknologi memungkinkan film diproduksi dengan biaya yang lebih rendah dan dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Bahkan dengan menggunakan telepon selular saja sudah bisa memproduksi film. Para direktor film dari hari ke hari selalu menunjukkan kreatifitas mereka dengan menggunakan CGI (Computer Generated Imagery) dan teknologi kamera 3 dimensi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyenangi pembuatan film dan acara-acara TV? Atau Anda bahkan mempunyai hobi membuat klip musik pendek ataupun film pendek di waktu luang Anda? Jika demikian, jurusan ini mungkin cocok buat Anda.

Selain mempelajari mengenai teknik-teknik syuting dan penayangan, Anda juga akan mempelajari sejarah mengenai film dan televisi dari dulu hingga sekarang. Untuk menekuni jurusan ini diperlukan kreativitas, paham memanfaatkan teknologi, serta daya analisa yang tinggi untuk membuat film dan pertunjukan televisi yang bisa meraih rating tinggi.

PROSPEK KERJA

Selain mempelajari tentang cara membuat film dan acara televisi, di jurusan ini Anda juga mempelajari kemampuan utnuk mengadakan riset, manajemen proyek dan komunikasi, dimana semua keahlian ini memungkinkan Anda untuk mengejar profesi di berbagai bidang, bukan hanya di dunia film dan televisi.

Ada banyak lowongan kerja untuk para lulusan Jurusan Film dan Televisi. Mereka biasanya diterima bekerja di industri perfilman sebagai asisten setting film ataupun mengerjakan proyek multi media mereka sendiri.

Banyak juga para lulusan yang bekerja dengan stasiun-stasiun televisi ternama seperti Sky, ITV, BBC ataupun Channel 4 sebagai asisten riset. Selain itu bidang marketing, periklanan, industri on-line ataupun jurnalisme juga menerima para lulusan jurusan ini untuk bekerja dengan mereka.

Para lulusan dari Jurusan Film dan Televisi juga bisa bekerja sebagai penulis skenario ataupun direktur film jika mereka mengambil spesifikasi di bidang tersebut.

PROSES PERKULIAHAN

Selain program sarjana dan Pascasarjana, juga tersedia berbagai program yang lebih pendek. Untuk masuk ke program sarjana, nilai yang harus dicapai adalah 3 nilai A. lama perkuliahan berlangsung sekitar 3 tahun atau lebih tergantung lama penempatan kerja yang dipilih. Untuk Pascasarjana, calon mahasiswa harus mempunyai gelar sarjana dengan predikat 2:1. Pembelajaran untuk jurusan ini sangat luas, mulai dari struktur narasi hingga sejarah musikal Hollywood. Jadi akan lebih bagus jika Anda sebelumnya mempunyai sedikit pemahaman mengenai proses pembuatan film sebelum memulai kuliah.

Untuk pelajar asing diwajibkan untuk mengambil Tes IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu Anda perlu mengetahui seberapa baik hubungan kerja sama universitas Anda dengan industri perfilman, apalagi jika Anda mempunyai cita-cita untuk bekerja di dunia perfilman setelah tamat nanti. Dunia perfilman tidak gampang untuk dimasuki, jadi selain nilai akademis yang kuat, reputasi dan koneksi dari universitas akan sangat membantu.

Jurusan Film dan Televisi mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Film & Televisi apa saja yang tersedia di sana?

1

Produksi Film / Video / Televisi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Produksi Film / Video

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Produksi Acara Televisi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Efek Khusus (Film/Video)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Film & Televisi

1
210
Inggris
DILIHAT 3,110 KALI Lihat 184 program
2
9
Australia
DILIHAT 1,862 KALI Lihat 42 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,564 KALI Lihat 20 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 885 KALI Lihat 244 program
5
131
Belanda
DILIHAT 670 KALI Lihat 12 program
6
168
Singapura
DILIHAT 670 KALI Lihat 12 program
7
32
Kanada
DILIHAT 495 KALI Lihat 32 program
8
69
Jerman
DILIHAT 491 KALI Lihat 2 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 307 KALI Lihat 16 program
10
63
Perancis
DILIHAT 129 KALI Lihat 2 program