Jurusan Keuangan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Finance

Keuangan adalah ilmu tentang uang, terutama mengenai bagaimana investor mengalokasikan aset selama periode waktu yang panjang. Sebagai pilihan jurusan, keuangan dibagi menjadi 3 konsentrasi, yaitu keuangan pemerintahan, pribadi, dan perusahaan.

Industri keuangan merupakan kunci utama dari ekonomi Inggris dengan investasi-investasi krusial pada perluasan segala jenis industri. Selain pentingnya sektor keuangan, terdapat beragam jenis kesempatan kerja juga tersedia pada sektor ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda berbakat dalam makro ekonomi? Apakah Anda berencana bekerja di dunia korporasi? Jika demikian, maka keuangan mungkin jurusan yang tepat untuk Anda.

Mahasiswa yang ingin mempelajari keuangan tidak hanya diharuskan untuk menunjukkan bakat alamiah pada matematika, namun juga harus memiliki ketertarikan pada hukum dan perundang-undangan sektor keuangan. Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari mengenai perpajakan, selain kebijakan ekonomi moneter dan fiskal, serta dampak dari hal tersebut pada industri keuangan.

Terdapat berbagai mata kuliah pada jurusan keuangan, sehingga penting bagi mahasiswa untuk bekerja keras dan mengadakan penelitian ekstra di luar perkuliahan demi mendapatkan nilai memuaskan.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan keuangan bekerja pada sektor keuangan, sebagai investor, analisator risiko keuangan ataupun bankir.

Di samping itu, terdapat pilihan bagi lulusan jurusan keuangan untuk melanjutkan kuliah. Sebagian mahasiswa mengambil pendidikan akuntansi profesional, sedangkan sebagian lainnya mengambil diploma hukum, dengan tujuan bekerja di sektor keuangan atau hukum komersial.

Selain itu terdapat juga pilihan bagi lulusan untuk belajar di PGCE (Post Graduate Certificate of Education), dengan tujuan bekerja sebagai pendidik di tingkat sekolah menengah ataupun berkarir pada bidang jurnalisme keuangan. Mahasiswa juga dapat menggunakan pengetahuan bisnis untuk berwiraswasta, atau bekerja pada departemen SDM dan pemasaran.

Mahasiswa yang memiliki keahlian menulis dapat bekerja pada organisasi nirlaba sebagai penulis proposal keuangan dan penghimpun dana dalam menyediakan keuangan untuk beragam tujuan penyelenggaraan kegiatan amal.

PROSES PERKULIAHAN

Susunan struktur perkuliahan sangat bergantung pada tingkat kuliah Anda. Sebagian besar program sarjana membutuhkan waktu minimal 3 tahun. Calon mahasiswa diwajibkan memiliki nilai 3 nilai A, atau yang setara pada mata pelajaran yang berhubungan. Sebagian dari mereka dapat memperpanjang 1 tahun, antara tahun kedua dan ketiga untuk mengambil penempatan kerja di industri yang bersangkutan.

Jurusan Keuangan juga menyediakan program pascasarjana. Program ini membutuhkan waktu minimal 1 tahun, bergantung kembali pada tingkat perkuliahan dan pilihan kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Calon mahasiswa untuk program Pascasarjana diharuskan memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 pada bidang yang serupa.

Mahasiswa akan menghadiri perkuliahan di kelas dan akan dinilai melalui pengumpulan tugas tertulis. Untuk semua jurusan, mahasiswa asing yang ingin mendaftar harus mengikuti ujian IELTS dan mendapat nilai 6.0 – 6.5 untuk memulai perkuliahan.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Terlepas dari jurusan yang akan Anda pilih, lokasi dari universitas juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Anda akan mengikuti perkuliahan minimal satu tahun, jadi merupakan hal yang penting untuk memilih universitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda secara emosional dan intelektual. Mengenal kebudayaan baru dan bertemu orang-orang baru adalah hal yang penting dari kehidupan seorang mahasiswa. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang sesuai dengan keperibadian Anda. Di saat sebagian mahasiswa lebih memilih untuk berkuliah di kota-kota besar dengan kegiatan sosial yang bebas, sebagian lainnya lebih memilih kota kecil yang lebih fokus pada suatu komunitas tertentu.

Walau modul inti yang ditawarkan cenderung memiliki kemiripan, namun modul pilihan cenderung berbeda-beda pada tiap universitas. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai pilihan modul yang ditawarkan. Pertimbangkanlah apakah modul tersebut sesuai dengan minat Anda atau apakah modul tersebut bisa menunjang karir Anda. Selain itu, penting bagi Anda untuk memilih universitas yang bergengsi yang memiliki koneksi dengan industri yang Anda minati. Sebagian besar perusahaan ternama memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas tertentu, tempat mereka merekrut sebagian besar karyawan tingkat pertama.

Anda harus memastikan kembali persyaratan masuk dan keadaan keuangan Anda sebelum mendaftar ke universitas pilihan Anda. Apakah nilai Anda sudah memenuhi syarat? Apakah biaya tersebut beserta biaya hidup dapat Anda penuhi? Jika Anda masih bermasalah dalam hal keuangan, terdapat banyak beragam pilihan beasiswa yang tersedia.

Program Keuangan apa saja yang tersedia di sana?

1

Business Administration

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Bisnis & Keuangan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Manajemen Keuangan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Ilmu Pengetahuan Aktuaria

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Keuangan

1
210
Inggris
DILIHAT 7,705 KALI Lihat 150 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 4,527 KALI Lihat 66 program
3
9
Australia
DILIHAT 3,810 KALI Lihat 48 program
4
168
Singapura
DILIHAT 2,411 KALI Lihat 30 program
5
131
Belanda
DILIHAT 1,583 KALI Lihat 15 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,162 KALI Lihat 982 program
7
69
Jerman
DILIHAT 1,105 KALI Lihat 7 program
8
173
Korea Selatan
DILIHAT 726 KALI Lihat 3 program
9
32
Kanada
DILIHAT 533 KALI Lihat 60 program
10
63
Perancis
DILIHAT 479 KALI Lihat 20 program