Jurusan Ilmu Teknik di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
General Engineering and Technology

Ilmu Teknik adalah bidang pelajaran yang mempelajari implementasi teknologi baru dalam sektor teknik seperti manufaktur, pemeliharaan dan manajemen. Jurusan ini menyediakan Program Sarjana, Pasca Sarjana dan Magang.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi teknik dan teknologi, dan mempunyai minat di bidang sains, jurusan ini mungkin cocok untuk Anda.

Jadwal perkuliahan jurusan ini sangat padat. Selain menghadiri kelas kuliah, para mahasiswa akan banyak terlibat dalam kegiatan praktek di workshop, sehingga selain menguasai materi pelajaran dan kemampuan praktek, para mahasiswa dituntut untuk pintar mengatur waktu. Selain itu, para mahasiswa juga diharuskan untuk mengambil penempatan kerja.

PROSPEK KERJA

Ilmu Teknik bisa diaplikasikan di berbagai bidang, tidak hanya tebatas di bidang teknik. Ini dikarenakan semasa kuliah, para mahasiswa juga mempelajari tentang Teknologi Informatika dan Hukum. Sehingga para lulusan jurusan ini bisa diterima bekerja di bidang hukum paten, konstruksi, hubungan massa ataupun di departemen teknologi informatika.

Walaupun demikian, mayoritas lulusan tetap memilih untuk memilih profesi sebagai insinyur mekanik ataupun insinyur pemeliharaan (maintenance). Gaji awal rata-rata untuk seorang insinyur mekanik adalah £20,000 - £28,000 per tahun di Inggris. Mereka menggunakan solusi yang efisien bagi pengembangan produk dan mesin. Sedangkan untuk seorang insinyur pemeliharaan, gaji awal rata-rata berkisar antara £20,000 – £24,000 per tahun. Mereka bertanggung jawab akan perawatan dan pemeliharaan mesin-mesin dan peralatan lainnya.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas program mengharapkan para mahasiswa untuk menghadiri kelas kuliah sekaligus mengerjakan proyek individual mereka, dimana mereka akan dinilai. Untuk mahasiswa Program Sarjana diwajibkan untuk menyelesaikan 2 penempatan kerja sebagai syarat kelulusan.

Program Sarjana pada umumya akan berlangsung selama 3 tahun, walaupun kebanyakan mahasiswa mengundur selama setahun untuk mengambil lebih banyak penempatan kerja. Bagi yang ingin mendaftar ke Program Sarjana diharuskan untuk mempunyai nilai minimal 3 nilai A atau setara.

Untuk Program Pascasarjana akan berlangsung sekitar 1 hingga 4 tahun. Syarat masuknya adalah telah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Bagi semua pelajar asing yang ingin mendaftar di jurusan ini harus memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu Anda perlu mengetahui seberapa baik hubungan kerja sama universitas Anda dengan industri teknik. Perlu Anda ingat, Program Sarjana mewajibkan mahasiswanya untuk menyelesaikan minimal 2 penempatan kerja agar bisa lulus kuliah. Jadi pastikan universitas pilihan Anda mempunyai jaringan kerja yang kuat untuk memudahkan Anda mencari penempatan kerja.

Jurusan Ilmu Teknik mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan cukup banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Ilmu Teknik apa saja yang tersedia di sana?

1

Studi Rekayasa

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Teknologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Manajemen Rekayasa

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Nanoteknologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ilmu Teknik

1
9
Australia
DILIHAT 4,629 KALI Lihat 67 program
2
69
Jerman
DILIHAT 4,175 KALI Lihat 17 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 4,170 KALI Lihat 59 program
4
93
Jepang
DILIHAT 3,749 KALI Lihat 12 program
5
210
Inggris
DILIHAT 2,389 KALI Lihat 143 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 2,304 KALI Lihat 6 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,853 KALI Lihat 592 program
8
168
Singapura
DILIHAT 1,336 KALI Lihat 13 program
9
62
Finlandia
DILIHAT 960 KALI Lihat 4 program
10
131
Belanda
DILIHAT 783 KALI Lihat 14 program