Jurusan Ilmu Kesehatan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
General Health

Ilmu kesehatan merujuk kepada penelitian pola makanan dan kesehatan masyarakat. Anda yang mengambil jurusan ini akan mempelajari bagaimana menjaga dan memperbaiki standar hidup masyarakat, seperti bagaimana mengurangi kegemukan dan mengurangi rokok dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyukai bekerja bersama sama orang lain dan tertarik dengan kesehatan? Jika Anda menyukai bagaimana program kesehatan bisa begitu bermanfaat maka jurusan ini cocok untuk Anda.

Tentunya untuk mengambil jurusan ini Anda harus memiliki kemampuan yang baik di bidang Kimia dan Biologi agar dapat mempelajarinya dengan baik. Juga yang harus diingat adalah Anda harus dapat membagi waktu Anda dengan baik karena selain menghadiri kelas kuliah seperti biasa Anda juga akan banyak melakukan praktek lapangan dan penelitian.

PROSPEK KERJA

Kebanyakan lulusan dari jurusan ini bekerja di sektor pemerintahan seperti Dinas Kesehatan ataupun di National Health Service melakukan penelitian di bidang pencegahan penyakit atau obat berbahaya, dapat juga sebagai ahli gizi.

Anda dapat juga bekerja di sektor swasta melakukan riset ataupun marketing di perusahaan medis. Gaji rata rata di sektor ini di Inggris berkisar antara £21,176 - £34,186 per tahun. Selain itu Anda dapat juga mengambil program pasca sarjana dengan jurusan hukum medis, perawatan dan konseling ataupun sebagai jurnalis di bidang medis.

PROSES PERKULIAHAN

Banyak program yang tersedia bagi Anda yang ingin mempelajari bidang Kesehatan baik program sarjana maupun Pascasarjana. Kebanyakan program sarjana berlangsung selama 3 tahun dan mewajibkan persyaratan masuk minimum 3 nilai A atau setara. Sedangkan program Pascasarjana berlangsung selama minimal 1 tahun dan persyaratan masuk minimal memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 serta memiliki pengalaman kerja di sektor kesehatan. Bagi pelajar asing juga wajib memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Sebelum anda memutuskan untuk mengambil jurusan ini, Anda perlu memastikan bahwa nilai akademis Anda mencukupi persyaratan masuk. Juga anda harus memikirkan biaya yang dibutuhkan selama kuliah disana. Jika membutuhkan, Anda dapat mengambil program beasiswa dan pinjaman dari pemerintah.

Penting bagi Anda untuk tidak hanya melihat program yang ditawarkan tetapi juga adanya praktik lapangan dan penelitian yang bisa didapatkan selama Anda kuliah. Banyak Universitas yang memiliki kerjasama dengan rumah sakit ataupun perusahaan medis setempat yang dapat memberikan kesempatan praktek magang yang tentunya memberikan nilai tambah bagi anda yang akan berkarir di bidang ini.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Ilmu Kesehatan apa saja yang tersedia di sana?

1

Promosi Kesehatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Manajemen / Administrasi Layanan Kesehatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Ilmu Kesehatan / Manajemen Perawatan Kesehatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Pendidikan Kesehatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Ilmu Kesehatan

1
9
Australia
DILIHAT 6,433 KALI Lihat 69 program
2
210
Inggris
DILIHAT 4,175 KALI Lihat 187 program
3
93
Jepang
DILIHAT 3,122 KALI Lihat 6 program
4
69
Jerman
DILIHAT 2,418 KALI Lihat 8 program
5
114
Malaysia
DILIHAT 2,377 KALI Lihat 26 program
6
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,739 KALI Lihat 29 program
7
131
Belanda
DILIHAT 1,059 KALI Lihat 8 program
8
211
Amerika Serikat
DILIHAT 944 KALI Lihat 648 program
9
32
Kanada
DILIHAT 866 KALI Lihat 74 program
10
168
Singapura
DILIHAT 411 KALI Lihat 6 program