Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Human Resources

Sumber Daya Manusia merujuk pada departemen dalam perusahaan yang menangani masalah perlakuan dan komunikasi di antara karyawan. Kesalahan umum yang seringkali terjadi adalah bahwa banyak orang menganggap bahwa Sumber Daya Manusia adalah suatu industri yang baru saja terbentuk.

Realitanya adalah sumber daya manusia berkembang secara cepat dalam 30 tahun terakhir, sejak tahun pertengahan 1800, peran yang berhubungan dengan sumber daya manusia sudah menyebar, dan kemudian diresmikan bahwa perusahaan wajib memperhatikan kepentingan para pekerjanya. Semenjak tahun 1833 organisasi kesejahteraan karyawan industri diamanatkan untuk menginspeksi tiap pabrik untuk memastikan bahwa kaum wanita dan anak-anak bekerja dengan waktu dan bayaran yang sesuai.

Saat ini, tugas dari tim manajemen sumber daya manusia berbeda dengan zaman era Victoria itu. Namun, etika dasar dari peran yang harus dijalankan tetap sama, yakni memperhatikan tiap karyawan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan sumber daya manusia adalah jurusan yang tepat bagi mereka yang ingin mengejar karir di bidang sumber daya manusia. Namun tidak semua orang cocok dengan program jurusan ini, jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah jurusan ini memang tepat untuk Anda. Mereka yang ingin mengambil jurusan ini harus memiliki minat, bukan hanya pada bisnis dan manajemen, namun juga memiliki pengertian mengenai bagaimana manusia berpikir dan bagaimana menyesuaikan beragam keahlian individu dengan kebutuhan dunia bisnis.

Sebagian besar mata kuliah Sumber Daya Manusia tidak hanya mengharuskan kehadiran Anda pada berbagai perkuliahan dan seminar, namun juga mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman kerja dan posisi di perusahaan selama masa perkuliahan. Selain dibutuhkan minat pada jurusan ini, mahasiswa juga harus bekerja keras dan dapat mengatur jadwalnya dengan baik, agar perkuliahan berjalan sempurna.

PROSPEK KERJA

Hanya sebagian lulusan jurusan Sumber Daya Manusia yang bekerja di bidang Sumber Daya Manusia. Mereka adalah yang memiliki kualifikasi baik dari universitas ternama dan memiliki pengalaman kerja di departemen Sumber Daya Manusia.

Tidak semua lulusan memutuskan untuk langsung bekerja di dunia Sumber Daya Manusia. Mata kuliah Sumber Daya Manusia mencakup beragam modul seperti hukum tenaga kerja dan struktur bisnis. Dengan keragaman mata kuliah yang diterima oleh mahasiswa jurusan Sumber Daya Manusia, maka para lulusan Sumber Daya Manusia dapat memilih beragam pekerjaan di dunia bisnis, jurnalisme, ataupun bidang hukum. Sektor Bank dan Lembaga Keuangan juga merupakan pilihan karir yang populer bagi para lulusan jurusan Sumber Daya Manusia, karena mahasiswa juga mendapatkan modul mata kuliah keuangan atau akuntansi.

Salah satu keahlian utama yang akan diperoleh oleh mahasiswa adalah keahlian untuk mengerti bagaimana manusia berpikir. Hal ini menyebabkan lulusan Sumber Daya Manusia sangat ideal untuk bekerja dalam bidang periklanan.

PROSES PERKULIAHAN

Lulusan Manajemen Sumber Daya Manusia di Inggris memperoleh gaji awal kerja sebesar £21,007 per tahun. Selain dari fakta ini, keberagaman mata kuliah yang diterima selama perkuliahan menjanjikan jenjang karir dengan posisi dan gaji yang lebih tinggi ke depannya.

Walaupun nilai sebagai syarat masuk bergantung dari masing-masing universitas, sebagian besar mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki nilai minimal 3 nilai As atau yang setara. Merupakan poin positif jika Anda memiliki nilai baik pada pengetahuan dasar penunjang perkuliahan, seperti matematika, bisnis, atau ekonomi. Jika bahasa ibu Anda bukan bahasa Inggris, maka Anda diwajibkan untuk mengikuti ujian IELTS sebelum memulai perkuliahan pada tingkat manapun.

Secara umum, program sarjana membutuhkan 3 hingga 4 tahun tergantung dari universitas tempat Anda kuliah. Universitas yang menawarkan perkuliahan lebih dari 4 tahun, biasanya mengharuskan mahasiswa agar mendapat pengalaman kerja praktek langsung dengan skema penempatan posisi tertentu pada tahun ketiga. Program Pascasarjana membutuhkan waktu 1hingga 3 tahun, tergantung dari tingkatannya.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Mayoritas mahasiswa Sumber Daya Manusia memiliki minat dalam dunia bisnis dan berkeinginan mengejar karir dalam dunia bisnis atau Sumber Daya Manusia setelah lulus kuliah. Jika hal ini yang Anda inginkan, maka penting bagi Anda untuk tidak hanya melihat susunan perkuliahan dan isi modul, namun juga melihat hubungan antara universitas dan perusahaan perekrut. Perusahaan besar cenderung memiliki koneksi dengan universitas ternama dengan tujuan untuk mendapatkan lulusan-lulusan terbaik.

Jika Anda memutuskan bahwa program sarjana 4 tahun ataupun program pasca sarjana tidak sesuai untuk Anda, maka Anda dapat mendapatkan pengalaman kerja di luar program perkuliahan. Jika ini masalahnya, maka pilihan lokasi universitas merupakan hal yang sangat penting. Sebagian besar perusahaan menghargai inisiatif kerja Anda dan sangat bersedia untuk memberikan pengalaman kerja yang tidak dapat ditawarkan di universitas. Jika ini yang Anda inginkan, maka penting bagi Anda untuk memilih universitas yang berlokasi di kota dimana tersedia banyak kesempatan kerja.

Selain lokasi dan nama baik universitas yang menjadi faktor utama pertimbangan memilih tempat kuliah, penting juga bagi Anda untuk mendaftar di universitas yang persyaratan akademisinya terpenuhi dan pilihan beasiswa untuk membiayai perkuliahan.

Program Manajemen Sumber Daya Manusia apa saja yang tersedia di sana?

1

Manajemen Sumberdaya Manusia

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Kesempatan Yang Sama

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Hubungan Industri

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Kinerja / Pengembangan Staf

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia

1
210
Inggris
DILIHAT 2,091 KALI Lihat 120 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 1,848 KALI Lihat 42 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,511 KALI Lihat 56 program
4
131
Belanda
DILIHAT 869 KALI Lihat 8 program
5
168
Singapura
DILIHAT 786 KALI Lihat 14 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 711 KALI Lihat 336 program
7
93
Jepang
DILIHAT 434 KALI Lihat 1 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 422 KALI Lihat 15 program
9
32
Kanada
DILIHAT 361 KALI Lihat 63 program
10
84
Hongkong
DILIHAT 49 KALI Lihat 5 program