Jurusan Desain Interior di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Interior Design

Desain Interior adalah sebuah perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam bangunan. Keadaan fisiknya memenuhi kebutuhan dasar manusia akan naungan dan perlindungan, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuni.Oleh karena itu tujuan dari perancangan interior adalah pengembangan fungsi, pengayaan estetis dan peningkatan psikologi ruang interior.

Dari pengertian di atas, dapat dirumuskan bahwa desain interior merupakan seni dan ilmu untuk memahami kebiasaan manusia di dalam ruang dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional didalam struktur bangunan yang dirancang oleh seorang arsitek.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Desain Interior melibatkan teknik dan seni. Tanpa adanya teknik, desain bisa menjadi tidak aman untuk dihuni. Sebaliknya tanpa mempertimbangkan aspek estetika dan seni, desain akan menjadi tidak menarik. Oleh karena itu, Desain Interior adalah jurusan yang memerlukan kreativitas tinggi dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara logis. Selain itu, untuk menekuni jurusan ini, diperlukan pemahaman mengenai gaya hidup dan fungsi-fungsi dari ruang-ruang dalam bangunan.

Jurusan ini juga mempelajari sejarah dan faktor-faktor sosial dan ekonomi yang mempengaruhi tren dalam dunia desain. Anda akan dituntut untuk menjalankan penelitian Anda secara individual, membuat portfolio (contoh hasil karya) dan juga berpartisipasi dalam penempatan kerja.

PROSPEK KERJA

Gaji awal rata-rata untuk desainer interior di Inggris adalah £20,000 per tahun. Lowongan kerja untuk lulusan Desain Interior sangat luas. Seorang desainer bisa juga menjadi penulis di majalah interior. Banyak juga para lulusan yang ingin menambah pendapatan mereka dengan mengambil pekerjaan lepas (freelance).

Ada beragam perusahaan yang memperkerjakan para lulusan Desain Interior untuk bekerja sebagai marketing atau pun layanan pelanggan (customer service). Ini dikarenakan lulusan desain interior mempunyai pengetahuan mendalam mengenai bidang ini beserta produk-produknya, sehingga bisa berhadapan langsung dengan klien-klien yang membutuhkan jasa interior.

PROSES PERKULIAHAN

Untuk mendaftar ke Program Sarjana, selain wajib mempunyai 3 nilai nilai A atau setara, Anda juga harus menghadiri wawancara dengan membawa contoh hasil desain Anda. program ini pada umumnya berlangsung sekitar 3 tahun. Jika Anda inigin mengambil penempatan kerja untuk menambah nilai Anda, maka Anda membutuhkan waktu tambahan selama 1 tahun. Walaupun ini akan menunda waktu kelulusan Anda, opsi ini patut untuk dipertimbangkan, karena pengalaman kerja di Bidang Desain akan memberi nilai tambahan kepada Anda di saat Anda ingin meneruskan pendidikan ke Program Pascasarjana, maupun jika Anda ingin langsung memasuki dunia kerja begitu lulus dari Program Sarjana.

Jika Anda ingin mendaftar ke Program Pascasarjana, Anda harus terlebih dahulu memiliki Gelar Sarjana di bidang seni atau fashion dengan predikat 2:1. Selain itu anda juga diwajibkan untuk membawa contoh hasil desain Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda mempunya pengalaman kerja di industri desain. Program ini pada umumnya berlangsung selama 1 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Beberapa universitas akan menyeleksi dengan lebih ketat, sedangkan ada juga universitas-universitas yang lebih fleksibel dalam proses penyeleksian calon mahasiswa. Untuk Program Pasca Sarjana, selain nilai akademik Anda, pengalaman kerja Anda juga merupakan faktor penting yang akan dinilai oleh universitas. Seandainya pengalaman Anda dinilai belum mencukupi, mungkin Anda bisa menunda waktu kuliah Anda dan mencari tambahan pengalaman kerja.

Desain Interior adalah bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri-industri terkait. Jangan lupa, desain tidak bisa lepas dari praktek kerja. Karena dari situlah Anda akan dinilai. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Program Desain Interior apa saja yang tersedia di sana?

1

Pemasangan Perabot / Dekorasi Bagian Dalam

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Desain / Perencanaan Dapur

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Desain Interior

1
9
Australia
DILIHAT 2,037 KALI Lihat 25 program
2
210
Inggris
DILIHAT 1,764 KALI Lihat 62 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,543 KALI Lihat 19 program
4
168
Singapura
DILIHAT 1,240 KALI Lihat 7 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 565 KALI Lihat 168 program
6
32
Kanada
DILIHAT 416 KALI Lihat 16 program
7
69
Jerman
DILIHAT 374 KALI Lihat 1 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 233 KALI Lihat 7 program
9
63
Perancis
DILIHAT 107 KALI Lihat 1 program
10
90
Italia
DILIHAT 84 KALI Lihat 1 program