Jurusan TI (Teknologi Informatika) di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
IT

Apakah Anda membaca ini dari laptop Anda? Ataupun mungkin dari smart-phone Anda? Dari manapun itu terima kasih kepada peran Teknologi Informasi yang membuat Anda dapat mengakses informasi ini.

Teknologi Informatika mencakup ilmu mengenai komputer dan alat-alat komunikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengambil dan merubah data. Peralatan tersebut telah digunakan untuk menyimpan data selama ribuan tahun, namun baru pada tahun 1940-an sistem komputer elektronik muncul. Semenjak saat itu komputer dan cara mengelola informasi berkembang secara signifikan. Mulai dari sistem manajemen database dan transmisi data hingga peran teknologi informatika dalam perdagangan dan etika di balik penyimpanan informasi, di jurusan teknologi informatikaini Anda juga akan mempelajari beragam spesialisasi komputer dan mata kuliah teknologi sistem.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda memiliki minat pada data? Apakah Anda menyukai segala hal yang berhubungan dengan komputer? Jika iya, Anda akan menikmati perkuliahan jurusan Teknologi Informatika.

Sebagai bagian dari perkuliahan, Anda akan mempelajari baik elemen teori dan praktek dari pemrograman situs, analisis sistem dan keamanan internet. Perkuliahan Anda akan dinilai berdasarkan campuran dari tugas tertulis dan kerja praktek, sehingga penting bagi Anda untuk memiliki bakat bagi kedua aspek perkuliahan.

Selain itu, sebagian besar universitas mengharuskan mahasiswa program sarjana untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri dalam menyelesaikan kuliahnya, sehingga penting untuk mahasiswa yang berprestasi untuk memiliki niat yang kuat dengan mengandalkan diri sendiri.

PROSPEK KERJA

Dengan rata-rata gaji awal sebesar £21,712 per tahun untuk lulusan jurusan Teknologi Informatika atau Ilmu Komputer, terdapat beragam pilihan pekerjaan tersedia untuk dipilih. Selama berkuliah, mahasiswa akan mendapatkan kemampuan berkomunikasi secara efisien, bekerja dengan baik dalam tim dan mengembangkan daya analisa selain mempelajari mengenai Sistem Informasi itu sendiri. Hal ini mengakibatkan lulusan jurusan Teknologi Informatika merupakan calon karyawan yang sangat menarik bagi perusahaan.

Terdapat beragam pilihan karir yang tersedia bagi lulusan ilmu komputer. Pekerjaan awal seringkali termasuk posisi karyawan training sementara dan lowongan tingkat awal seperti programmer, web developer dan juga peran analitis pada proyek dan perusahaan besar.

Terdapat juga pilihan bagi lulusan jurusan Teknologi Informatika untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut demi memiliki peran yang lebih menjurus seperti menjadi pengajar/pendidik. Kurangnya jumlah guru Teknologi Informatika untuk sekolah tingkat dasar dan menengah menyebabkan banyak lulusan yang mengejar pilihan ini sebagai kualifikasi untuk mendapatkan pendanaan dari pemerintah.

PROSES PERKULIAHAN

Jika Anda berencana kuliah di Inggris, namun dengan bahasa ibu selain bahasa Inggris, jangan khawatir hal ini tidak akan menghalangi Anda untuk mendaftar kuliah. Universitas di Inggris menerima pendaftar asing tiap tahunnya untuk setiap jurusan, selama mereka memiliki nilai minimal 6.0 pada ujian IELTS.

Sebagian besar universitas memiliki syarat masuk bagi mahasiswanya yakni minimal 3 nilai As atau yang setara untuk subjek-subjek yang berhubungan dengan teknologi; khususnya Teknologi Informatika. Mahasiswa juga harus menunjukkan minatnya kepada Teknologi Informatika.

Masa kuliah jurusan Teknologi Informatika biasanya membutuhkan waktu 3 tahun, banyak universitas menawarkan mahasiswanya kesempatan untuk memperpanjang perkuliahan sebanyak satu tahun lagi untuk mengikuti skema penempatan kerja di sekitar tahun kedua sampai dengan tahun terakhir perkuliahan. Namun bagi mereka yang ingin berkuliah hanya dalam waktu 3 tahun, perkuliahan ini sudah mencakup teori Teknologi Informatika beserta aplikasinya dalam dunia nyata.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Selain pentingnya pilihan universitas yang menarik bagi Anda secara akademik, penting juga bagi Anda untuk memilih lokasi kuliah yang menyenangkan. Hal ini menyangkut tempat hidup Anda selama 3 tahun ke depan. Pilihlah universitas yang sesuai dengan kepribadian Anda. Apakah Anda senang bersosialisasi, senang meluangkan waktu di bar dan acara musik mahasiswa? Jika iya, maka pilihlah universitas yang terletak di jantung kota. Jika Anda lebih pendiam, maka universitas dengan komunitas kecil akan lebih sesuai untuk Anda.

Salah satu hal paling penting yang harus dipertimbangkan adalah kualitas dari universitas pilihan Anda beserta pilihan mata kuliah yang ditawarkannya. Walau teori Teknologi Informatika akan selalu sama di manapun Anda kuliah, namun mata kuliah spesialisasi yang ditawarkan cenderung berbeda-beda. Anda harus meneliti lebih lanjut mengenai isi dari perkuliahan untuk melihat mata kuliah apa saja yang ditawarkan dan apakah sudah sesuai dengan minat spesifik Anda. Setelah itu, Anda dapat memastikan persyaratan masuknya apakah sesuai dengan nilai akademik Anda. Apakah nilai akademik yang Anda dapatkan sudah memenuhi persyaratan masuk yang ditetapkan?

Jika Anda sudah mengetahui apa yang akan Anda lakukan setelah wisuda, maka cari tahu apakah universitas yang Anda pilih memiliki koneksi dengan industri yang berhubungan ataupun kesempatan jejaring yang tersedia bagi Anda. Bagi kebanyakan mahasiswa, tujuan dari berkuliah bukan hanya untuk mendapatkan gelar, namun juga dapat meningkatkan tingkat penerimaan untuk memperoleh pekerjaan, dan penting bagi Anda untuk mempertimbangkan prospek karir ke depan sebelum Anda mendaftar kuliah.

Saat memutuskan di mana Anda berkuliah, Anda juga harus mempertimbangkan biayanya. Jika terdapat permasalahan keuangan, Anda dapat mengusahakan beasiswa untuk mendanai biaya kuliah. Setelah Anda mempertimbangkan berbagai pilihan, baik bagi Anda untuk membuat penganggaran pengeluaran selama perkuliahan dalam membuat keputusan.

Program TI (Teknologi Informatika) apa saja yang tersedia di sana?

1

Teknologi Informasi (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pengenalan / Apresiasi Komputer

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Pekerjaan Informasi / Pemakaian Informasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Teknologi Informasi Bisnis

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan TI (Teknologi Informatika)

1
9
Australia
DILIHAT 5,319 KALI Lihat 107 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 3,708 KALI Lihat 65 program
3
69
Jerman
DILIHAT 2,352 KALI Lihat 5 program
4
93
Jepang
DILIHAT 2,208 KALI Lihat 8 program
5
210
Inggris
DILIHAT 1,769 KALI Lihat 109 program
6
168
Singapura
DILIHAT 1,546 KALI Lihat 19 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 806 KALI Lihat 373 program
8
131
Belanda
DILIHAT 596 KALI Lihat 11 program
9
62
Finlandia
DILIHAT 414 KALI Lihat 5 program
10
32
Kanada
DILIHAT 281 KALI Lihat 46 program