Jurusan Bahasa Lainnya di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Languages

Bahasa adalah ilmu komunikasi baik secara tulisan maupun lisan. Terdapat berbagai jenis pilihan program perkuliahan yang berhubungan dengan ilmu ini. Walau banyak orang yang berpendapat bahwa jurusan yang berdasar ilmu pasti memiliki peran yang lebih dominan terhadap lingkungan kehidupan, tetap saja akan menjadi sia-sia jika teori dan penemuan ilmiah tidak disertai dengan keahlian berbahasa untuk dikomunikasikan.

Manusia sudah mempelajari struktur dan pentingnya bahasa sejak tahun 5 SM, saat Panini seorang pakar tata bahasa menuliskan 3959 peraturan dari Sanskrit Morphology. Saat ini, bahasa telah menjadi subjek yang lebih beraneka ragam, mencakup lebih dari sekedar prinsip-prinsip tata bahasa. Mungkin Anda berencana untuk bekerja di bidang jurusan bahasa Prancis murni, bahasa Jerman ataupun Anda bermaksud untuk mempelajari linguistik dan etimologi dari bahasa Inggris zaman modern, apapun itu memiliki pengetahuan mendalam mengenai susunan tata bahasa adalah keahlian yang bermanfaat untuk dikembangkan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda memiliki minat mengenai perbedaan kebudayaan negara dan Anda berbakat dalam mempelajari cara menulis dan berbicara bahasa asing, maka jurusan bahasa adalah jurusan yang ideal bagi Anda.

Mahasiswa jurusan bahasa harus percaya diri dan menikmati sosialisasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Mahasiswa akan dinilai berdasarkan ujian lisan dan tulisan, dan bersedia berkuliah ataupun bekerja di luar negeri, dimana mahasiswa akan berinteraksi dengan orang asing di negara asalnya sesuai jurusan bahasa yang digeluti, minimal satu tahun.

PROSPEK KERJA

Gaji rata-rata untuk lulusan sarjana bahasa di Inggris berkisar antara £18,000 - £21,000 per tahun, jenis pekerjaan yang Anda pilih sangat bergantung pada bahasa yang Anda pelajari di universitas. Anda dapat bekerja di berbagai pilihan bidang ilmu, sementara bekerja sebagai penerjemah juga berpenghasilan lumayan tinggi, pekerjaan di dunia industri juga dapat Anda geluti, seperti keuangan, bank dan bisnis internasional adalah pilihan yang populer.

Jumlah ahli bahasa di Inggris sangat kurang. Tidak seperti kebanyakan negara Eropa lainnya, anak-anak tidak didukung untuk belajar bahasa asing sejak dini, sehingga sangat sedikit jumlah orang yang mampu berbahasa lebih dari satu jenis. Dengan kondisi saat ini, dimana makin banyak perusahaan yang bermain dalam skala global, terdapat peningkatan jumlah permintaan sarjana bahasa asing, jadi jika Anda lulus dengan memuaskan, maka akan mudah untuk mencari pekerjaan.

Namun, bagi banyak lulusan, sektor bank dan keuangan tidaklah menarik. Para lulusan bahasa lebih memilih melanjutkan kuliah pada program pascasarjana ilmu pendidikan seperti PGCE atau TEFL dengan tujuan mengajar. Ini merupakan pilihan populer bagi lulusan yang berencana bekerja di luar negeri.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas jurusan bahasa murni seperti Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol membutuhkan waktu minimal empat tahun; dengan tiga tahun berkuliah di universitas pilihan Anda. Tahun ketiga perkuliahan biasanya dilakukan di negara asal bahasa yang dipilih, dimana Anda dapat kuliah atau bekerja bersama dengan orang-orang di sana. Seberapa baik Anda pada tahun tersebut, akan berdampak besar terhadap nilai akhir Anda nantinya.

Syarat nilai masuk calon mahasiswa umumnya bergantung pada jurusan dan universitas yang menjadi pilihan Anda. Sebagian besar universitas mewajibkan minimal nila 3 nilai As atau yang setara, dengan nilai memuaskan pada pelajaran bahasa yang dipilih. Calon mahasiswa yang tertarik pada bahasa Arab atau Rusia, yang tidak didapat di tingkat sekolah tidak akan langsung ditolak, namun mereka harus mampu menunjukkan bakat alaminya dalam bahasa tersebut.

Sebagai bagian dari perkuliahan, Anda diharapkan giat belajar bukan hanya di saat sesi kuliah, juga bukan hanya sekedar meningkatkan keahlian berbicara dan mendengar, namun juga Anda akan membaca literatur dan penelitian masalah-masalah budaya dan politik. Dengan kata lain, penting bagi Anda yang memilih jurusan bahasa untuk tekun dan giat belajar secara mandiri demi nilai yang maksimal.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Dengan memilih jurusan bahasa, hal paling penting yang harus dipertimbangkan adalah koneksi dan nama dari universitas, terutama jika Anda diharuskan untuk kuliah di luar negeri. Kebanyakan universitas memiliki hubungan dengan berbagai perusahaan dan universitas asing yang memberi peluang bagi mahasiswanya untuk belajar di berbagai negara. Jika Anda tertarik mempelajari bahasa Prancis, dan ide untuk menetap selama satu tahun di sebelah Selatan Prancis adalah menarik, maka carilah universitas yang berafiliasi dengan institusi lainnya di negara tersebut, seperti Cannes, Nice atau Monaco.

Saat Anda memilih universitas Anda juga harus memastikan kembali mengenai pilihan mata kuliah yang tersedia, apakah sudah sesuai dengan minat khusus Anda. Banyak universitas yang menyediakan beragam pilihan mata kuliah, mulai dari teori linguistik, sejarah bahasa, sampai dengan dampak budaya dan sastra. Pilih universitas yang memberi Anda peluang untuk mempelajari mata kuliah yang sesuai dengan minat Anda.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah nilai yang Anda dapatkan, sudah sesuai dengan syarat masuk universitas, begitu juga dengan biaya hidup dan kuliah. Jurusan bahasa bisa jadi mahal, apalagi jika Anda berniat untuk mengikuti program ke negara asal bahasa tersebut. Beasiswa dapat menjadi pilihan yang sangat membantu.

Program Bahasa Lainnya apa saja yang tersedia di sana?

1

Bahasa Inggris

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Bahasa Perancis

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Bahasa Spanyol

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Bahasa Jerman

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Bahasa Lainnya

1
114
Malaysia
DILIHAT 4,801 KALI Lihat 24 program
2
210
Inggris
DILIHAT 3,837 KALI Lihat 92 program
3
173
Korea Selatan
DILIHAT 2,546 KALI Lihat 4 program
4
9
Australia
DILIHAT 1,904 KALI Lihat 37 program
5
93
Jepang
DILIHAT 1,582 KALI Lihat 4 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 550 KALI Lihat 580 program
7
168
Singapura
DILIHAT 447 KALI Lihat 5 program
8
39
Cina
DILIHAT 436 KALI Lihat 17 program
9
131
Belanda
DILIHAT 331 KALI Lihat 9 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 299 KALI Lihat 11 program