Jurusan Legal Advice di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Legal Advice

Pengertian umum dari Legal Advice (nasihat hukum) adalah opini resmi mengenai prosedur hukum. Biasanya kita bisa memperoleh legal advice dari seorang pengacara, terutama untuk kasus pengadilan. Akan tetapi, legal advice juga bisa diperoleh dari sumber lain seperti Sekretaris Hukum atau pun dari para ahli yang bergerak di bidang hukum. Pada umumnya, Jurusan Legal Advice hanya tersedia di Program Pasca Sarjana atau pun di Program CPD (Continuing Professional Development/ Pengembangan Profesi berkesinambungan). Tetapi ada juga beberapa universitas yang menawarkan Program Sarjana untuk jurusan ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan ini tentunya diperuntukkan kepada seseorang yang mempunyai minat di Bidang Hukum. Legal advice adalah cabang dari Bidang Hukum yang lebih spesifik, jadi sebaiknya calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ini sebelumnya telah memiliki dasar dalam pendidikan hukum.

Jadwal kuliah di jurusan ini termasuk padat. Selain mempelajari banyak teori dan studi kasus di dalam kelas kuliah, para mahasiswa juga harus sering menghadiri diskusi mengenai cara menerapkan studi kasus ke dalam praktek hukum sehari-hari. Untuk memahami sebuah studi kasus dengan baik, sering kali para mahasiswa harus mencari bacaan tambahan atau pun mencari studi kasus yang serupa untuk dibanding-bandingkan. Oleh karena itu, para mahasiswa dituntut untuk mempunyai daya analisa yang tinggi serta pemikiran yang tajam dan kritis.

PROSPEK KERJA

Biasanya para mahasiswa yang menekuni Jurusan Legal Advice mempunyai tujuan untuk mengejar karir di bidang penasihat hukum; misalnya sebagai peneliti hukum, penasihat pajak ataupun sekretaris hukum.

Akan tetapi, keahlian di bidang hukum yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan untuk bekerja di bidang lain seperti bisnis dan keuangan, akuntansi, humanoira ataupun jurnalisme.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat yang bagus. Untuk nilai minimal yang diwajibkan tergantung dari masing-masing universitas.

Program CPD (Continuing Professional Development/ Pengembangan Profesi berkesinambungan) diperuntukkan bagi yang telah bekerja dalam bidang hukum. Lama program bisa berkisar antara beberapa minggu hingga 1 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jika ingin memilih Jurusan Legal Advice, Anda patut mempertimbangkan prestise universitas pilihan Anda. Apakah universitas tersubut mempunyai reputasi ternama di bidang Hukum? Selain itu Anda juga perlu mempelajari profil staf pengajar di universitas tersebut. Bagaimanakah reputasi dan profesi mereka di bidang hukum? Jurusan Legal Advice pada umumnya tidak mengharuskan Anda untuk mencari penempatan kerja. Akan tetapi, sebaiknya Anda berpartisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler. Ini akan memberi nilai tambahan untuk Anda di saat mencari kerja nanti. Untuk itu, periksalah apakah universitas pilihan Anda menyediakan berbagai kesempatan untuk ektra kurikuler atau bahkan memungkinkan Anda untuk mengambil penempatan kerja. Anda bisa bertanya langsung kepada layanan karir di universitas ataupun dari sumber lainnya.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Program Legal Advice apa saja yang tersedia di sana?

1

Tugas Penasihat Hukum

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Rancangan Undang-Undang

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Legal Advice

1
211
Amerika Serikat
DILIHAT 85 KALI Lihat 20 program
2
210
Inggris
DILIHAT 67 KALI Lihat 4 program
3
154
Republik Irlandia
DILIHAT 5 KALI Lihat 2 program
4
32
Kanada
DILIHAT 1 KALI Lihat 1 program