Jurusan Manajemen Hiburan / Rekreasi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Leisure Management

Industri Hiburan memainkan peran yang besar dalam perekonomian Inggris dan secara global. Semua manusia membutuhkan hiburan untuk beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, tenaga kerja yang mempunyai keahlian dalam mengelola segala aktivitas yang berhubungan dengan hiburan sangatlah dibutuhkan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda senang berinteraksi dengan orang-orang? Apakah Anda ingin bekerja di dunia hiburan? Jika demikian, Anda mungkin cocok untuk Jurusan Manajemen Hiburan.

Dalam jurusan ini, anda akan mempelajari cara mengelola bisnis hiburan secara keseluruhan. Baik itu dari segi finansial, teknik manajemen, marketing dan sebagainya.

Selain menghadiri kelas kuliah dan diskusi, Anda juga diwajibkan untuk mengambil penempatan kerja di bidang hiburan.

PROSPEK KERJA

Jurusan Manajemen hiburan pada umumnya bekerja di area seperti perhotelan, gimnasium, spa dan sebagainya. Kebanyakan bekerja di posisi resepsionis, berhadapan dengan pelanggan, membantu pelanggan untuk mendapatkan jasa hiburan yang diinginkan. Selain itu, banyak juga tersedia lowongan di bidang marketing dan periklanan. Bidang karir seperti travel dan pengelola acara (event organizer) juga cocok untuk para lulusan dari Jurusan Manajemen Hiburan.

Bagi yang mempunyai minat untuk mengajar bisa mengambil pendidikan lanjutan dan mendapatkan sertifikat PGCE (Post Graduate Certificate of Education) untuk bisa mengajar di sekolah-sekolah menengah ataupun di kelas-kelas pelatihan/bimbingan.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Para mahasiswa wajib mengambil penempatan kerja untuk menamatkan kuliah.

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Disini Anda bisa memilih untuk mengambil Program Manajemen Olahraga dan Hiburan. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 1 tahun, tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri-industri hiburan. Jangan lupa, jurusan ini mewajibkan praktek kerja. Karena dari situlah Anda akan dinilai. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Jurusan Manajemen Hiburan mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Manajemen Hiburan / Rekreasi apa saja yang tersedia di sana?

1

Manajemen Hiburan / Rekreasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Sarana Kegiatan Olah Raga

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Tentang Hiburan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Manajemen Lapangan Golf

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Manajemen Hiburan / Rekreasi

1
69
Jerman
DILIHAT 626 KALI Lihat 1 program
2
210
Inggris
DILIHAT 488 KALI Lihat 79 program
3
9
Australia
DILIHAT 434 KALI Lihat 22 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 432 KALI Lihat 5 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 392 KALI Lihat 257 program
6
168
Singapura
DILIHAT 381 KALI Lihat 7 program
7
32
Kanada
DILIHAT 306 KALI Lihat 33 program
8
131
Belanda
DILIHAT 246 KALI Lihat 6 program
9
173
Korea Selatan
DILIHAT 227 KALI Lihat 1 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 125 KALI Lihat 8 program