Jurusan Studi Perpustakaan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Library Studies

Studi Perpustakaan melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, Manajemen dan Pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data. Istilah 'Studi perpustakaan' ini dikenalkan pertama kali oleh Asa Don Dickenson pada tahun 1996 dalam bukunya ‘Panjab Library Primer’ yang dipublikasikan oleh Universitas Pakistan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda berminat terhadap penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan, jurusan ini mungkin akan menarik untuk Anda.

Jika Anda ingin menekuni bidang ini, sebaiknya Anda mempunyai dasar di bidang informasi teknologi. Selain itu dibutuhkan juga ketelitian dan kerapian dalam mengelola data. Jurusan ini akan mengajarkan Anda mengenai etika kepustakaan, dimana daya analisa Anda juga akan dilatih.

PROSPEK KERJA

Mayoritas dari para lulusan Jurusan Studi Perpustakaan bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan negeri, swasta maupun institusi. Mereka akan mengelola, merapikan dan mengevaluasi data dan literatur.

Selain sebagai pustakawan, ada juga lowongan kerja di museum dan gedung pengarsipan data. Disini, mereka akan mengumpulkan, mengkategorikan dan menyuguhkan data-data bagi pengunjung museum, ataupun bagi yang membutuhkan.

Karena pada umumnya para lulusan dari jurusan ini mempunyai kemampuan analisa dan bisa menggunakan teknologi informasi dengan baik, mereka juga bisa diterima bekerja di bidang Informasi Teknologi, Finansial maupun Penganalisa Data.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Lama perkuliahan tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Metode kuliah pada umumnya disampaikan di ruang kuliah dan ruang komputer dimana para mahasiswa akan dilatih untuk menggunakan perangkat lunak untuk pengelolaan data. Selain menilai dari laporan tertulis dan ujian, beberapa program juga akan mendorong para mahasiswa untuk mengambil penempatan kerja untuk menambah nilai.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Walau jurusan ini tidak mewajibkan penemppatan kerja, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan industri kepustakaan da pengarsipan, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Kota-kota yang terkenal dengan kepustakaan dan pengarsipan di Inggris adalah London, Cambridge dan Oxford.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Studi Perpustakaan apa saja yang tersedia di sana?

1

Perpustakaan / Kepustakaan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Manajemen Perpustakaan Dan Kepustakaan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Layanan Perpustakaan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Perpustakaan: Jenis-Jenis Tertentu

TINGKAT PENDIDIKAN Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Studi Perpustakaan

1
210
Inggris
DILIHAT 1,133 KALI Lihat 12 program
2
9
Australia
DILIHAT 443 KALI Lihat 4 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 437 KALI Lihat 2 program
4
131
Belanda
DILIHAT 275 KALI Lihat 3 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 225 KALI Lihat 61 program
6
32
Kanada
DILIHAT 175 KALI Lihat 11 program
7
93
Jepang
DILIHAT 125 KALI Lihat 1 program
8
168
Singapura
DILIHAT 100 KALI Lihat 1 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 90 KALI Lihat 1 program
10
48
Denmark
DILIHAT 33 KALI Lihat 2 program