Jurusan Biologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Life Sciences

Sains Kehidupan mempelajari tentang mahluk hidup (mikroorganisme, tumbuhan, hewan dan manusia) dan ekosistemnya. Walaupun Sains Kehidupan berfokus pada biologi, bidang cakupannya sangat luas, misalnya dari biokimia hingga ilmu hewan. Sains kehidupan juga mempelajari tentang dampak perkembangan teknologi seperti biologi molekuler dan rekayasa genetik terhadap mahluk hidup dan ekosistemnya.

Sains Kehidupan berperan penting dalam mengembangkan kualitas dan standar kehidupan manusia. Ini dikarenakan pengetahuan yang dipelajari dalam Sains kehidupan mempunyai dampak terhadap kesehatan, pertanian, pengobatan dan bahkan terhadap industri pangan.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Kebanyakan program kuliah Sains Kehidupan berbasiskan ilmu pengetahuan. Jika Anda ingin mengejar karir di bidang farmasi, bioteknologi ataupun industri medis, Anda bisa memilih jurusan ini. Selain teori, Jurusan Sains Kehidupan juga mewajibkan para mahasiswa untuk melakukan penelitian di luar jam kuliah.

PROSPEK KERJA

Para lulusan Jurusan Sains Kehidupan bisa bekerja sebagai teknisi laboratorium ataupun asisten peneliti dengan gaji awal rata-rata £16,500 - £27,500 per tahun.

Banyak sarjana dengan predikat yang baik mengambil pelatihan lebih lanjut untuk bekerja di NHS (National Health Service) sebagai dokter, perawat dan apoteker. Ada juga yang bekerja sebagai jurnalis medis ataupun pengacara.

Para lulusan juga bisa bekerja di berbagai macam organisasi yang berpartisipasi dalam perlindungan alam. Bahka sektor bisnis seperti departemen sumber daya manusia, penjualan, hubungan massa dan marketing juga mempunyai lowongan kerja untuk para lulusan Jurusan Sains Kehidupan.

PROSES PERKULIAHAN

Ada banyak program yang tersedia di Jurusan Sains Kehidupan. Dari Biologi Molekuler, Biologi Seluler hingga Genetik.

Kebanyakan Program Sarjana Sains kehidupan berlangsung sekitar 3 tahun. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil penempatan kerja bisa dipertimbangkan di antara tahun ke-2 dan ke-3. Penilaian akan dilakukan melalui berbagai metode seperti ujian, laporan tertulis dan kegiatan di laboratorium.

Untuk mendaftar ke Program Sarjana, para calon mahasiswa diwajibkan untuk mempunyai 3 nilai nilai A di mata pelajaran sains seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika ataupun Geografi.

Bagi pelajar asing diwajibkan untuk mempunyai Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Sains Kehidupan merupakan bidang pelajaran yang sangat luas, oleh karena itu modul pilihan yang ditawarkan sangatlah banyak. Sebaiknya Anda mempelajari modul-modul yang ditawarkan oleh setiap universitas. Pilihlah universitas dengan modul yang menarik minat Anda atau yang sesuai dengan bidang karir yang ingin Anda tekuni nanti. Selain itu, Jurusan Sains kehidupan banyak melibatkan kegiatan riset dan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri dan organisasi-organisasi terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Biologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Biologi (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Biokimia

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Ilmu Saraf / Neurobiologi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Biologi Molekular

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Biologi

1
210
Inggris
DILIHAT 1,306 KALI Lihat 71 program
2
93
Jepang
DILIHAT 813 KALI Lihat 7 program
3
9
Australia
DILIHAT 626 KALI Lihat 25 program
4
131
Belanda
DILIHAT 518 KALI Lihat 10 program
5
114
Malaysia
DILIHAT 360 KALI Lihat 12 program
6
69
Jerman
DILIHAT 325 KALI Lihat 7 program
7
84
Hongkong
DILIHAT 317 KALI Lihat 4 program
8
168
Singapura
DILIHAT 303 KALI Lihat 3 program
9
211
Amerika Serikat
DILIHAT 204 KALI Lihat 260 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 165 KALI Lihat 2 program