Jurusan Sastra di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Literature

Selama ada bahasa, maka akan selalu ada sastra. Mulai dari bentuk lisan dan cerita bergambar di era manusia balum mengenal huruf, hingga klasik kontemporer, ilmu kesusastraan menunjukkan bahwa terdapat beragam cara dalam memainkan kata-kata dengan tujuan untuk menyenangkan, menghibur, dan mendidik.

Oscar Wilde pada suatu saat menyatakan, “Tidak ada buku yang bermoral dan tidak bermoral. Yang ada hanyalah buku yang ditulis dengan buruk atau tidak. Hanya itu.” Dengan mempelajari sastra-sastra literatur terkenal, mahasiswa akan mendapatkan dan mengerti akan kekuatan dari para penulis dan kata-kata yang digunakannya, apa yang membedakan literatur yang ditulis dengan baik dan mempelajari sikap-sikap dan pendapat yang secara budaya mempengaruhi karya tulis, serta menempatkan moral dan sikap-sikap tersebut pada konteks sosial dan sejarah.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Sastra Inggris adalah bidang ilmu yang menarik, dan mencakup berbagai jenis aliran, mulai dari novel kuno, puisi abad menengah Inggris, fiksi ilmiah hingga dongeng dan budaya lisan. Jika Anda tertarik pada kata-kata tertulis dan hobi membaca berbagai jenis tulisan, maka jurusan Sastra adalah jurusan yang tepat bagi Anda.

Dengan jurusan Sastra, waktu perkuliahan dalam kelas relatif lebih sedikit dibandingkan jurusan lainnya, sehingga sangat penting bagi Anda untuk termotivasi secara mandiri. Selain akan menghadiri perkuliahan, seminar, dan tutorial, Anda juga diharapkan untuk membaca kurang lebih 2-3 buku tiap minggunya dan mengadakan penelitian kritis di luar waktu perkuliahan.

Anda juga harus memiliki keahlian analisa yang tinggi, karena Anda tidak hanya akan menulis esai mingguan, namun juga akan terlibat dalam debat dan diskusi mengenai sebuah karya tulis pada sesi kuliah pendek. Penting juga bagi Anda untuk mampu menyerap dan menganalisa informasi penting dan menyusunnya menjadi sebuah pendapat berimbang yang merupakan buah pikiran Anda.

PROSPEK KERJA

Esensi dari kuliah jurusan Bahasa adalah bahwa keahlian yang Anda pelajari selama masa kuliah dapat digunakan di berbagai industri berbeda. Walau gaji yang diterima dapat beragam di berbagai negara, rata-rata gaji awal lulusan jurusan Sastra Inggris adalah sebesar £18,338 dan seorang lulusan Sastra Inggris dapat menentukan pilihan pekerjaan mereka secara fleksibel.

Salah satu pilihan pekerjaan yang paling populer adalah mengajar. Lulus dengan nilai memuaskan dan dengan memiliki pengalaman kerja, lulusan jurusan Sastra biasanya memilih bekerja sebagai pendidik; terutama dengan fakta kurangnya jumlah guru. Banyak universitas menawarkan program PGCE yang sebagiannya didanai oleh pemerintah dan gaji awal seorang guru baru di Inggris berkisar £21,588 (£27,000 jika Anda tinggal di London).

Tentu saja banyak pilihan industri yang dapat Anda masuki sebagai lulusan jurusan Sastra. Dengan keahlian analisa yang Anda dapatkan selama berkuliah, banyak perusahaan mencari lulusan Sastra Inggris untuk dipekerjakan sebagai jurnalis, asisten PR, pemasaran dan asisten media dan penulis komersial.

Selain itu, banyak lulusan Sastra Inggris yang mengambil program pascasarjana jurusan Hukum dengan tujuan untuk bekerja menjadi pengacara ataupun advokat demi pekerjaan di sektor bank dan lembaga keuangan.

PROSES PERKULIAHAN

Terlepas dari gaji awal yang lebih rendah bagi sarjana baru, persaingan untuk masuk jurusan Sastra cukup ketat, karena Sastra adalah jurusan populer bagi mereka yang memiliki hasrat pada jurusan tersebut dan berniat mempelajari topik yang dapat memberi pilihan program pascasarjana yang beragam.

Sebagian besar universitas untuk program sarjana, cenderung memilih calon mahasiswa yang memiliki nilai nilai A atau yang setara pada pelajaran sastra, beberapa universitas juga mempertimbangkan pelajaran lainnya yang berkaitan, seperti linguistik atau sejarah. jika Anda berniat mengikuti program pascasarjana, Anda diwajibkan memiliki nilai 2.1 atau yang setara, dan seluruh mahasiswa asing wajib mengikuti ujian IELTS sebelum perkuliahan dimulai.

Program sarjana yang tersedia di berbagai institusi akademik, memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda, kebanyakan perkuliahan membutuhkan minimal 3 tahun. Sebagian universitas menawarkan pilihan untuk mengikuti Skema Erasmus, dimana Anda akan berkuliah selama empat tahun, dengan satu tahun berkuliah atau bekerja di luar negeri, di antara tahun kedua sampai tahun terakhir kuliah. Program pascasarjana membutuhkan waktu mulai dari 1 tahun (gelar MA) hingga 3 tahun (gelar PhD).

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Karena sastra adalah jurusan populer di kalangan mahasiswa program sarjana, mayoritas universitas menawarkan pilihan jurusan ini. Fakta ini jelas memudahkan Anda dalam menentukan tempat kuliah.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih jurusan sastra adalah bagian sastra mana yang menjadi minat Anda. Anda akan mempelajari sastra paling sedikit satu tahun, maka penting bagi Anda untuk memilih universitas yang menawarkan pilihan mata kuliah yang sesuai dengan minat Anda. Anda perlu mencari informasi mengenai struktur perkuliahan, karena biasanya sastra memiliki format berupa tugas akhir ataupun ujian akhir.

Untuk jurusan seperti sastra, lokasi merupakan kunci utama bagi pengalaman kuliah Anda. Dengan popularitas dan potensi beragam dari jurusan sastra, penting untuk memiliki jejaring dan mendapatkan pengalaman semaksimal mungkin selama kuliah, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan tingkat penerimaan Anda di dunia kerja. Universitas yang berlokasi atau dekat dengan kota yang memiliki reputasi sejarah kesusastraan dan teater yang kuat, seperti Oxford, London, dan Edinburgh (di Inggris), Toronto (Kanada), dan Chicago (AS), memiliki hubungan erat dengan perusahaan dan acara-acara literer di wilayah sekitarnya.

Biaya dan nilai akademik juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih universitas. Banyak universitas ternama seperti Oxford, Cambridge, Harvard, dan Yale mewajibkan calon mahasiswanya memiliki nilai minimal 3 A-levels atau yang setara. Jika nilai Anda tidak memenuhi persyaratan, namun Anda sudah yakin untuk kuliah di wilayah tertentu, patut diingat bahwa tiap kota biasanya memiliki lebih dari satu universitas.

Jika Anda mengalami permasalahan dalam biaya kuliah, Anda dapat mencari informasi mengenai program beasiswa yang banyak tersedia bagi mahasiswa.

Program Sastra apa saja yang tersedia di sana?

1

Sastra Inggris

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Sastra Komparatif

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Eropa: Sastra

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Sastra Klasik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Sastra

1
210
Inggris
DILIHAT 5,335 KALI Lihat 128 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 1,679 KALI Lihat 14 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,384 KALI Lihat 27 program
4
131
Belanda
DILIHAT 912 KALI Lihat 7 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 857 KALI Lihat 442 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 497 KALI Lihat 1 program
7
69
Jerman
DILIHAT 360 KALI Lihat 3 program
8
32
Kanada
DILIHAT 269 KALI Lihat 35 program
9
39
Cina
DILIHAT 265 KALI Lihat 12 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 161 KALI Lihat 3 program