Marketing memperlajari tentang cara mempromosikan barang dan jasa kepada beragam pelanggan dan berfokus pada periklanan dan penjualan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, diberengi dengan meningkatnya popularitas situs media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube, dunia marketing sekarang ini sedang mengalami perubahan dramatis.
Lewat kuliah di jurusan Marketing, kamu dapat mempelajari berbagai bidang ilmu mulai dari Digital Marketing, Social Media, Product Marketing, Public Relations, Ilmu Komunikasi, Branding, Periklanan (Advertising), Market Research hingga Consumer Behaviour. Lingkup studinya yang luas akan mempersiapkan kamu untuk menjadi profesional di industri marketing setelah lulus.
Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk bekerja dalam bidang promosi atau pemasaran (marketing)? Kamu senang berpikir kreatif dan memikirkan strategi untuk membangun sebuah brand? Apakah kamu tertarik pada dampak yang dimiliki marketing campaign terhadap pola pembelian konsumen untuk suatu produk atau brand? Jika demikian, maka mendapatkan gelar pada jurusan Marketing adalah hal yang tepat bagimu.
Bagi yang ingin lulus dari jurusan Marketing dengan nilai memuaskan, kamu harus kreatif dan juga memiliki keahlian berlogika tinggi, serta dapat menginterpretasikan data statistik pemasaran untuk menganalisa efisiensi dari gaya marketing campaign yang berbeda-beda terhadap demografi konsumen yang beraneka ragam.
Selain itu, jurusan Marketing mengharuskan mahasiswanya untuk terlibat dalam penempatan kerja di dunia industri, dan melakukan penelitian ekstra pada waktu luang mereka. Maka dari itu, mahasiswa harus mampu mengatur waktunya secara efisien dan bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.
Banyak mahasiswa yang lulus dari jurusan Marketing di universitas, memilih bekerja sebagai Marketing Executive setelah lulus kuliah. Gaji awal untuk lulusan Marketing adalah sebesar:
£19,000 - £23,000 per tahun di Inggris
$45,449 per tahun di Amerika Serikat
IDR 60,000,000 per tahun di Indonesia
Peluang lainnya untuk lulusan Marketing: Digital Marketing Executive / Manager, Social Media Executive / Manager, Product Manager, Market Researcher, Content Marketing Executive, Affiliate Marketing Executive / Manager, Brand Manager.
Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa akan mengembangkan keahlian analisanya, kemampuan dalam berekspresi, merencanakan dan berpikir strategik, semuanya itu dapat digunakan pada bidang PR, penjualan dan manajemen merek, serta peran adiministratif juga pelayanan pelangganan.
Sebagian besar program sarjana memiliki syarat masuk yaitu minimal nila 3 nilai As atau yang setara dan perkuliahan akan berlangsung minimal 3 tahun. Sebagian universitas membutuhkan waktu perpanjangan selama 1 tahun, dimana mahasiswa dapat mengikuti penempatan kerja dalam industri di antara tahun kedua dan ketiga, yang akan mempengaruhi penilaian akhir.
Jurusan pemasaran juga dapat dipelajari pada program pascasarjana. Program ini membutuhkan waktu minimal 1 tahun, walau kembali bergantung pada tingkat perkuliahan Anda dan apakah Anda memilih untuk berkuliah paruh waktu atau penuh waktu. Syarat untuk program pascasarjana adalah memiliki gelar sarjana dengan predikat 2:1 dan memiliki pengalaman kerja yang relevan.
Jika Anda berencana mengambil jurusan ini, namun Anda berbahasa ibu selain bahasa Inggris, bukanlah masalah. Universitas masih akan mempertimbangkan pendaftaran Anda dengan melihat apakah nilai Anda sudah sesuai persyaratan, dan Anda harus memiliki nilai ujian IELTS minimal 6.0-6.5 sebelum memulai perkuliahan.
Terdapat beragam pilihan modul untuk dipelajari di tiap universitas. Mata kuliah inti yang ditawarkan cenderung memiliki kemiripan, namun mata kuliah pilihan yang ditawarkan cenderung berbeda pada tiap universitas. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.
Merupakan hal yang penting bagi Anda untuk memilih universitas yang bergengsi dan juga memiliki koneksi dengan industri yang Anda minati. Sebagian besar perusahaan ternama memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas tertentu, tempat mereka merekrut sebagian besar karyawan tingkat pertama. Hal ini penting bagi mereka yang sudah berencana untuk berkarir di bidang tertentu yang membutuhkan pengalaman kerja yang relevan.
Terlepas dari jurusan yang akan Anda pilih, lokasi dari universitas juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Anda akan mengikuti perkuliahan minimal satu tahun, jadi merupakan hal yang penting untuk memilih universitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda secara emosional dan intelektual. Mengenal kebudayaan baru dan bertemu orang-orang baru adalah hal besar dari kehidupan seorang mahasiswa, penting bagi Anda untuk dapat memaksimalkan pengalaman perkuliahan Anda. Di saat sebagian mahasiswa lebih memilih untuk berkuliah di kota-kota besar dengan kegiatan sosial yang bebas, sebagian lainnya lebih memilih kota kecil yang lebih fokus pada suatu komunitas tertentu.
Anda harus memastikan kembali persyaratan masuk dan keadaan keuangan Anda sebelum mendaftar ke universitas pilihan Anda. Apakah nilai Anda sudah memenuhi syarat? Jika Anda masih bermasalah dalam hal keuangan, terdapat banyak beragam pilihan beasiswa yang tersedia.