Jurusan Matematika di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Mathematics

Matematika adalah ilmu tentang angka dan perhitungan tidak langsung, sebuah subjek yang dipelajari di segala peradaban. Bukti dari zaman prasejarah Afrika kuno seperti Lembombo Bone ditemukan di Swaziland yang menunjukkan bahwa sudah terjadi ketertarikan pada perhitungan sejak tahun 35.000 sebelum masehi.

Sekarang ini prinsip matematika membentuk dasar dari pengertian kita terhadap dunia sekitar, membawa dampak pada pengembangan teknologi baru dan penemuan penelitian ilmiah. Mereka yang memiliki dasar dan pengetahuan matematika dapat memberi kontribusi besar terhadap lingkungan sosial tempat kita hidup.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Ide dalam memecahkan puzzle dan masalah merupakan kunci dari sekian jurusan matematika. Bagi Anda yang tertarik pada stastistik ataupun mekanik, terdapat banyak pilihan jurusan matemetika yang tersedia bagi mahasiswa yang berpikiran tajam dan rasa ingin tahu yang tinggi. Jika Anda merasa demikian, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memasuki jurusan matematika.

Jurusan matematika, dengan spesialisasi apapun, termasuk bidang yang kompleks dan terdapat perbedaan besar jika dibandingkan antara pengetahuan yang Anda terima di universitas dengan pelajaran matematika yang Anda dapatkan di sekolah. Agar dapat menyerap seluruh pelajaran dengan maksimal, Anda diharapkan untuk membaca di luar waktu kuliah, demi memperkuat pengetahuan Anda mengenai mata kuliah inti.

Anda diharuskan untuk giat belajar, termotivasi diri, dan memiliki pengaturan waktu yang baik.

PROSPEK KERJA

Sebagian besar mahasiswa memutuskan untuk mempelajari matematika, sebab mereka memiliki minat besar terhadap subjek tersebut. Gaji awal bagi seorang lulusan jurusan matematika rata-rata adalah sebesar £21.724, beragam pilihan pekerjaan tersedia bagi mahasiswa yang lulus dengan nilai memuaskan.

Perusahaan sangat menghargai seorang sarjana matematika, maka dari itu para lulusan jurusan matematika dapat dengan mudah memasuki berbagai pilihan industri, seperti bank dan lembaga keuangan, pemasaran, dan administratif, serta penjualan. Banyak lulusan yang juga memilih untuk melanjutkan ke program pascasarjana demi pekerjaan yang lebih bersifat profesi seperti hukum atau mengajar.

Walau bagaimanapun, sebagian mahasiswa memilih untuk bekerja di industri dengan fokus matematika, seperti penelitian ilmiah, walaupun jenjang karir dari pekerjaan ini sangat bergantung pada bidang spesialisasi yang Anda pilih di program sarjana.

PROSES PERKULIAHAN

Mayoritas mata kuliah jurusan matematika mencakup ilmu dari matematika murni maupun aplikasi. Teori matematika dasar merupakan elemen penting yang dibutuhkan selama perkuliahan, namun mahasiswa juga diharapkan untuk mempelajari mata kuliah pilihan secara lebih mendalam yang menunjukkan bagaimana prinsip matematika yang beragam dapat dipalikasikan pada kegiatan sehari-hari manusia.

Jurusan matematika mewajibkan mahasiswanya untuk memiliki minimal 3 nilai nilai As atau setara; khususnya untuk pelajaran-pelajaran yang berbasiskan ilmu sains. Sebagian besar universitas juga mengharapkan salah satu pelajaran tersebut adalah matematika, dan bagi mereka yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris perlu mengikuti ujian IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.

Sebagian besar perkuliahan jurusan matematika membutuhkan waktu lebih dari 3 tahun, hal ini bergantung pada universitas pilihan Anda. Kebanyakan universitas menawarkan mahasiswa pilihan untuk kuliah di luar negeri atau mengambil penempatan kerja di industri bagi mereka yang ingin memperpanjang masa kuliahnya 1 tahun lagi.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Terdapat beragam pilihan modul untuk dipelajari di tiap universitas. Mata kuliah inti yang ditawarkan cenderung memiliki kemiripan, namun mata kuliah pilihan yang ditawarkan cenderung berbeda pada tiap universitas. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai pilihan modul yang ditawarkan, apakah modul tersebut bisa menunjang karir Anda di masa depan.

Merupakan hal yang penting bagi Anda untuk memilih universitas yang bergengsi dan yang memiliki koneksi dengan industri yang Anda minati. Sebagian besar perusahaan ternama memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas tertentu, tempat mereka merekrut sebagian besar karyawan mereka.

Anda harus memastikan kembali persyaratan masuk dan keadaan keuangan Anda sebelum mendaftar ke universitas pilihan Anda. Apakah nilai Anda sudah memenuhi syarat? Apakah biayya tersebut beserta biaya hidup dapat Anda penuhi? Jika Anda masih bermasalah dalam hal keuangan, terdapat banyak beragam pilihan beasiswa yang tersedia.

Terlepas dari jurusan yang akan Anda pilih, lokasi dari universitas juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Anda akan mengikuti perkuliahan minimal satu tahun, jadi merupakan hal yang penting untuk memilih universitas yang dapat memenuhi kebutuhan Anda secara emosional dan intelektual. Mengenal kebudayaan baru dan bertemu orang-orang baru adalah hal yang penting dalam kehidupan seorang mahasiswa, jadi penting bagi Anda untuk dapat memaksimalkan pengalaman perkuliahan Anda. Sementara sebagian mahasiswa lebih memilih untuk berkuliah di kota-kota besar dengan kegiatan sosial yang bebas, sebagian lainnya lebih memilih kota kecil yang lebih berfokus pada komunitas yang lebih kecil.

Program Matematika apa saja yang tersedia di sana?

1

Matematika (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Statistik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Matematika Terapan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Matematika Untuk Penggunaan Tertentu

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Matematika

1
210
Inggris
DILIHAT 4,264 KALI Lihat 108 program
2
9
Australia
DILIHAT 3,372 KALI Lihat 39 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 2,962 KALI Lihat 27 program
4
69
Jerman
DILIHAT 2,723 KALI Lihat 13 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 2,137 KALI Lihat 714 program
6
93
Jepang
DILIHAT 1,589 KALI Lihat 8 program
7
173
Korea Selatan
DILIHAT 1,453 KALI Lihat 5 program
8
168
Singapura
DILIHAT 891 KALI Lihat 7 program
9
131
Belanda
DILIHAT 832 KALI Lihat 13 program
10
134
Selandia Baru
DILIHAT 588 KALI Lihat 10 program