Jurusan Teknik Mesin di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Mechanical Engineering

Teknik Mekanik adalah cabang dari pelajaran teknik yang berfokus pada proses produksi dengan penggunaan tenaga mekanik untuk membuat mesin dan peralatan. Teknik Mekanik termasuk mata pelajaran yang telah lama ada di tingkat pendidikan tinggi. Ini dikarenakan sejak jaman kuno telah banyak ditemukan jejak-jejak penggunaan teknik mekanik dalam kehidupan manusia sehari-hari. Selama peradaban terus berlanjut, produksi selalu berjalan, dan proses produksi tidak bisa lepas dari peran teknik mekanik. Terutama di jaman teknologi yang semakin berkembang ini, tenaga mekanik semakin diperlukan untuk bisa menjalankan proses produksi dengan lebih efisien dan efektif.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda menyenangi Ilmu Fisika? Apakah Anda tertarik dengan mesin dan peralatan? Apakah Anda berccita-cita mengejar karir di bidang teknik? Jika demikian, jurusan ini mungkin cocok bagi Anda.

Teknik Mekanik merupakan pelajaran yang lebih bersifat kejuruan. Disamping mempelajari teori, akan ada banyak kegiatan praktek supaya para mahasiswa mengenal lebih dekat dengan metode-metode produksi yang umum digunakan di berbagai industri. Selain itu, para mahasiswa juga dituntut untuk mengadakan riset secara individu mengenai topik yang ditugaskan dosen. Kemajuan para mahasiswa akan dinilai melalui hasil riset tersebut beserta tugas-tugas tertulis yang dikumpulkan. Selain itu absensi mahasiswa dan nilai ujian jugan akan ikut mempengaruhi nilai akhir. Oleh karena itu, selain menghadiri kelas kuliah dan kelas praktek, Anda harus bersedia memanfaatkan waktu luang Anda untuk melakukan bacaan tambahan maupun riset lapangan. Anda mungkin bahkan diwajibkan untuk mengambil penempatan kerja. Untuk menekuni jurusan ini dengan baik, Anda memerlukan kerja keras, daya analisa yang tinggi, serta bisa mengatur waktu dengan baik.

PROSPEK KERJA

Profesi yang populer di kalangan lulusan dari Jurusan Teknik mekanik adalah Insinyur mekanik. Insinyur Mekanik berperan memberikan solusi terhadap pengembangan produk dan mesin. Gaji rata-rata untuk Insinyur Mekanik pemula adalah £20,000 - £28,000 per tahun di Inggris.

Selain menjadi Insinyur Mekanik, para lulusan juga bisa memilih untuk menjadi Insinyur di bidang perawatan mesin dengan gaji awal rata-rata £20,000 – £24,000 per tahun di Inggris.

Karena Tekik Mekanik mempelajari bidang yang sangat luas termasuk hukum dan informasi teknologi, para lulusan juga bisa diterima bekerja di bidang hukum paten, konstruksi, departemen sumber daya manusia maupun bidang informasi teknologi.

PROSES PERKULIAHAN

Program Sarjana Teknik Mekanik berlangsung sekitar 3 tahun. Banyak mahasiswa yang memperpanjang lama kuliah menjadi 4 tahun dengan alasan mencari penempatan kerja. Mayoritas program mewajibkan para mahasiswa untuk menyelesaikan 2 penempatan kerja sebagai syarat untuk menamatkan kuliah. Bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Program Sarjana paling tidak harus mempunyai 3 nilai nilai A.

Program Pascasarjana bisa berlangsung antara 1 hingga 4 tahun, tergantung dari jenis program yang Anda ambil dan juga apakah Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Syarat pendaftaran adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Bagi pelajar asing diwajibkan untuk mempunyai sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri-industri manufaktur dan produksi. Jangan lupa, jurusan ini mewajibkan praktek kerja. Karena dari situlah Anda akan dinilai. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Jurusan Teknik Mekanik mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Teknik Mesin apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Mekanikal (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Rekayasa Pendinginan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Rekayasa Pengatur Suhu Udara

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Rekayasa Akustik / Vibrasi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Mesin

1
93
Jepang
DILIHAT 2,564 KALI Lihat 6 program
2
69
Jerman
DILIHAT 2,485 KALI Lihat 3 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,878 KALI Lihat 43 program
4
210
Inggris
DILIHAT 1,800 KALI Lihat 106 program
5
9
Australia
DILIHAT 1,237 KALI Lihat 32 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 851 KALI Lihat 415 program
7
168
Singapura
DILIHAT 746 KALI Lihat 8 program
8
39
Cina
DILIHAT 447 KALI Lihat 17 program
9
32
Kanada
DILIHAT 344 KALI Lihat 55 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 289 KALI Lihat 2 program