Jurusan Media di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Media

Mata Pelajaran Media telah ada sejak tahun 1970an. Seiring dengan perkembangan dunia digital dan teknologi di bidang media, jurusan ini menjadi jurusan yang menarik untuk di pelajari. Terutama dengan lingkungan media di Inggris yang terus berkembang dengan permintaan masyarakat yang semakin tinggi. Media mencakup bidang yang luas, seperti media cetak majalah maupun koran, penayangan di saluran televisi hingga media digital yang berkaitan erat dengan kehidupan sosial masyarakat seperti Facebook, twitter, Linkedln dan lain-lain.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda mengikuti perkembangan media? Apakah Anda menyenangi jaringan sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya? Atau Apakah Anda ingin berpartisipasi di dalam dunia media Inggris? Jika demikian, jurusan ini mungkin cocok untuk Anda.

Jika Anda ingin menekuni dunia media, Anda harus senantiasa mengikuti setiap perkembangan di dunia media massa. Selain itu, Anda juga harus memahami dampak dari metode dan teknologi yang berbeda terhadap perkembangan media. Oleh karena itu, selain menghadiri kelas kuliah dan ujian, Anda perlu banyak mengakses informasi yang bisa menambah wawasan Anda mengenai bidang media untuk membantu prestasi kuliah Anda.

PROSPEK KERJA

Ada banyak lowongan kerja yang tersedia untuk para lulusan Jurusan Media. Keahlian yang mereka peroleh semasa kuliah seperti mengelola jaringan sosial dan kemampuan di bidang digital memungkinkan mereka untuk diterima sebagai admin website ataupun di bidang seperti media sosial, periklanan dan marketing.

Sebagian lulusan juga memilih untuk melanjutkan ke Program Pasca Sarjana dengan mengambil kualifikasi NCTJ (National Council for the Training of Journalist) untuk bekerja di bidang jurnalisme atau pun mengambil kualifikasi GDL (Graduate Diploma in Law) untuk bekerja di bidang hukum. Selain itu, jika lulusan sarjana media tertarik ntuk mengajar, mereka bisa mengambil kualifikasi PGCE (Post Graduate Certificate of Education).

Banyak juga para lulusan yang bekerja sebagai penulis dengan gaji awal rata-rata £17,358 per tahun di Inggris. Mereka juga bisa menambah pendapatan dengan mengambil kerjaan lepas (freelance) di luar pekerjaan tetap.

PROSES PERKULIAHAN

Bidang Media tentu saja berkaitan erat dengan kemampuan bahasa. Universitas-universitas mewajibkan para calon mahasiswa asing mereka memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris dengan lancar baik secara lisan maupun tertulis. Untuk itu diperlukan Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.5. Selain itu, jika Anda ingin mendaftar ke Program Sarjana, Anda harus memiliki paling sedikit 3 nilai nilai A atau setara. Lama kuliah yang dibutuhkan adalah sekitar 3 tahun. Anda juga bisa memperpanjang lama perkuliahan Anda menjadi 4 tahun jika Anda ingin mengambil penempatan kerja. Banyak juga universitas yang menawarkan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri selama setahun.

Gaji awal untuk lulusan baru di Inggris termasuk rendah jika dibandingkan dengan jurusan lain. Tetapi jika semasa kuliah Anda banyak mengambil penempatan kerja dengan berbagai perusahaan yang bergerak di bidang media, Anda bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi.

Program Pascasarjana bersifat lebih kejuruan. Ada banyak sekali program yang ditawarkan seperti PGCE, NCTJ, GDL dan lain-lain. Anda harus memastikan kejuruan mana yang ingin Anda pilih. Apakah itu di bidang hukum, jurnalisme, pendidikan atau pun yang lain. Syarat masuk pada umumnya adalah mempunyai Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Persyaratan untuk pengalaman kerja tergantung kejuruan mana yang Anda pilih.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Beberapa universitas ternama seperti City University mengajukan syarat masuk yang lebih tinggi. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri media. Jangan lupa, pengalaman kerja akan sangat mempengaruhi gaji Anda setelah lulus nanti. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan media, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Jurusan Media mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Media apa saja yang tersedia di sana?

1

Ilmu Komunikasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Studi Media

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Perfilman

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Komunikasi / Media

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Media

1
114
Malaysia
DILIHAT 11,710 KALI Lihat 74 program
2
210
Inggris
DILIHAT 10,735 KALI Lihat 195 program
3
9
Australia
DILIHAT 9,440 KALI Lihat 111 program
4
168
Singapura
DILIHAT 3,871 KALI Lihat 22 program
5
131
Belanda
DILIHAT 3,594 KALI Lihat 26 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 3,324 KALI Lihat 755 program
7
32
Kanada
DILIHAT 2,074 KALI Lihat 86 program
8
69
Jerman
DILIHAT 1,920 KALI Lihat 11 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,304 KALI Lihat 25 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 1,265 KALI Lihat 2 program