Jurusan Metalurgi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Metallurgy

Metalurgi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat kimia dari logam dan cara memanfaatkan logam untuk kegunaan sehari-hari. Kata 'Metalurgi' sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani 'Metallougos', merupakan istilah yang digunakan oleh ahli kimia untuk mendeskripsikan ekstraksi logam dari mineral. Di jaman modern ini selain ekstraksi logam, metalurgi jgua mempelajari produksi logam serta mikrostruktur.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Sebagai mahasiswa Jurusan Metalurgi, Anda harus mempunyai rasa antusias yang tinggi terhadap prinsip-prinsip yang mendasari produksi logam. Selain itu, Anda harus mempunyai minat dalam pelajaran matematika, fisika dan kimia, yang merupakan dasar dari Ilmu Metalurgi.

Metalurgi juga melibatkan banyak riset dan penelitian beserta kegiatan praktek. Jadi, diluar jam pelajaran pun Anda akan disibukkan dengan bacaan tambahan, penulisan laporan, pengumpulan data untuk dianalisa dan sebagainya. Untuk menyelesaikan jurusan ini dengan baik, Anda harus mempunyai tingkat ketelitian serta daya analisa yang tinggi, dan tentu saja harus bersedia bekerja keras.

PROSPEK KERJA

Mayoritas tamatan Jurusan metalurgi bekerja sebagai Insinyur Metalurgi, meneliti dan mengembangkan proses ekstraksi logam dari mineral. Gaji awal rata-rata untuk seorang Insinyur Metalurgi di Inggris adalah £20,000 - £25,000 per tahun. Posisi senior untuk seorang Insinyur metalurgi atau konsultan metalurgi bisa mencapai £60,000 per tahun.

Keahlian yang dipelajari para lulusan Jurusan Metalurgi bisa dialihkan ke bidang lain. Para lulusan Metalurgi pada umumnya mempunyai daya analisa yang tinggi, termasuk bisa mengolah data serta mempunyai kemampuan di bidang IT. Biasanya mereka juga diterima bekerja di bidang jurnalisme, perbankan, keuangan dan analis.

PROSES PERKULIAHAN

Program Sarjana Metalurgi berlangsung sekitar 3 tahun. Bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke Program Sarjana paling tidak harus mempunyai 3 nilai nilai A di mata pelajaran matematika dan sains.

Program Pascasarjana berlangsung sekitar 1 tahun, tergantung apakah Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu. Syarat pendaftaran adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Bagi pelajar asing diwajibkan untuk mempunyai sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

Kebanyakan program menilai mahasiswa dari proyek personal. Oleh karena itu para mahasiswa sebaiknya mengambil penempatan kerja. Mayoritas universitas mempunyai jaringan kerja dengan perusahaan teknik sipil sehingga bisa membantu para mahasiswa dalam penempatan kerja.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Metalurgi apa saja yang tersedia di sana?

1

Pengelasan (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pabrikasi (Industri)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Metalurgi / Produksi Logam

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Penyetelan / Pengoperasian Mesin Bubut

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Metalurgi

1
69
Jerman
DILIHAT 575 KALI Lihat 4 program
2
210
Inggris
DILIHAT 402 KALI Lihat 14 program
3
9
Australia
DILIHAT 385 KALI Lihat 9 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 149 KALI Lihat 3 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 126 KALI Lihat 103 program
6
32
Kanada
DILIHAT 68 KALI Lihat 27 program
7
93
Jepang
DILIHAT 62 KALI Lihat 1 program
8
39
Cina
DILIHAT 44 KALI Lihat 2 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 33 KALI Lihat 1 program
10
159
Rusia
DILIHAT 29 KALI Lihat 1 program