Jurusan Musik di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Music

Musik adalah medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Musik telah digunakan oleh bangsa Yunani dan Roma kuno untuk mendukung pertunjukan di teater mereka. Di jaman modern ini, perkembangan elektronik dan teknologi juga membawa perubahan pada spektrum suara dan ritme.

Ada banyak program musik yang ditawarkan di Inggris. Mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, hingga komposisi musik.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan ini tentu saja diperuntukkan bagi orang yang mempunyai bakat dan minat di bidang musik.

Jurusan Musik tidak hanya mengajarkan Anda membaca dan memainkan musik, tertapi juga mempelajari teori musik. Untuk menyelesaikan kuliah di jurusan musik dengan baik, Anda harus bisa mendemonstrasikan bakat dan keahlian di bidang musik.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan mengambil jurusan musik dengan tujuan untuk menjadi pemusik. Akan tetapi yang berhasil menjadi pemusik tidak banyak. Sisanya berkarir di bidang musik dengan peran lainnya.

Banyak lulusan dari Jurusan musik yang berkarir sebagai tenaga pengajar untuk pelajaran musik; baik di lembaga pendidikan atau pun sebagai guru privat. Selain itu, ada juga yang mencoba karir sebagai terapis musik, dimana bunyi dan ritmen digunakan sebagai medium untuk menenangkan emosi dan psikologi pasien yang membutuhkan.

Gaji awal rata-rata untuk tamatan Jurusan Musik termasuk rendah, sekitar £16,925 per tahun bila dibandingkan dengan gaji awal rata-rata tamatan jurusan lainnya yang berkisar antara £20,964 per tahun. Banyak juga para lulusan yang bekerja di sektor seni dan musik dengan posisi sebagai jurnalis, hubungan massa, marketing dan periklanan.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana Musik adalah memiliki 3 nilai nilai A atau setara. Selain itu untuk menilai bakat musik, para calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti audisi. Bagi pelajar asing diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0. program Sarjana pada umumnya berlangsung selama 3 tahun. Akan tetapi jika Anda mengambil lebih dari satu instrumental, Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menamatkan kuliah Anda. Program Pascasarjana berlangsung sekitar 1 hingga 3 tahun tergantung Anda mengambil MA (S2) atau PhD (S3). Disamping teori dan tugas tertulis, Anda akan dinilai dari performa di bidang musik serta dari komposisi musik yang Anda tulis.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri musik. Selain itu, prestise universitas juga penting. Carilah universitas dengan reputasi yang bagus di dunia musik. Anda juga perlu mempelajari star pengajar dari universitas tersebut, terutama jika Anda ingin menjadi pemusik. Ini dikarenakan saingan untuk menjadi pemusik sangat ketat. Jika Anda lulus dari universitas terkenal dan merupakan murid dari maestro ternama, kesempatan Anda untuk diterima sebagai pemusik akan lebih besar.

Jurusan Musik mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Musik apa saja yang tersedia di sana?

1

Studi Musik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pertunjukan / Permainan Musik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Menggubah Musik

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Musik Pop

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Musik

1
9
Australia
DILIHAT 3,737 KALI Lihat 44 program
2
210
Inggris
DILIHAT 2,629 KALI Lihat 152 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 2,482 KALI Lihat 16 program
4
168
Singapura
DILIHAT 2,437 KALI Lihat 12 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,237 KALI Lihat 615 program
6
131
Belanda
DILIHAT 899 KALI Lihat 12 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 629 KALI Lihat 15 program
8
32
Kanada
DILIHAT 561 KALI Lihat 62 program
9
189
Swedia
DILIHAT 107 KALI Lihat 6 program
10
154
Republik Irlandia
DILIHAT 64 KALI Lihat 18 program