Jurusan Keperawatan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Nursing

Peran utama dari seorang perawat adalah merawat kesehatan fisik dan mental dari pasien. Biasanya perawat bekerja di bawah pengawasan seorang dokter. Akan tetapi dengan pelatihan khusus, perawat juga bisa bekerja secara independen.

Sampai saat ini perawat masih identik dengan suster. Ini dikarenakan dari jaman dahulu para suster selain bertugas di gereja juga bertugas untuk menjaga dan merawat pasien-pasien di komunitas lokal. Tetapi sebenarnya tidak ada batasan bahwa seorang perawat haruslah beragama Kristen. Agama memang merupakan suatu unsur yang mempengaruhi profesi seorang perawat. Ini dikarenakan psikologi pasien sangat mempengaruhi kesehatan mereka. Kadang para perawat perlu menenangkan pasien melalui pendekatan secara religius agar pasien tersebut bisa disembuhkan secara maksimal.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda berminat untuk memahami cara kerja badan manusia? Apakah Anda adalah seseorang yang mempedulikan sesama? Apakah Anda ingin meniti karir di bidang medis? Jika demikian, jurusan ini mungkin coock buat Anda.

Tugas para perawat tidaklah gampang. Selain harus menguasai pengetahuan tentang badan manusia, mereka juga harus mengerti kondisi psikologi pasien. Oleh karena itu selain daya hafal yang kuat, kemampuan analisa yang tinggi, para perawat juga perlu mempunyai kesabaran dan empati yang tinggi.

PROSPEK KERJA

Gaji awal rata-rata untuk seorang perawat di Inggris adalah £21, 176 per tahun. Profesi seorang perawat sangat luas. Tergantung bidang mana yang sesuai dengan keahlian Anda, Anda bisa memilih untuk bekerja sebagai perawat untuk orang dewasa, anak-anak, kaum manula ataupun kaum yang membutuhkan perhatian khusus.

Bagi lulusan perawat yang ingin mengambil pendidikan atau pelatihan lebih lanjut bisa memilih untuk mengambil kualifikasi di bidang seperti jurnalisme, hukum, pendidikan dan lain-lain.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat mendaftar ke Program Sarjana Nursing adalah memiliki paling sedikit 3 nilai nilai A untuk mata pelajaran di bidang sains. Lama perkuliahan akan memakan waktu sekitar 3 tahun.

Untuk mendaftar ke Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus menamatkan program sarjana terlebih dahulu dengan predikat 2:1. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 2 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jika Anda ingin mendaftar ke Jurusan Nursing, anda harus melihat modul-modul pilihan yang tersedia di setiap universitas. Ini karena Jurusan Nursing mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Kebanyakan universitas akan menjalin kerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit untuk memudahkan para mahasiswa mencari penempatan kerja.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Keperawatan apa saja yang tersedia di sana?

1

Studi Perawatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Praktik Perawatan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Spesialis Perawatan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Perawatan Kesehatan Mental (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Keperawatan

1
9
Australia
DILIHAT 5,890 KALI Lihat 60 program
2
210
Inggris
DILIHAT 4,616 KALI Lihat 116 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 3,441 KALI Lihat 27 program
4
93
Jepang
DILIHAT 1,930 KALI Lihat 3 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 1,006 KALI Lihat 596 program
6
173
Korea Selatan
DILIHAT 775 KALI Lihat 1 program
7
32
Kanada
DILIHAT 593 KALI Lihat 64 program
8
168
Singapura
DILIHAT 470 KALI Lihat 5 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 338 KALI Lihat 18 program
10
39
Cina
DILIHAT 283 KALI Lihat 7 program