Jurusan Kedokteran Mata di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Ophthalmic

Oftalmologi adalah cabang kedokteran yang mempelajari tentang fisiologi dan penyakit mata. Kata 'Oftalmologi' berasal dari Bahasa Yunani 'Opthalmos' yang berarti ketidaknormalan pada mata. Oftalmologi tidak hanya sebatas mempelajari mata manusia, akan tetapi juga mempelajari mata hewan.

Di Inggris, hanya sedikit universitas yang menawarkan Jurusan Oftalmologi. Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, profesi Oftalmologis di Inggris termasuk sangat sedikit.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda tertarik dengan struktur mata? Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana manusia dan hewan melihat? Jika demikian, Anda boleh mempertimbangkan Jurusan Oftalmologi.

Jika Anda ingin menekuni jurusan ini sebaiknya Anda mempunyai dasar biologi yang kuat. Jurusan ini sebagian besar mempelajari teori, akan tetapi ada juga kegiatan eksperimen di laboratorium. Untuk berprestasi di jurusan ini, Anda harus mempunyai daya hafal yang kuat, selain itu ketelitian dan daya analisa yang tinggi.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan mengejar karir sebagai Oftalomologis. Mereka mendiagnosa, merawat, mengobati dan mencegah berbagai penyakit mata. Untuk bisa praktek di rumah sakit, para lulusan sarjana harus mengambil spesialisasi selama 3 tahun. Profesi saat menjalani pelatihan digaji sekitar £22,400 - £27,800 per tahun.

Ada juga para lulusan yang bekerja sepagai Optometris. Mereka memeriksa mata pasien, mencocokkan kacamata, dan jika perlu mereferensikan pasien ke dokter lainnya. Ada juga lowongan sebagai Orthoptis, yang memeriksa dan mendiagnosa refraksi mata.

Banyak juga para lulusan yang bekerja di bidang yang tidak berkaitan dengan kedokteran mata. Kadang mereka bekerja sebagai jurnalis, khusus untuk bidang medis dan kesehatan. Bahkan ada juga yang bekerja dengan organisasi sosial.

PROSES PERKULIAHAN

Program Sarjana untuk Oftalmologi hanya tersedia di Universitas Sheffield dan Liverpool. Bagi yang ingin menjadi Oftalmologis atau Orthoptis harus mempunyai gelar sarjana. Bagi yang ingin menjadi Optometris harus mempunyai gelar sarjana di bidang optometris dan diakui oleh General Optical Council. Jadi sebelum mendaftar, Anda sudah harus memilih jalur mana yang ingin Anda pilih. Syarat untuk mendaftar ke Program Sarjana adalah 3 nilai nilai A di bidang sains. Lama kuliah berlangsung selama minimal 3 tahun.

Bagi yang ingin mengambil Program Pascasarjana sudah harus memiliki Gelar Sarjana di bidang Oftalmologi/Orthoptis ataupun Optometris dengan predikat 2:1. Lama program bisa berlangsung sekitar 1 hingga 3 tahun. Program CPD (Continuing Professional Development) juga tersedia di jurusan ini.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Untuk Jurusan Oftalmologis, tidak terlalu banyak pilihan universitas yang tersedia di Inggris. Oleh karena itu persaingan masuk sangat ketat. Pastikanlah Anda mempunyai nilai yang benar-benar tinggi di bidang sains. Setelah itu anda harus memilih apakah setelah lulus Anda ingin menjadi oftalmologis atau orthoptis atau pun optometris. Jika Anda ingin menjadi optometris, pilihlah universitas yang diakui oleh General Optical Council.

Perkuliahan jurusan ini bisa memakan waktu 5 tahun. Anda harus mempertimbangkan biaya kuliah dan biaya hidup yang Anda butuhkan. Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda bisa mencari informasi mengenai beasiswa.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Kedokteran Mata apa saja yang tersedia di sana?

1

Optometri

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Layanan Kedokteran Mata (Oftalmologi)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Ortoptik

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Penanganan Optis

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Kedokteran Mata

1
114
Malaysia
DILIHAT 476 KALI Lihat 4 program
2
9
Australia
DILIHAT 289 KALI Lihat 9 program
3
210
Inggris
DILIHAT 160 KALI Lihat 15 program
4
211
Amerika Serikat
DILIHAT 33 KALI Lihat 79 program
5
84
Hongkong
DILIHAT 25 KALI Lihat 1 program
6
32
Kanada
DILIHAT 24 KALI Lihat 7 program
7
168
Singapura
DILIHAT 18 KALI Lihat 2 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 14 KALI Lihat 2 program
9
154
Republik Irlandia
DILIHAT 3 KALI Lihat 1 program