Jurusan Pedagogi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Pedagogy

Kata 'Pedagogi' berasal dari Bahasa Yunani 'Paidagogeo', yang berarti membimbing anak-anak dalam memperoleh keahlian dan ilmu pengetahuan. Ilmu pedagogi adalah ilmu yang membicarakan masalah atau persoalan-persoalan dalam pendidikan dan kegiatan-kegiatan mendidik, antara lain seperti tujuan pendidikan, alat pendidikan, cara melaksanakan pendidikan, anak didik, pendidik dan sebagainya.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Pedagogi tidak hanya bersifat teoritis. Karena ilmu ini berkaitan dengan mengajar, praktek juga dibutuhkan. Pedagogi banyak berhubungan dengan ilmu-ilmu lain seperti: ilmu sosial, ilmu psikologi, metodologi pengajaran, sosiologi, filsafat dan lainya. Ilmu pedagogi dikhususkan untuk pendidikan anak-anak. Jika Anda ingin menekuni bidang ini, pertama, Anda harus bisa berinteraksi dan dekat dengan anak-anak. Selain itu juga dibutuhkan empati dan kesabaran yang tinggi. Di luar jam kuliah, Anda mungkin diharuskan untuk melakukan riset tentang pengembangan teknik pengajaran ataupun mengenai topik-topik seputar pedagogi.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan Jurusan Pedagogi memilih untuk berkarir di bidang pendidikan, baik dengan lembaga pendidikan formal maupun informal. Sebagian lulusan juga mempunyai kualifikasi di bidang psikologi, sehingga mereka bisa bekerja di sektor pendidika untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, maupun bekerja di lingkungan anak-anak muda.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat mendaftar ke Program Sarjana Pedagogi adalah memiliki paling sedikit 3 nilai nilai A. Lama perkuliahan akan memakan waktu sekitar 3 tahun.

Untuk mendaftar ke Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus menamatkan program sarjana terlebih dahulu dengan predikat 2:1. Selain predikat yang bagus, pengalaman kerja yang relevan juga dibutuhkan. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 1 tahun, tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan. Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Pedagogi apa saja yang tersedia di sana?

1

Pendampingan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Penilaian Terhadap Guru / Pelatih

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Pendidikan Luar Kelas (Pengajaran / Pelatihan)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Penggemblengan (Pengajaran / Pelatihan)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Pedagogi

1
32
Kanada
DILIHAT 305 KALI Lihat 17 program
2
211
Amerika Serikat
DILIHAT 219 KALI Lihat 192 program
3
210
Inggris
DILIHAT 161 KALI Lihat 36 program
4
69
Jerman
DILIHAT 157 KALI Lihat 1 program
5
9
Australia
DILIHAT 119 KALI Lihat 8 program
6
114
Malaysia
DILIHAT 91 KALI Lihat 7 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 47 KALI Lihat 6 program
8
189
Swedia
DILIHAT 11 KALI Lihat 1 program
9
168
Singapura
DILIHAT 6 KALI Lihat 1 program