Jurusan Farmakologi di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Pharmacology

Berasal dari Bahasa Yunani "Pharmakon", Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk diagnosa, pencegahan dan penyembuhan penyakit. Subjek ini telah dipelajari dari ribuan tahun yang lalu. Pada jaman dahulu, apoteker mempelajari obat-obatan dari bahan yang lebih alami seperti tanam-tanaman. Jaman sekarang obat-obatan bisa diproduksi dengan bahan dasar buatan.

Ilmu pengetahuan tentang obat-obatan sangat penting dalam kehidupan manusia. Para ahli di bidang medis terus melakukan penelitian dan inovasi untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apalagi, banyak bermunculan penyakit-penyakit baru serta keabnormalan yang belum dimengerti oleh dunia medis. Oleh karena itu, Farmakologi adalah bidang yang tiada batas, yang senantiasa mengalami perubahan dan pembaharuan. Farmakologi di Inggris juga memberikan sumbangan yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat Inggris, terutama di abad ke 21 ini.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Farmakologi mempelajari cara membuat, mencampur, memformulasikan obat; memperlajari proses yang dilakukan oleh tubuh dari masuknya obat sampai hilangnya obat dari tubuh; mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap fungsi berbagai organ dan pengaruh obat terhadap reaksi biokimia dan struktur organ; serta mempelajari pengetahuan dan pengenalan makroskopik dan mikroskopik berbagai tumbuhan, hewan, mineral, dan organisme lainnya yang dapat digunakan menjadi sumber obat.

Dari penjelasan di atas, sangat jelas bahwa jurusan ini ditujukan bagi orang yang mempunyai rasa antusias yang tinggi di bidang obat-obatan. Tentu saja, untuk menekuni jurusan ini, diperlukan dasar sains yang kuat. Selain banyak hafalan, jurusan ini juga tidak bisa terlepas dari berbagai kegiatan riset. Jika Anda adalah seorang yang sangat menggemari sains, punya dasar yang kuat dalam bidang sains, kuat dalam hafalan, teliti dan mempunyai daya analisa yang tinggi, Anda boleh mempertimbangkan Jurusan Farmalogi.

PROSPEK KERJA

Industri Farmakologi termasuk salah industri besar di Inggris. Setiap satu hari, ada investasi sebesar £12 juta di industri ini. Sehingga ada banyak lowongan kerja untuk para lulusan Jurusan Farmakologi. Mereka bisa bekerja di National Health Service dan berperan sebagai penasihat medis serta menulis resep obat untuk pasien. Selain itu banyak juga perusahaan-perusahaan farmasi yang mencari lulusan Jurusan Farmakologi untuk bekerja di bidang penelitian dan pengembangan obat baru.

Banyak juga para lulusan yang mengambil kualifikasi di bidang jurnalisme (NCTJ) untuk menjadi jurnalis atau pun di bidang hukum (GDL) untuk mengejar profesi sebagai pengacara medis.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat mendaftar ke Program Sarjana Farmakologi adalah memiliki paling sedikit 3 nilai nilai A dalam bidang sains seperti kimia dan biologi. Lama perkuliahan akan memakan waktu sekitar 3 tahun.

Untuk mendaftar ke Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus menamatkan program sarjana terlebih dahulu dengan predikat 2:1. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 2 tahun, tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Farmakologi mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Selain itu, jurusan ini melibatkan kegiatan riset dan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Farmakologi apa saja yang tersedia di sana?

1

Farmasi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pemberian Obat (Farmasi)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Teknisi Pemberian Obat (Farmasi)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana
4

Kemoterapi

TINGKAT PENDIDIKAN Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Farmakologi

1
114
Malaysia
DILIHAT 6,233 KALI Lihat 25 program
2
210
Inggris
DILIHAT 5,075 KALI Lihat 83 program
3
9
Australia
DILIHAT 3,293 KALI Lihat 23 program
4
168
Singapura
DILIHAT 801 KALI Lihat 7 program
5
173
Korea Selatan
DILIHAT 795 KALI Lihat 1 program
6
131
Belanda
DILIHAT 684 KALI Lihat 4 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 607 KALI Lihat 247 program
8
39
Cina
DILIHAT 478 KALI Lihat 9 program
9
134
Selandia Baru
DILIHAT 403 KALI Lihat 6 program
10
93
Jepang
DILIHAT 338 KALI Lihat 1 program