Jurusan Fisika di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Physics

Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.

Fisika mengambil peran penting dalam 400 tahun terakhir ini; dari penemuan Newton mengenai gravitasi hingga Teori Relativitas Einstein. Ilmu Fisika memberikan pengetahuan yang lebih mendetil tentang bumi dan juga turut berperan dalam perkembangan teknologi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda menyenangi Ilmu Pengetahuan dan mempunyai rasa ingin tahu terhadap cara kerja dunia di sekitar Anda, mungkin Fisika adalah bidang yang cocok untuk Anda tekuni. Jika Anda ingin mempelajari Fisika, sebaiknya Anda mempunyai dasar yang cukup kuat di mata pelajaran Matematika, terutama Aljabar. Selain harus kuat menghafal teori, Jurusan Fisika juga banyak melibatkan kegiatan praktek dan penelitian . Oleh karena itu, ketelitian dan daya analisa yang tinggi sangat dibutuhkan di jurusan ini.

PROSPEK KERJA

Gaji awal rata-rata untuk para lulusan Jurusan Fisika di Inggris adalah £22,500 per tahun. Biasanya mereka bekerja di bidang penelitian, akan tetapi banyak juga lowongan yang tersedia di sektor finansial dan bisnis. Ini dikarenakan oleh keahlian dalam bidang matematika dan penganalisaan data yang dimiliki oleh para lulusan Jurusan Fisika.

Pada tahun 2010, sepertiga dari lulusan Sarjana Jurusan Fisika memilih untuk melanjutkan ke Program Pasca Sarjana daripada langsung terjun ke dunia kerja. Ada yang memilih untuk berspesialisasi dalam bidang teknik mekanik, atau fisika medis dan bahkan PGCE (Post Graduate Certificate of Education).

PROSES PERKULIAHAN

Syarat mendaftar ke Program Sarjana Geografi Fisika adalah memiliki paling sedikit 3 nilai nilai A dalam bidang sains. Lama perkuliahan akan memakan waktu sekitar 3 tahun.

Untuk mendaftar ke Program Pascasarjana, calon mahasiswa harus menamatkan program sarjana terlebih dahulu dengan predikat 2:1. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 1 tahun, tergantung Anda memilih untuk kuliah penuh waktu atau paruh waktu.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memiliki Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0. Sedangkan universitas dengan reputasi yang lebih baik mewajibkan nilai minimal 6.5.

Metode penilaian akan diambil dari hasil ujian, nilai laporan tertulis dan kegiatan riset. Jadi, di luar jam pelajaran, para mahasiswa harus rajin mengumpulkan dan meganalisa data untuk kebutuhan riset.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Fisika mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Selain itu, jurusan ini melibatkan kegiatan riset dan penelitian. Penting bagi Anda untuk mencari universitas dengan fasilitas laboratorium yang bagus dengan staf pengajar yang profesional. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Fisika apa saja yang tersedia di sana?

1

Fisika (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Fisika Terapan

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Fisika Rekayasa

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
4

Elektronik (Fisika)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Fisika

1
210
Inggris
DILIHAT 2,445 KALI Lihat 94 program
2
69
Jerman
DILIHAT 1,959 KALI Lihat 24 program
3
114
Malaysia
DILIHAT 1,852 KALI Lihat 22 program
4
9
Australia
DILIHAT 1,802 KALI Lihat 33 program
5
93
Jepang
DILIHAT 1,112 KALI Lihat 8 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 901 KALI Lihat 590 program
7
168
Singapura
DILIHAT 631 KALI Lihat 5 program
8
131
Belanda
DILIHAT 405 KALI Lihat 8 program
9
190
Swiss
DILIHAT 386 KALI Lihat 7 program
10
173
Korea Selatan
DILIHAT 273 KALI Lihat 3 program