Jurusan Pekerjaan Sosial di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Social work

Pada tahun 1946, National Assistance Act di Inggris mendirikan National Assistance Board untuk bertanggung jawab atas pembangunan akomodasi untuk kaum manula dan kaum disabilitas. Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk memperhatikan kesejahteraan anak-anak. Sewaktu itu terjadi kemajuan yang signifikan dalam taraf hidup warga Inggris. Sekarang banyak dibutuhkan tenaga kerja sosial untuk menjaga agar kesejahteraan rakyat selalu terjamin.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Bagi yang ingin menekuni jurusan ini harus mempunyai kepribadian yang senang berinteraksi dengna orang-orang, dan juga mempunyai rasa peduli dan empati yang tinggi. Penting juga bagi para calon mahasiswa untuk mempunyai minat di bidang sosiologi, hukum dan sejarah. Ini dikarenakan penting bagi para pekerja sosial untuk mengerti struktur hukum yang berlaku dalam sistem pelayanan sosial di Inggris. untuk menyelesaikan jurusan ini, para mahasiswa akan dinilai melalui laporan dan essai tertulis.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan mencari pekerjaan sebagai pekerja sosial, berurusan dengan kesejahteraan anak-anak, kesejahteraan mental dan anak-anak terlantar. Gaji awal rata-rata di Inggris untuk pekerja sosial adalah £24,630 per tahun.

Banyak juga yang melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi untuk menjadi konsultan di National Health Service. Ada juga yang mengambil GDL (Graduate Diploma in Law) untuk mengejar karir di hukum kekeluargaan.

Keahlian berinteraksi yang dipelajari semasa kuliah memungkinkan para lulusan Jurusan Pekerjaan Sosial untuk bekerja di bidang ritel, pariwisata dan rekreasi dan sektor lain yang mengandalkan pelayanan pelanggan yang bagus demi kelancara usaha.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara untuk mata pelajaran seperti sejarah, hukum atau psikologi. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun atau lebih tergantung Apakah Anda ingin mengambil penempatan kerja.

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Untuk nilai minimal yang diwajibkan tergantung dari masing-masing universitas. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 1 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Pekerjaan Sosial mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Apakah Anda ingin belajar tentang perlindungan anak ataupun menjaga kesejahteraan kaum disabilitas atau pun bidang lain. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri dan organisasi-organisasi terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Pekerjaan Sosial apa saja yang tersedia di sana?

1

Kebijakan / Administrasi Sosial

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
2

Pengasuhan Anak Oleh Orang Tua Sendiri

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Keterampilan Merawat

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Orang-Orang Dengan Gangguan Kesehatan Jiwa: Pekerjaan Sosial

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Pekerjaan Sosial

1
210
Inggris
DILIHAT 3,963 KALI Lihat 189 program
2
9
Australia
DILIHAT 2,240 KALI Lihat 83 program
3
211
Amerika Serikat
DILIHAT 951 KALI Lihat 576 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 808 KALI Lihat 9 program
5
131
Belanda
DILIHAT 644 KALI Lihat 4 program
6
32
Kanada
DILIHAT 510 KALI Lihat 74 program
7
134
Selandia Baru
DILIHAT 480 KALI Lihat 24 program
8
168
Singapura
DILIHAT 258 KALI Lihat 3 program
9
173
Korea Selatan
DILIHAT 252 KALI Lihat 1 program
10
93
Jepang
DILIHAT 250 KALI Lihat 2 program