Jurusan Pendidikan Khusus di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Special Education

Pendidikan khusus adalah penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa. Pendidikan khusus ini mengharuskan tenaga pengajar untuk mengatur dan merencanakan prosedur pendidikan termasuk media yang akan digunakan sesuai dengan keperluan peserta didik. Di Inggris, Pendidikan Khusus cukup diperhatikan dan cukup banyak kalangan yang memerlukan jasa ini. Oleh karena itu permintaan akan tenaga pengajar yang bisa menangani program pendidikan khusus semakin meningkat dari hari ke hari.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda senang mengajar? Apakah Anda senang berhadapan dengan murid-murid? Mungkin Anda merasa tertantang untuk mendidik murid-murid dengan kelainan maupun dengan keterampilan spesial? Jika demikian, bidang ini mungkin cocok untuk Anda.

Untuk menekuni jurusan ini, dibutuhkan kreativitas dan inisiatif dari tenaga pendidik. Ini dikarenakan peserta didik di bidang pendidikan khusus berbeda dengan peserta didik di pendidikan umum. Tenaga pendidik harus senantiasa bisa mengerti kebutuhan dan karakter dari peserta didik mereka agar bisa menyampaikan pelajaran dengan baik. Untuk itu dibutuhkan kesabaran, empati dan daya analisa yang tinggi. Jadi, selain harus menguasai materi pelajaran dengan baik, para tenaga pendidik juga harus bisa berinteraksi dengan peserta didik dengan baik.

Di jurusan ini, para mahasiswa akan mengambil penempatan kerja di bidang pendidikan khusus. Dimana para mahasiswa akan mempraktekkan teknik mengajar mereka terhadap peserta didik (baik anak-anak maupun dewasa) dengan kebutuhan khusus. Disini para mahasiswa akan diawasi dan menerima masukan serta pengarahan dari tenaga pendidik yang lebih profesional.

PROSPEK KERJA

Sebagian besar para lulusan Jurusan Pendidikan Khusus bekerja sebagai guru dalam lembaga pendidikan khusus atau pun sebagai pekerja dukungan pendidikan khusus bagi mereka dengan kebutuhan pendidikan khusus dalam sekolah umum. Rata-rata gaji awal untuk seorang guru di Inggris adalah £ 21.588 per tahun , tetapi mereka yang mengkhususkan diri dalam pendidikan khusus berhak untuk mendapatkan tunjangan tambahan sebesar £ 2001.

Selain menjadi pengajar, para lulusan juga bisa bekerja sebagai aktivis, mempromosikan pengembangan karakter, pendidikan dan kehidupan sosial bagi kaum muda. Banyak juga yang bekerja sebagai pembina bagi kaum muda dengan kesulitan mental maupun keterbelakangan dalam pendidikan.

Sektor Pelayanan Sosial juga banyak membutuhkan tenaga ahli dengan kualifikasi dalam bidang pendidikan khusus, untuk bekerja sama dengan keluarga-keluarga yang memerlukan layanan jasa pendidikan khusus.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara untuk mata pelajaran seperti Inggris atau psikologi. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun atau lebih tergantung Apakah Anda lama penempatan kerja yang Anda ambil.

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Akan lebih baik lagi bila Anda mempunyai pengalaman kerja dengan peserta didik dengan kebutuhan khusus. Lama perkuliahan berlangsung sekitar 1 tahun.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai 6.0-6.5.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Pendidikan Khusus mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan lembaga-lembaga pendidikan dan organisasi-organisasi terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Pendidikan Khusus apa saja yang tersedia di sana?

1

Pendidikan Tertentu (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Isu-Isu Perihal Pembelajaran Pendidikan Tertentu

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Pendidikan Khusus

1
210
Inggris
DILIHAT 719 KALI Lihat 42 program
2
9
Australia
DILIHAT 716 KALI Lihat 12 program
3
211
Amerika Serikat
DILIHAT 398 KALI Lihat 421 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 376 KALI Lihat 6 program
5
173
Korea Selatan
DILIHAT 217 KALI Lihat 1 program
6
93
Jepang
DILIHAT 84 KALI Lihat 1 program
7
32
Kanada
DILIHAT 73 KALI Lihat 6 program
8
140
Norwegia
DILIHAT 51 KALI Lihat 1 program
9
168
Singapura
DILIHAT 43 KALI Lihat 3 program
10
84
Hongkong
DILIHAT 22 KALI Lihat 1 program