Jurusan Teknik Struktur Bangunan di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Structural Engineering

Teknik Struktur Bangunan adalah bidang teknik yang berhubungan dengan analisa desain struktur bangunan, menilai suatu kekokohan dan kemampuan bangunan untuk memuat beban. Jurusan ini merupakan cabang dari Teknik Sipil.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jurusan ini diperuntukkan bagi individu yang menyenangi desain dan konstruksi. Jika Anda berminat untuk mengambil jurusan ini sebaiknya Anda mempunyai dasar di bidang matematika dan fisika, karena kedua bidang itu merupakan landasan bagi teknik struktur bangunan. Jurusan ini juga memerlukan kreativitas tinggi dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara logis. Perkuliahan jurusan ini melibatkan banyak kegiatan praktek. Anda akan sering mengerjakan berbagai proyek, baik secara individual maupun kelompok. Tentu saja kehadiran di kelas kuliah dan hasil ujian tertulis juga akan dinilai. Untuk meraih prestasi yang bagus, para mahasiswa Jurusan Teknik Struktur Bangunan harus teliti, ulet, dan bisa bekerja keras.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan memilih untuk bekerja sebagai Insinyur struktur, mendesain struktur yang kokoh dan bisa menampung beban berat. Gaji awal rata-rata untuk profesi ini adalah sekitar £23,000 - £32,000 di Inggris.

Di luar industri pembangunan, para lulusan juga bisa mengambil kualifikasi PGCE untuk menjadi seorang guru dan GDL untuk berkarir di bidang hukum. Selain itu, keahlian di bidang menghitung dan bekerja sama dalam tim juga memungkinkan para lulusan bekerja di bidang finansial, perbankan dan penjualan.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara untuk mata pelajaran seperti matematika dan sains. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Tetapi jika Anda mengambil penempatan kerja, kuliah bisa berlangsung sekitar 4 tahun.

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Akan lebih bagus lagi bila Anda mempunyai pengalaman kerja di bidang terkait.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimum 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Jurusan Teknik Struktur Bangunan mencakup bidang yang sangat luas, modul-modul pilihan yang ditawarkan tiap universitas bisa berbeda-beda. Jadi sebaiknya Anda memilih universitas yang menawarkan modul pilihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda tekuni. Kemudian, carilah universitas yang mempunyai jaringan kuat dengan industri-industri terkait. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pengalaman kerja di saat kuliah serta lebih menjamin masa depan karir Anda setelah tamat nanti.

Setelah itu pastikanlah nilai Anda memenuhi syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Disamping itu Anda juga harus mempertimbangkan biaya kuliah plus biaya hidup. Jika keuangan Anda terbatas, Anda bisa mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga penting. Kuliah tidak hanya selalu berfokus kepada pencapaian di bidang akademis. Kehidupan sosial Anda juga harus diperhatikan. Pilihlah lokasi dengan karakteristik kehidupan yang sesuai dengan Anda. Baik itu adalah tempat yang ramai di tengah kota, atau daerah yang lebih tenang di pedalaman. Yang penting, pilihlah tempat dimana Anda bisa berkembang secara baik di bidang akademis maupun sosial.

Program Teknik Struktur Bangunan apa saja yang tersedia di sana?

1

Rekayasa Arsitektur

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Desain Struktur (Konstruksi)

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana / Pascasarjana
3

Rekayasa Bahan Struktur

TINGKAT PENDIDIKAN Pascasarjana
4

Rekayasa Fondasi

TINGKAT PENDIDIKAN Sarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Teknik Struktur Bangunan

1
210
Inggris
DILIHAT 652 KALI Lihat 43 program
2
9
Australia
DILIHAT 286 KALI Lihat 16 program
3
173
Korea Selatan
DILIHAT 197 KALI Lihat 1 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 188 KALI Lihat 7 program
5
69
Jerman
DILIHAT 188 KALI Lihat 2 program
6
93
Jepang
DILIHAT 115 KALI Lihat 1 program
7
211
Amerika Serikat
DILIHAT 53 KALI Lihat 95 program
8
39
Cina
DILIHAT 45 KALI Lihat 8 program
9
48
Denmark
DILIHAT 45 KALI Lihat 3 program
10
154
Republik Irlandia
DILIHAT 29 KALI Lihat 6 program