Jurusan Survei di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Surveying

Survei berarti menentukan ukuran antara dua permukaan ataupun tanah yang berlainan. Pelaku survei disebut Surveyor. Mereka berperan cukup penting dalam pengembangan dan pemeliharaan tanah. Belakangan ini surveyor diperlukan di sejumlah proyek pembangunan seperti perencanaan kota ataupun pemeliharaan tempat bersejarah.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Jika Anda tertarik dengan geologi dan struktur tanah serta ingin mengejar karir di bidang konstruksi, Anda mungkin akan tertarik dengan jurusan ini.

Untuk menekuni jurusan ini, Anda harus mempunyai dasar yang kuat di bidang matematika, geologi dan sains. Para mahasiswa akan diwajibkan untuk mengumpulkan tugas-tugas tertulis dan juga melakukan penelitian di luar jam kuliah.

PROSPEK KERJA

Mayoritas lulusan dari Jurusan Survei bekerja sebagai Surveyor dengan gaji awal rata-rata £18,000 - £26,000 per tahun. Para surveyor memberikan layanan konsultasi dalam pengembangan properti dan konstruksi, dan juga membantu mendesain dan memelihara struktur beserta bangunan.

Seorang Surveyor Kuantitas bertanggung jawab atas perhitungan biaya konstruksi beserta memastikan seluruh proses konstruksi tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Gaji awal rata-rata untuk profesi ini adalah £19,000 di Inggris.

Di luar profesi sebagai surveyor, banyak para lulusan yang bekerja untuk organisasi-organisasi lingkungan. Ada juga yang mengambil program pasca sarjana untuk mendapatkan kualifikasi NCTJ (National Council for the Training of Journalist) untuk bekerja sebagai jurnalis, atau pun mengambil kualifikasi GDL (Graduate Diploma in Law) untuk bekerja di bidang hukum.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun. Tetapi jika Anda mengambil penempatan kerja, kuliah bisa berlangsung sekitar 4 tahun atau lebih. Anda akan diwajibkan untuk menyelesaikan 2 penempatan kerja untuk menamatkan kuliah.

Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Akan lebih bagus lagi bila Anda mempunyai pengalaman kerja di bidang terkait.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimum 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri-industri konstruksi. Jangan lupa, jurusan ini mewajibkan praktek kerja. Selain nilai akademik, partisipasi Anda di dunia kerja yang sesungguhnya akan mencerminkan seberapa Anda menguasai dan mendalami bidang yang Anda tekuni. Karena itu, pilihlah universitas yang banyak menjalin kerja sama yang erat dengan perusahaan-perusahaan lokal, ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja praktek. Dan tentu saja akan memudahkan Anda untuk mencari kerja di saat lulus kuliah nanti. Karena perusahaan-perusahaan tersebut tentunya akan memprioritaskan menerima lulusan dari universitas yang bersangkutan sebagai karyawan mereka. Apalagi jika sebelumnya Anda telah pernah magang di perusahaan tersebut di saat kuliah.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Survei apa saja yang tersedia di sana?

1

Agen Penjualan Properti

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Quantity Surveying – Ilmu Untuk Menghitung Biaya Konstruksi

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Survei Struktur

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Survei: Praktik Umum

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Survei

1
114
Malaysia
DILIHAT 626 KALI Lihat 18 program
2
9
Australia
DILIHAT 330 KALI Lihat 14 program
3
210
Inggris
DILIHAT 207 KALI Lihat 43 program
4
134
Selandia Baru
DILIHAT 85 KALI Lihat 10 program
5
84
Hongkong
DILIHAT 27 KALI Lihat 2 program
6
168
Singapura
DILIHAT 26 KALI Lihat 2 program
7
174
Spanyol
DILIHAT 20 KALI Lihat 3 program
8
131
Belanda
DILIHAT 12 KALI Lihat 1 program
9
154
Republik Irlandia
DILIHAT 8 KALI Lihat 10 program
10
53
Mesir
DILIHAT 7 KALI Lihat 1 program