Jurusan Seni Teater dan Drama di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Theatre and Dramatic Arts

Pertunjukan teater dan drama adalah media untuk mengekspresikan seni para artis. Istilah 'Seni Pertunjukan' pertama kali digunakan di tahun 1711, dimana seni ini mencakupi beragam pertunjukan dari tarian, musik, mimik hingga akting.

Pertunjukan menjadi populer untuk pertama kalinya di abad ke-6 SM, disaat Bangsa Yunani Kuno menggabungkan tarian dan musik untuk mempertunjukkan sajak. Tradisi ini kembali dihidupkan oleh Elizabethan Masque di abad ke-15 AD seiring dengan terkenalnya pertunjukan drama dan teater yang memainkan berbagai skenario terkenal seperti William Shakespeare.

Seiring dengan perkembangan media, berbagai inovasi dalam pertunjukan teater dan drama semakin berhasil mengekspresikan seni yang ingin disampaikan oleh para artis.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda adalah seorang yang kreatif yang menyenangi akting dan pertunjukan? Apakah Anda bisa mengekspresikan perasaan Anda dengan menggunakan gerakan? Apakah Anda adalah seorang yang punya percaya diri dan senang tampil di depan umum? Jika demikian, mungkin Anda cocok dengan jurusan ini.

Selain menyenangi akting dan pertunjukan, Anda juga perlu mempunyai minat di bidang sejarah dan kebudayaan. Karena perkembangan dunia teater dan drama tidak bisa terlepas dari pengaruh sejarah dan sosial. Sering kali sajak ataupun skenario ditulis dari kejadian yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu untuk memahami suatu akting dengan baik, Anda perlu mengetahui latar belakang sejarah dan sosialnya.

PROSPEK KERJA

Banyak yang mengambil jurusan ini dengan tujuan untuk menjadi aktor atau aktris. Walaupun persyaratannya tidak gampang, tetapi begitu bisa diterima untuk tampil, bayarannya sangat tinggi, apalagi jika bisa tampil di acara reguler, perfilman dan acara TV.

Selain di atas panggung, para lulusan Jurusan Teater dan Drama juga bisa bekerja sebagai pelatih di industri akting. Mereka bisa mengajar di akademi drama atau pun di sekolah akting. Selain itu teater-teater terkenal juga membutuhkan PR dan staf marketing yang mempunyai ilmu pengetahuan tentang teater dan drama untuk mempromosikan pertunjukan mereka.

PROSES PERKULIAHAN

Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat 2:1. Penyeleksian masuk untuk semua program dilakukan dengan cara audisi. Oleh karena itu, jurusan ini hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mempunyai bakat dalam teater dan drama. Program Sarjana akan berlangsung sekitar 3 tahun atau lebih tergantung penempatan kerja yang Anda ambil. Di program ini akan diajarkan berbagai teknik akting dan pertunjukan. Untuk Program Pascasarjana bisa berlangsung antara 1 hingga 4 tahun tergantung modul yang Anda pilih.

Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimum 6.0.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah syarat masuk yang diajukan oleh universitas. Periksalah apakah Anda telah memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain itu periksalah apakah universitas pilihan Anda mempunyai hubungan kerja sama dengan industri teater dan drama. Selain itu, prestise universitas juga penting. Carilah universitas dengan reputasi yang bagus di dunia akting. Anda juga perlu mempelajari star pengajar dari universitas tersebut, terutama jika Anda ingin menjadi artis atau aktor. Ini dikarenakan saingan di dunia panggung sangat ketat. Jika Anda lulus dari universitas terkenal, kesempatan Anda untuk diterima sebagai aktor atau aktris akan lebih besar.

Jurusan Teater dan Drama mencakup bidang pelajaran yang sangat luas. Modul-modul yang ditawarkan sangat banyak. Sebelum menentukan universitas pilihan, Anda harus bertanya kepada diri sendiri, bidang manakah yang ingin Anda tekuni. Setelah itu periksalah universitas mana saja yang menawarkan modul-modul yang sesuai dengan minat Anda.

Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda. Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.

Program Seni Teater dan Drama apa saja yang tersedia di sana?

1

Seni Teater & Drama

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Seni Panggung (Umum)

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Studi Drama

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Akting

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Seni Teater dan Drama

1
210
Inggris
DILIHAT 1,391 KALI Lihat 169 program
2
114
Malaysia
DILIHAT 1,140 KALI Lihat 12 program
3
9
Australia
DILIHAT 1,091 KALI Lihat 41 program
4
168
Singapura
DILIHAT 915 KALI Lihat 9 program
5
211
Amerika Serikat
DILIHAT 560 KALI Lihat 576 program
6
69
Jerman
DILIHAT 367 KALI Lihat 2 program
7
131
Belanda
DILIHAT 319 KALI Lihat 9 program
8
134
Selandia Baru
DILIHAT 277 KALI Lihat 15 program
9
32
Kanada
DILIHAT 208 KALI Lihat 55 program
10
159
Rusia
DILIHAT 50 KALI Lihat 1 program