Jurusan Perjalanan dan Pariwisata di luar negeri

TENTANG JURUSAN INI

  • TENTANG JURUSAN INI
  • APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
  • PROSPEK KERJA
  • PROSES PERKULIAHAN
  • MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Travel and Tourism

Dimaksudkan sebagai perjalanan untuk tujuan rekreasi, industri pariwisata menghasilkan pendapatan yang tinggi, dan memberi sumbangsih sebesar 30% dari industri jasa di dunia. Terdapat berbagai kesempatan karir tesedia pada industri pariwisata, mulai dari pekerjaan tingkat awal customer sevice hingga dengan posisi manajemen senior, luasnya cakupan pekerjaan yang tersedia seluas kebutuhan masyarakat akan hiburan dan relaksasi.

APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?

Apakah Anda memiliki hasrat pada industri travel? Apakah Anda senang bekerja sama dengan orang lain? Apakah Anda senang bekerja dalam lingkungan yang dinamis? Jika demikian, maka pariwisata merupakan jurusan yang tepat untuk Anda.

Agar perkuliahan berjalan lancar, mahasiswa diharapkan memiliki ketertarikan pada kebudayaan lainnya selain ketertarikan pada bisnis. Mahasiswa akan mempelajari susunan dan kewajiban hukum dari industri pariwisata secara keseluruhan, beserta tehnik manajemen.

Mayoritas perkuliahan juga mencakup mata kuliah yang berbasis kerja. Untuk menyelesaikan perkuliahan, mahasiswa juga harus giat, antusias, dan memiliki motivasi diri demi mencapai nilai yang baik.

PROSPEK KERJA

Tersedia beragam pekerjaan dalam industri pariwisata. Mulai dari petugas pariwisata dan agen perjalanan, sampai dengan pekerjaan dimana para lulusan dapat melakukan perjalanan sendiri, seperti penulis resensi wisata dan sebagai perwakilan liburan, dimana karyawan ditugaskan untuk mencari dan mengatur kegiatan wisatawan sebagai bagian dari paket liburan.

Selain itu, terdapat pekerjaan lainnya dimana pengetahuan mendalam mengenai industri pariwisata sangat dibutuhkan. Banyak hotel yang mempekerjakan lulusan jurusan pariwisata pada bagian pemasaran, mengatur operasional sehari-hari sebuah hotel, ataupun menyediakan pelayanan jasa pelanggan dengan baik. Lulusan jurusan pariwisata lainnya bekerja pada perusahaan jasa event organiser, dimana bertanggung jawab dalam mengadakan suatu acara peluncuran dan konferensi.

Bagi lulusan yang berpengalaman di bidang pariwisata dapat dipertimbangkan untuk menjabat di bagian kantor perusahaan internasional, sebagai PA bagi anggota senior, menyusun isi rencana wisata, dan mengatur acara perjalanan.

PROSES PERKULIAHAN

Lama waktu dan isi dari perkuliahan sangat bergantung pada universitas pilihan Anda, juga tingkat yang Anda masuki. Sebagian besar program sarjana membutuhkan waktu minimal 3 tahun, namun sebagian perkuliahan dengan fokus spesialisasi yang lebih menjurus dapat membutuhkan waktu hingga 4 tahun. Untuk mengikuti program ini, Anda diharapkan memiliki 3 nilai nilai A atau setara pada mata pelajaran yang berkaitan.

Tentu saja terdapat beberapa pilihan kuliah untuk program pascasarjana yang tersedia bagi mahasiswa yang memiliki nilai memuaskan pada mata kuliah yang serupa.

Perkuliahan ini berkurun waktu 1-3 tahun, dengan isi perkuliahan yang lebih spesifik.

Mahasiswa yang ingin mengambil jurusan pariwisata pada program manapun, namun berbahasa ibu selain bahasa Inggris, harus mengikuti ujian IELTS sebelum memulai perkuliahan dengan tujuan membuktikan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris.

Selain mengikuti perkuliahan dan mengumpulkan tugas-tugas tertulis, mahasiswa juga diharapkan mengambil program penempatan kerja di industri yang berkaitan, yang merupakan salah satu penilaian dalam perkuliahan. Hal ini membuat kesempatan kerja mahasiswa lebih terbuka lebar setelah lulus, dan memberi mereka jalur atau koneksi yang bermanfaat dalam industri.

MENENTUKAN TEMPAT KULIAH

Tentu saja penting bagi Anda dalam memilih tempat yang Anda senangi untuk berkuliah, apalagi jika Anda jauh dari rumah/keluarga. Anda harus memaksimalkan waktu Anda sebagai mahasiswa, terlebih mengingat perkuliahan Anda menghabiskan jumlah uang yang banyak. Apakah Anda adalah seorang individu aktif secara sosial yang menyukai kota besar? Mana yang lebih Anda sukai, berkuliah di universitas besar atau yang lebih kecil? Anda juga harus memastikan bahwa biaya hidup di wilayah tersebut sudah sesuai dengan keuangan Anda, selain biaya kuliah.

Jika Anda mengalami masalah keuangan, terdapat banyak pilihan beasiswa tersedia untuk membantu biaya kuliah Anda.

Sebagian besar universitas memiliki persyaratan khusus bagi calon mahasiswa. Untuk program sarjana diharapkan memiliki nilai A-levels pada mata pelajaran tertentu, atau gelar sarjana dengan predikat 2:1 untuk mendaftar ke program pascasarjana. Sebelum Anda memutuskan jurusan yang diinginkan, pastikan dahulu Anda dapat memenuhi segala persyaratannya, hubungi pihak universitas jika pada kondisi tertentu mereka dapat memberlakukan pengecualian.

Saat Anda mendaftar pada jurusan pariwisata, penting bagi Anda untuk tidak hanya memeriksa pilihan mata kuliah yang tersedia, namun juga untuk pengalaman praktek yang disediakan universitas selama kuliah. Apakah ada pilihan untuk penempatan dalam jabatan kerja selama kuliah? Kebanyakan universitas menjaga hubungan baik dengan rumah sakit pendidik dan tempat praktek pribadi yang tidak hanya memberikan mahasiswa pengalaman praktek yang dalam, namun juga kesempatan karir yang beragam.

Jika Anda ingin meningkatkan daya tarik CV Anda, maka pastikan Anda berkuliah di kota atau minimal dekat dengan kota yang berkembang industri pariwisatanya, seperti London, Edinburgh, atau Dublin.

Program Perjalanan dan Pariwisata apa saja yang tersedia di sana?

1

Manajemen Pariwisata

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
2

Pariwisata

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
3

Perjalanan

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana
4

Pengembangan / Promosi Pariwisata

TINGKAT PENDIDIKAN Kejuruan / Sarjana / Pascasarjana

10 Negara tujuan kuliah untuk jurusan Perjalanan dan Pariwisata

1
9
Australia
DILIHAT 4,165 KALI Lihat 63 program
2
210
Inggris
DILIHAT 4,060 KALI Lihat 114 program
3
168
Singapura
DILIHAT 2,464 KALI Lihat 22 program
4
114
Malaysia
DILIHAT 2,103 KALI Lihat 40 program
5
134
Selandia Baru
DILIHAT 1,109 KALI Lihat 26 program
6
211
Amerika Serikat
DILIHAT 952 KALI Lihat 210 program
7
32
Kanada
DILIHAT 737 KALI Lihat 39 program
8
131
Belanda
DILIHAT 677 KALI Lihat 11 program
9
84
Hongkong
DILIHAT 170 KALI Lihat 6 program
10
39
Cina
DILIHAT 115 KALI Lihat 3 program