Informasi penting
Study abroad: Keuangan

8 UNIVERSITAS DI JERMAN INI MENAWARKAN BANTUAN KEUANGAN

61842

Untuk diterima di universitas luar negeri saja sudah menjadi pertempuran yang luar biasa untuk sebagian besar mahasiswa Indonesia – apalagi memikirkan bagaimana nantinya membiayai pendidikan mereka di luar negeri, yang jauh lebih besar dari biaya hidup di Indonesia sendiri. Bagi pelajar yang beruntung, orangtua mereka bisa membiayai, atau mereka menerima beasiswa penuh sebelum diterima di universitas.

 

 

Hotcourses Indonesia telah mengumpulkan informasi lengkap universitas yang menawarkan beasiswa ke dalam bentuk brosur yang bisa kamu download sebanyak mungkin dan kapan saja di bawah ini...

 

 

Selain kerja paruh waktu, apakah ada cara lain untuk membiayai pendidikan sekaligus biaya hidup di luar negeri?

 

Cara yang tidak sering diambil oleh mahasiswa Indonesia adalah dengan Student Loan, karena ketakutan nanti, kalau tidak bisa mengembalikan pinjaman tersebut tepat waktu. Pilihan ini popular di kalangan mahasiswa asing lainnya (dari Afrika, Timur Tengah atau dari Amerika Selatan). Pemerintah Jerman sangat mendukung pendidikan, bahkan untuk mahasiswa internasional. Selain beasiswa dan pinjaman dari pemerintah negara tersebut dan pinjaman dari bank swasta, banyak universitas swasta di Jerman yang menawarkan pinjaman yang ‘ringan’, atau bisa dibilang ‘Debt without Guilt’.

 

Dikatakan ringan karena tempo pengembaliannya panjang, bunga sangat rendah, dan kalian diizinkan untuk tetap tinggal di Jerman dan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Bahkan saat kuliah pun, kalian bisa bekerja paruh waktu, yang pendapatannya sangat bisa membantu untuk biaya hidup kalian sehari-hari. Kalau kalian tertarik, berikut ini adalah beberapa contoh universitas yang menawarkan financial aid (bantuan pinjaman uang).

 

1. Jacobs University of Bremen

 

 

Jacobs University of Bremen merupakan universitas swasta nirlaba yang membiayai biaya operasionalnya melalui sponsor keluarga pemilik perusahaan kopi Jacobs dan biaya kuliah dari mahasiswanya. Universitas ini menawarkan berbagai bantuan internal universitas, seperti Grant (Tunjangan), Beasiswa, dan Tuition Postponement (Penundaan Biaya Kuliah).

 

Namun perlu diingat, hal yang terpenting dari proses bantuan keuangan yang harus kamu lakukan adalah MENDAFTAR dan DITERIMA, Karena kalian tidak bisa meminta bantuan keuangan ini tanpa mendapatkan Admission Letter dari pihak universitas. Paket bantuan keuangan Jacobs University of Bremen berbeda antar mahasiswa, karena besarnya bantuan keuangan yang diberikan tergantung dengan berapa banyak pendapatan keluarga kalian.

 

Bantuan ini berjumlah terbatas, Jacobs University sangat menganjurkan mahasiswa melamar bantuan keuangan setelah mendapat kabar bahwa mereka diterima di universitas tersebut. Untuk informasi tentang bantuan keuangan ini dan cara mendaftarnya, kalian bisa klik di sini.

 

2. Heidelberg University

 

 

Heidelberg University adalah salah satu universitas tertua di Jerman, yang menduduki peringkat ke 38 di Times Higher Education World Reputation 2015. Universitas ini sangat berorientas di penelitian, jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin mengambil master research atau PhD di sini.

 

Universitas ini memberikan kesempatan bantuan keuangan dan beasiswa internal yang sangat spesifik. Walaupun pilihannya cukup bervariasi, kalian harus membaca secara rinci untuk bisa mendaftar bantuan keuangan tersebut. Beberapa bantuan yang ditawarkan termasuk "Deutschlandstipendium", untuk pilihan bantuan keuangannya, kalian bisa mengunjungi situs resmi Universitaet Heidelberg di sini.

 

3. University of Regensburg

 

 

University of Regensburg didirikan tahun 1962, dan terletak di kampus moderen di bagian selatan kota bersejarah di abad pertengahan. Universitas ini menawarkan kondisi perkuliahan yang sangat bagus dengan layanan mentor dan bantuan untuk mahasiswa internasional khususnya. University of Regensburg menduduki peringkat 1 untuk kategori kualitas hidup rata-rata.

 

Selain itu universitas ini terpilih sebagai tempat tinggal terbaik di Eropa untuk mahasiswa internasional! Secara keseluruhan, universitas ini menempati 10 terbaik di Jerman, dan untuk kualitas pendidikan, menempati peringkat ke 2 terbaik di Jerman. Universitas ini menawarkan Student Grand for international students in financial need. Untuk cara mendaftar, infonya ada di sini.  

 

4. Technische Universitaet Muenchen (TUM)

 

 

TUM adalah salah satu universitas terbaik di Eropa, dan berorientasi terhadap penelitian dan pengajaran yang melahirkan banyak ilmuwan. Universitas ini memiliki banyak koneksi dengan perusahaan besar dan institusi sains dan ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Universitas ini adalah universitas pertama di Jerman yang menerima gelar University of Excellence.

 

Universitas ini menawarkan alternatif bantuan keuangan yaitu:

  • Pinjaman KFW (Kreditanstalt fuer Wiederaufbau) untuk mahasiswa yang baru masuk
  • Pinjaman Edukasi (Educational Loan) untuk mahasiswa tengah semester
  • Pinjaman Semester Akhir (Final Semester Loan)
  • Pinjaman dari bank (Loan from Private Bank)

Pinjaman dari universitas ini sangat sederhana dengan bunga yang sangat rendah. Selain itu juga fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan si peminjam. Begitu juga pengembaliannya.

Informasi selengkapnya bisa di lihat di sini.

 

5. University of Mannheim

 

 

University of Mannheim adalah salah satu universitas terkemuka di Jerman. Hal ini dibuktikan dari penghargaan yang diterima, yaitu the National Excellence Initiative yang akhirnya fakultas Ekonomi dan Sains Pascasarjana mendapat sponsor. Selain itu, universitas ini menduduki peringkat tinggi, dan mendapatkan berbagai penghargaan karena kualitas penelitian dan pengajarannya.

 

Bukan hanya itu, kampus university of Mannheim juga termasuk salah satu yang paling di Jerman. Terletak di kerajaan Mannheim, ruang-ruang perkuliahan  dekat dengan pusat kota, dan juga sungai Rhine yang begitu indah, dekat dengan kastil.

Beberapa bantuan keuangan yang bisa didaftar di universitas ini adalah:

  • Vodafone Chancen Stipendium

Bantuan ini untuk program sarjana, khususnya untuk mahasiswa yang baru masuk tahun pertama. Tunjangan yang diterima oleh mahasiswa adalah 1000 Euro/bulan.

  • The Graduation Scholarship (Studienabschlussstipendium)

Beasiswa ini adalah untuk mahasiswa tahun terakhir, untuk membantu mereka menyelesaikan thesis (skripsi) dan ujian akhir. Jadi, mahasiswa bisa fokus terhadap penyelesaian studi tanpa khawatir bagaimana membiayai hidup.

Untuk info beasiswa dan bantuan keuangan lainnya dari universitas ini, kalian bisa cari di sini.

 

6. Kiel University (CAU)

 

 

Jumlah mahasiswa yang kuliah di Kiel university ada sekitar 20,000. Dan jurusan-jurusan yang ditawarkan juga sangat banyak, termasuk ekonomi, ilmu pengetahuan (sains), pertanian, teknik, dan pendidikan.

 

Universitas ini menawarkan program khusus bantuan mahasiswa dari luar uni Eropa, berikut ini beberapa jenis bantuan keuangannya:

  • Interim Financial Aid (Ueberbrueckungsbeihilfe)

Universitas ini diperuntukkan mahasiswa dari luar negara-negara Uni Eropa.

  • University Endowments

Bantuan ini untuk mahasiswa internasional yang jumlahnya terbatas, jadi untuk mendapatkannya, mahasiswa harus mendaftar secepat mungkin.

  • Student Parishes and Organizatuions

Paket bantuan keuangan ini mirip dengan interim financial aid, bedanya bantuan ini diberikan oleh paroki Protestan dan Katolik.

Untuk rincian bantuan keuangan lainnya, silahkan lihat di sini.

 

7. Rurh Universitaet Bochum (RUB)

 

 

 

Rurh Universitaet Bochum telah menjadi universitas terdepan di antara universitas-universitas abad 21 di Eropa lainnya. Hampir semua jurusan ditawarkan di program S1 dan S2, yang juga berfokus terhadap penelitian. Penelitian-penilitian di bidang ilmu hayati, ilmu alam, teknik, dan humaniora & ilmu social telah membuat nama universitas ini semakin melambung.

 

Untuk bantuan keuangan, The Ruhr University Bochum memiliki yayasan sendiri untuk membantu para mahasiswanya. Yayasan ini bernama Bildungsfonds der RUB. Untuk melihat cara mendaftar, kalian bisa baca selengkapnya di sini.

 

8. University of Freiburg

 

 

Banyak para filsuf terkenal, peneliti terkemuka dan pemenang hadiah Nobel mengajar dan melakukan penelitian di University of Freiburg. Kesuksesan university of Freiburg baru-baru ini di Excellence competitions, tahun 2007,  telah membuktikan bahwa universitas ini telah membuktikan universitas ini sebagai salah satu universitas terkemuka abad 21.

 

Lebih dari 21,000 mahasiswa dari lebih dari 100 negara diterima di 160 program, di dalam 11 fakultas. Universitas ini juga memiliki lebih dari 5000 profesor dan dosen yang mendedikasikan diri mereka untuk menjadikan pengalaman belajar mahasiswa di universitas ini luar biasa.

 

Universitas ini secara langsung menawarkan bantuan keuangan untuk  mahasiswa internasional. Karena bantuan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, yang ingin mendapatkannya harus mendaftar segera di departemen bantuan keuangan University of Freiburg.

 

OPSI KULIAH KE LUAR NEGERI SELAIN JERMAN?

Berikut ini adalah E-book gratis dari Hotcourses yang akan memberikan Anda semua informasi penting yang perlu diketahui (misalnya: budaya, pendaftaran universitas, visa pelajar, dan lain-lain). Anda dapat mengunduh langsung dengan meng-klik setiap gambar di bawah ini:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.