Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH DESAIN GRAFIS DAN PROSPEK KARIRNYA

60862

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS?

Apa Anda memiliki iklan favorit? Sebuah papan reklame yang mencuri perhatian? Atau logo yang kreatif? Di jaman sekarang, kita secara rutin menjumpai beragam jenis cara pemasaran dan terkadang pekerjaan tersebut berkaitan dengan desain grafis yang kreatif. Sebuah profesi yang berkembang di tahun 1950 anda 60-an, tetapi tidak pernah berhenti berevolusi sampai sekarang. 

 

 

 

SEPERTI APA PEKERJAAN SEORANG DESAINER GRAFIS?

Seorang desainer grafis menggunakan software desain (seperti: Adobe Photoshop) dan dengan element seperti foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan lainnya untuk menyampaikan pesan atau arti di beragam media, seperti iklan cetak, brosur, kemasan produk, poster, mejalaha dan koran, desain buku dan banyak lagi. Mereka adalah komunikator yang bagik, artis kreatif yang akan mengekpresikan melalui teknologi. Jika Anda saat ini tertarik menjadi artis, mungkin salah satu dari pilihan karir di desain grafis ini akan menjadi pintu gerbang kesuksesan Anda: 

 

LOWONGAN KERJA DESAINER GRAFIS

1.  Desainer Grafis – Ahli dalam menggunakan grafis/gambar/apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya. Mereka adalah orang-orang yang kreatif yang mengerti estetika sebagai halnya mengkomunikasikan pesan melalui desain grafis.

2. Desainer Tata Letak – Pemikir kreatif dibalik penempatan sebuah gambar (seperti: komposisi) memutuskan pilihan warna/font. 

3.  Desainer Flash – Mereka adalah ahli di bidang Flash (salah satu program desain web) dan kreatif menggunakan efek visual untuk mempercantik sebuah website. Tanpa mereka, internet akanlah menjadi tidak menarik. 

4. Ilustrator – Bekerja dengan seni digital atau pensil dan tinta, ilustrator mampu mendesain untuk menyampaikan sebuah pesan. 

5. Artis Photoshop – Menggunakan aplikasi Photoshop, mereka adalah seniman yang mereka ulang, memperindah atau menyempurnakan sebuah gambar untuk hasil yang maksimal dalam penyampaian pesan maupun visual. 

 

TOKOH DESAINER GRAFIS TERKENAL

Chip Kidd

Lulusan dari Pennsylvania State University, Kidd mendesain sampul buku untuk DC Comics – The Complete History of Batman, Wonder Woman and Superman, Jurassic Park and The Lost World karangan Michael Crichton. Dia juga meraih penghargaan International Centre of Photography’s Award for Use of Photography in Graphic Design. 

Milton Glaser

Salah satu otak dibalik logo I heart NY; Glaser adalah lulusan Fulbright scholar dan Cooper Union. Glaser juga merupakan salah satu pendiri dari WBMG, sebuah perusahaan desain terkenal dengan klien seperti LA Times, Time, Boston Globe dan banyak lagi. 

Herb Lubalin 

Seorang desainer grafis dari Amerika dan lulusanCooper Union, Lubalin berkontribsi dalam seni tipografi. Dia terkenal dengan penemuan ITC Avant Garde typeface, secara umum dijabarkan sebagai interpretasi dari seni deco modern. 

Eddie Opara 

Lulusan dari London College of Printing dan Yale University, Eddie Opara menciptakan pekerjaan yang menakjubkan untuk Studio Museum in Harlam, The Queens Museum of Art, Prada, New York University, Princeton Architectural Press dan banyak lagi. Pada tahun 2010, Opara bergabung dengan perusahaan Pentagram di New York dan terus menghasilkan desain terbaik untuk dunia. 

Jacqueline Casey 

Jacqueline Casey membantu membangun Massachusettes Institute of Technology  (MIT) Office of Design Services dan menjadi direktur departemen dari tahun 1972 sampai 1989. Terkenal dengan poster MIT yang begitu mendunia, desainnya yang kreatif dan elegan masih tersimpan sampai sekarang dan menjadi sumber inspirasi bagi para desainer. 

Tertarik untuk mengikuti jejak mereka? Belajar Desain Grafis akan menyerdiakan banyak kesempatan kreatifitas baik nasional maupun internasional. Untuk permulaan yang tepat, dapatkan informasi lebih banyak tentang belajar desain grafis di InggrisMalaysiaAmerikaSingapuraSelandia BaruBelanda, AustraliaSwediaIrlandia, dan Kanada.  

Jangan lupa untuk download brosur resmi universitas luar negeri GRATIS!

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Coba lihat...