Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Tips Untuk Memilih Jurusan Kuliah

33327

Saat kuliah di luar negeri, kamu akan mempelajari satu bidang selama tiga atau empat tahun setidaknya. Maka dari itu, pilihlah jurusan yang tepat untuk kita agar tidak jenuh di tengah kesibukan kuliah kita dan tidak menyesali keputusan kita untuk keluar negeri. Namun, ada banyak sekali jurusan yang ditawarkan di luar negeri, dan keputusan ini bisa menjadi sangat membingungkan. Ikuti tips tips berikut untuk memilih jurusan yang tepat untuk kamu!

 

  1. Evaluasi diri

Mulailah dengan mengevaluasi hobi, prestasi dan sifat kamu untuk mengerti bidang manakah yang cocok untuk kamu. Mungkin kamu seseorang yang bertalenta di bidang musik atau seni lukis, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih jurusan di bidang arts. Atau apabila kamu sering berpartisipasi dalam olimpiade matematika dan sains, mungkin ilmu pengetahuan yang lebih teknik lebih cocok untuk kamu. Kegiatan apakah yang kamu suka lakukan pada waktu luangmu? Biasanya hobi kamu juga akan mencerminkan ketertarikan dan talenta kamu, lho! Pilihlah jurusan yang benar-benar kamu suka agar pengalaman kuliah kamu bisa maksimal.

  1. Bertanya kepada orang-orang disekitar kamu

Apabila kamu masih bingung, sebuah langkah yang dapat kamu coba adalah untuk bertanya kepada orang tua, sahabat, guru atau pembimbing sekolah. Orang-orang disekitar kamu dapat mempunyai pendapat yang lebih tepat tentang lapangan yang cocok untuk kepribradian dan kemampuan kamu. Mencari opini kedua (atau ketiga) nggak ada salahnya, kan?

  1. Lakukan riset tentang jurusan yang kamu pertimbangkan

Sebaiknya, lakukanlah riset mendalam tentang jurusan yang kamu minati. Peluang karir apakah yang dapat kamu raih dengan gelar dari jurusan tersebut? Kamu juga harus mempertimbangkan tentang pekerjaan yang nantinya akan kamu lakukan apabila terjun ke dalam bidang tersebut, dan pertimbangkanlah hingga kamu yakin bahwa kamu benar tertarik disitu.

  1. Lakukan aptitude test

Aptitude test atau tes bakat dapat membantu kamu yang kurang yakin tentang bakat dan kemampuan kamu. Ada banyak fasilitas tes bakat yang dapat kamu lakukan di Indonesia, ada juga tes dari situs online. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menuruti hasil yang kamu dapat tanpa berpikir lebih lanjut agar tidak memilih langkah yang salah.

  1. Bertanya kepada mahasiswa fakultas yang kamu minati

Apabila kamu tidak yakin tentang jurusan yang kamu suka, kamu bisa menghubungi alumni atau mahasiswa yang sedang mempelajari hal tersebut. Kamu dapat bertanya tentang hal-hal spesifik yang dipelajari, pengalaman mereka dalam mengerjakan tugas dan poin pro dan kontra dari jurusan tersebut.

  1. Masuk ke universitas dengan jurusan undecided

Tahu nggak kalau banyak universitas yang memperbolehkan mahasiswa untuk memulai kuliah tanpa memilih jurusan? Pada umumnya ini lebih sering ditemukan di institusi Amerika, kamu dapat memilih kelas-kelas individual dahulu sebelum memilih jurusan pada tahun kedua.

  1. Pertimbangkan opsi double major atau major/minor

Bingung memilih antara dua jurusan yang menarik? Apa bila universitas kamu mengadakan program double major, kamu bisa sekaligus belajar dua-duanya dan lulus dengan dua gelar. Walaupun pilihan ini akan sangat sibuk, tentunya lulus dengan dua gelar terdengar seperti pilihan yang menarik, bukan? Kamu juga bisa memilih program major/minor dimana kamu memilih satu jurusan utama, dan mengambil kelas minor dari jurusan lain. Namun, banyak universitas yang hanya memperbolehkan kamu memilih dua jurusan yang masih berhubungan.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC