Informasi penting
Malaysia: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

7 Alasan Mengapa Malaysia populer sebagai negara destinasi kuliah

6427
Dengan pengalaman dalam bidang pendidikan internasional yang melebihi 30 tahun, struktur pendidikan tinggi Malaysia memberikan Anda kesempatan untuk mengejar gelar internasional dengan biaya terjangkau. Anda bisa memilih kualifikasi akademis baik dari Inggris, Amerika Serikat, Australia dan nega lainnya di institusi-institusi pendidikan di Malaysia.
 
Pada permulaan tahun 2010, Malaysia telah memiliki lebih dari 80,000 orang mahasiswa internasional yang berasal dari lebih dari 100 negara yang berbeda. Beberapa alasan yang menjadikan Malaysia sebagai negara yang populer sebagai destinasi kuliah adalah:
 
Malaysia menawarkan berbagai jenis kualifikasi yang diakui secara internasional
Banyak institusi-instittusi pendidikan tinggi swasta di Malaysia yang memiliki program kolaborasi dengan berbagai universitas terkenal di Inggris, Amerika, Australia dan lainnya. Program kolaborasi ini memungkinkan para mahasiswa untuk menyelesaikan program gelar luar negeri dengan kuliah di Malaysia. Program-program ini adalah Program Twinning Degree 2+1, ataupun Program 3+0 Bachelor Degree.
 
Selain itu juga tersedia banyak universitas luar negeri (misalnya Monash University Australia dan University of Nottingham Inggris) yang mendirikan kampus cabang di Malaysia. Sehingga para mahasiswa bisa kuliah di Malaysia, tetapi mendapatkan pendidikan dan gelar dari universitas luar negeri tersebut, sebuah pilihan yang sangat menguntungkan dan menghemat biaya.
 
Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pengantar utama
Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama di institusi-institusi pendidikan tinggi swasta di Malaysia. Bagi para mahasiswa internasional yang berasal dari negara yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, Malaysia merupakan negara yang memiliki lingkungan yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.
 
Kualitas pendidikan yang dijamin oleh legislasi
Standar dan kualitas pendidikan Malaysia dimonitor dan diatur oleh Malaysian Qualifications Agency Act 2007 dan Private Higher Education Institutions Act 1996. Selain itu banyaknya unsiversitas luar negeri (yang berasal dari Inggris, Amerika, Australia, Selandia Baru dan negara lainnya) yang bersedia bekerjasama dengan institusi-institusi pendidikan di Malaysia menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Malaysia diakui secara internasional.
 
Kurikulum yang mengikuti standar industri yang meningkatkan prospek kerja mahasiswa
Saat ini, banyak institusi pendidikan tinggi Malaysia yang bekerjasama dengan industri dan universitas luar negeri untuk menjamin bahwa program yang ditawarkan mengadopsi kurikulum terbaru dan relevan dengan perkembangan pasaran kerja terkini. Program-program tersebut tidak hanya menekankan pengetahuan teoritis, tetapi juga mengajarkan keahlian praktikal yang dibutuhkan di dunia kerja yang sesungguhnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan para lulusan yang siap kerja, suatu kriteria yang dicari-cari oleh berbagai perusahaan.
 
Berinteraksi dengan kebudayaan yang berbeda-beda
Malaysia terkenal sebagai negara yang multikultur yang harmonis. Disini Anda bisa menemukan ras Chinese, Melayu, India dan etnik lainnya sehingga Anda berkesempatan untuk mengenal kebudayaan mereka. Selain itu, juga banyak terdapat warga asing dari berbagai negara yang tinggal di Malaysia. Berbaur dengan mereka memberikan Anda pengalaman untuk belajar berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan dan perspektif yang berbeda, suatu pengalaman yang sangat dihargai oleh perusahan-perusahaan internasional.
 
Biaya hidup dan biaya kuliah yang sangat terjangkau
Biaya hidup rata-rata mahasiswa internasional di Malaysia sekitar RM 12,000 per tahun. Survei yang diadakan oleh EXA International pada tahun 2010 menyatakan Malaysia sebagai salah satu negara dengan biaya hidup terendah. Walau demikian, Anda tetap bisa menikmati kecanggihan dan kelengkapan fasilitas (misalnya transportasi dan telekomunikasi) dari sebuah kota metropolitan.
 
Visa pelajar yang mengijinkan kerja paruh waktu bagi para mahasiswa internasional
Pemerintah Malaysia sangat menyambut kedatangan para mahasiswa internasional di negaranya. Selama mereka memiliki tujuan yang jelas untuk kuliah, proses permohonan visa pelajar sangat praktis, dan pelajar internasional diperbolehkan untuk membawa keluarga.
 
 
Visa pelajar tersebut juga mengijinkan para mahasiswa internasional untuk bekerja di sektor-sektor tertentu. Batasan waktu maksimal yang ditentukan oleh Imigrasi Malaysia bagi pemegang visa pelajar adalah 20 jam per minggu.

Mencari jurusan

Malaysia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Gratis

eBook 'Kuliah di Malaysia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Malaysia dalam satu buku digital praktis.