Informasi penting
Study abroad: Before you leave

11 APLIKASI HP YANG WAJIB DIMILIKI MAHASISWA

1632

Aplikasi HP bisa memudahkan hidupmu, menghemat waktu dan biaya. Mulai dari mencari informasi, memesan tiket perjalanan, hingga berbelanja keperluan sehari-hari hanya dengan menggunakan aplikasi HP. Jika kamu adalah mahasiswa yang berkuliah di luar negeri, 11 aplikasi ini wajib untuk kamu miliki.

 

 

1. Google Translate

Sekarang sudah bukan jaman bawa kamus kemana-mana lagi. Cukup dengan google translate, kamu bisa menterjemahkan bahasa apa pun ke dalam bahasa Inggris. Dan kamu akan menghemat banyak waktu daripada bolak balik halaman kamus.

 

 

2. Oxford English Dictionary

Google Translate bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari. Tetapi jika kamu butuh kamus yang lebih profesional, kamu bisa mendownload Oxford English Dictionary. Kamu mungkin akan membutuhkannya sewaktu mengerjakan tugas kuliah.

 

 

3. EasyBib

Ini adalah aplikasi yang akan sangat membantu sewaktu menulis referensi untuk esai atau makalah. Kamu hanya perlu memasukkan judul buku, atau scan barcode buku dan EasyBib akan menghasilkan referensi untukmu. Sangat praktis dan menghemat waktu bukan?

 

 

4. Google Drive

Apakah kamu kebingungan sewaktu kehilangan USB atau memory card, karena kalau mereka hilang atau rusak, maka datamu juga ikut hilang? Dengan Google Drive, kamu tidak perlu mengkhawatirkan semua itu. Kamu bisa menyimpan dan melihat data kamu dimana saja secara online.

 

 

5. Dropbox

Drop box adalah aplikasi yang serupa dengan Google Drive. Bedanya, kelebihan dari drop box adalah kamu bisa membagikannya bersama teman. Ini adalah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk kerja kelompok.

 

 

6. Banking

Semua bank punya aplikasi tersendiri. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk bertransaksi online (misalnya membeli buku, isi pulsa, isi saldo kartu, dll), atau mengirim dana.

 

 

7. My Finances

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Karena aplikasi ini membantumu merekam pemasukan dan pengeluaran. Jadi kamu tidak perlu khawatir salah hitung. Kamu hanya perlu memasukkan angka dan keterangan di dalam aplikasi tersebut.

 

 

8. Zombies, Run

Tetap sehat dan bugar sangatlah penting sewaktu kamu kuliah di luar negeri. Aplikasi ini menyemangatimu untuk berolahraga dengan cara yang seru. Kamu akan diminta untuk lari dari zombie yang terinfeksi. Sedikit ngeri, tetapi dengan demikian tanpa kamu sadari kamu telah berolahraga.

 

 

9. LinkedIn

Aplikasi ini penting untuk membangun profil diri. Karena perusahaan dan institusi lainnya akan melihat profil Linkedln sewaktu mempertimbangkan apakah kamu adalah kandidat yang cocok bagi mereka, baik sewaktu kamu melamar kerja, magang atau untuk melanjutkan pendidikan. Di aplikasi ini, kamu bisa mengisi dengan CV/resume, prestasi yang pernah kamu capai, kegiatan ekstrakurikuler yang pernah kamu ikuti, dan semua pengalaman yang memperkaya skill dan wawasan kamu.

 

 

10. Timetable

Jadwalmu super padat? Jangan khawatir, dengan aplikasi ini kamu tidak akan ketinggalan kelas atau aktivitas lain karena lupa. Kamu hanya perlu memasukkan jam dan aktivitas/kelas yang ingin kamu ikuti, dan aplikasi ini akan mengingatkanmu. Kamu bahkan bisa menyetel hp untuk silent sewaktu kelas berlangsung dan di un-silent setelah kelas berakhir dengan aplikasi ini. Keren bukan? Kamu juga bisa mengisi daftar tugas dan tanggal untuk mengumpulkan tugas kuliah loh. Jadi sepadat apapun jadwalmu, aplikasi ini akan mengaturnya untukmu.

 

 

11. Skype

Siapa tidak mengenal Skype. Dengan Skype kamu bukan hanya dapat chat dengan keluarga dan teman di negara asal. Aplikasi ini juga support multiple call loh. Jadi kamu juga membutuhkan aplikasi ini untuk kerja kelompok, wawancara dan hal lainnya. Jadi tanpa ketemu langsung pun, kalian tetap bisa berkomunikasi. Dan keuntungan lainnya, kamu bisa hemat biaya telpon.

 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

8 KEAHLIAN YANG PERLU DIMILIKI SEORANG MAHASISWA

Kuliah itu seperti apa ya? Yang pasti kehidupan perkuliahan tentu saja jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMU. Mulai dari gaya dosen menyampaikan pelajaran, menyelesaikan tugas, berpartisipasi dalam kelas dan mencari teman baru, semua adalah pengalaman baru bagi seorang pelajar yang baru memulai langkahnya sebagai seorang mahasiswa. Steven Schwartz dari  The Guardian  menjelaskan beberapa keahliah yang perlu dimiliki mahasiswa untuk menyesuaikan

68751