Informasi penting
Study abroad: Before you leave

4 Tips untuk selalu tetap sehat sewaktu kuliah

share image
310

Jadwal kuliah atau kegiatan di luar kelas yang padat memerlukan stamina yang kuat. Oleh karena itu menjaga kesehatan dengan baik sangatlah penting. Walau banyak godaan yang bisa menjauhkan kamu dari hidup sehat, misalnya tidur larut malam, makan tidak teratur dan lain sebagainya, setidaknya jadikan 4 hal ini sebagai kebiasaan kamu, supaya kesehatan kamu lebih terjaga:

 

1. Selalu membawa botol minum

 

Berapa banyak dari kita yang minum cukup banyak air setiap harinya? Dengan membawa botol minum sendiri, kita akan cenderung ingat untuk minum cukup air. Terlebih lagi, kamu dapat menghemat serta membantu melestarikan lingkungan dengan tidak membeli air minum dalam botol plastik.

 

Walaupun menurut dokter kamu harus minum sekurangnya delapan gelas air setiap harinya, akan tetapi kamu membutuhkan lebih banyak lagi jika kamu berolahraga secara rutin, minum banyak kopi, atau sewaktu cuaca yang panas.

 

 

2. Berjalan kaki

 

Olahraga yang rutin adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu, akan tetapi bila kamu tidak memiliki cukup waktu, kamu cukup berjalan kaki selama 30 menit yang dapat kamu lakukan di sela istrirahat makan siang atau diantara jam kuliah. Kamu dapat membaginya dalam beberapa kali di pagi hari, siang ataupun sore hari.

 

 

Terdapat banyak keuntungan dengan berjalan kaki setiap hari, mulai dari meningkatkan stamina kamu hingga kesehatan tulang serta sendi yang lebih baik. Terlebih lagi, berjalan kaki setiap hari baik untuk kesehatan mental, sebagaimana telah dibuktikan melalui penelitian bahwa dengan berjalan kaki secara rutin mengurangi tingkat stress pikiran  serta membantu  meningkatkan kualitas tidur.

 

 

3. Tidur yang cukup

 

Tidur yang cukup sangatlah penting bagi mahasiswa, penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang tidak cukup tidur cenderung memiliki kesehatan yang kurang baik. Jika kamu memiliki jadwal yang padat sehingga membuat kamu tidak cukup tidur, pastikan kamu menggantinya dengan tidur siang.

 

Biasakan untuk tidur lebih awal sehingga kamu untuk bangun pagi jika kamu memiliki kelas pagi keesokan harinya. Kurangi minuman yang mengandung banyak kafein atau gula, karena minuman ini akan membuat kamu sulit untuk tidur di malam hari.

 

 

4. Vaksin flu

 

Terlepas dari bagaimana ketatnya kamu menjaga kebersihan dan kesehatan kamu, terkadang kamu tetap bisa terjangkit flu. Dengan vaksin flu, kamu akan memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap virus ini.

 

Kamu bisa mendapatkan vaksin flu dari klinik di sekitar tempat kamu. Beberapa universitas bahkan memberikannya kepada mahasiswa secara gratis selama musim flu, pastikan untuk menanyakan ke klinik kampus kamu.

 

Dengan mengambil beberapa langkah kecil diatas, kamu tetap akan dapat menikmati pengalaman kuliah kamu sekaligus menjaga kesehatan kamu.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca