Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 MASALAH YANG SERING MUNCUL SAAT KULIAH DI LUAR NEGERI DAN CARA MENYELESAIKANNYA

share image

Kuliah di luar negeri tidak selalu berjalan mulus, ada dimana situasi menjadi tidak terduga walapun sudah direncanakan secara matang. Bagaimanapun situasinya, kamu tentu tidak mau menyerah begitu saja bukan? Kali ini kami akan menjabarkan 5 masalah yang sering muncul saat kuliah di luat negeri dan bagaimana cara menyelesaikannya:

 

Kangen Rumah

Saat di Indonesia, mungkin kamu tidak pernah berpikir tentang kondisi rumah dan orang orang tersayang yang ada di dalamnya. Namun, saat jauh perasaan itu pasti akan muncul. Sangat wajar jika kita merindukan kampung halaman, tapi jangan sampai hal tersebut malah justru membebani tujuanmu sebenarnya kuliah di luar negeri.

 

 

Bagaiamana cara menyelesaikannya?

Ada beberapa cara untuk menenangkan betapa rindunya kamu pada rumah. Coba untuk terlibat dalam minat atau klub baru atau petualangan dalam tujuan belajar di luar negeri, Telpon atau WhatsApp call teman / keluarga. Anda dapat menemukan cita rasa rumah dengan makan di restoran tertentu, mulai berlatih yoga, meditasi, penjurnalan atau kegiatan kesadaran diri lainnya.

 

Kekurangan Uang

Terlepas dari semua upaya terbaikmu merencanakan keuangan, kamu mungkin pernah nongkrng satu atau dua kali lebih sering atau terlalu banyak berbelanja di akhir pekan. Khilaf? Ya bisa saja, tidak ada yang akan menyalahkanmu. Meski begitu, sudah menjadi tanggung jawab bertahan dengan uang yang dimiliki.

 

Bagaiamana cara menyelesaikannya?

Sebelum berangkat studi di luar negeri, pertimbangkan untuk menyisihkan 1-3 juta rupiah ekstra uang di rumah. Berikan orang tuamu akses ke uang tersebut, jadi jika memerlukan dana cadangan bisa dipakai. Pintarlah dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan.

 

 

FOMO

FOMO, atau rasa takut kehilangan, adalah suatu kondisi di mana seseorang takut dikatakan tidak update, tidak gaul, dan takut ketinggalan berita yang sedang santer. Kita berurusan dengan FOMO dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan di rumah dan lingkungan pertemanan dekat (pernah merasa cemas saat lihat IG story karena teman-temanmu sedang berkumpul dan kamu tidak?)

 

Bagaiamana cara menyelesaikannya?

Meminimalkan waktu yang kamu habiskan untuk menjelajahi internet. Ini bukan berarti tidak peduli pada hal-hal menarik yang terjadi pada teman-teman yang berada di rumah atau untuk berusaha mengatakan hidupmu relatif lebih menarik. Matikan laptopmu. Keluar dan jelajahi. Siapa yang FOMO sekarang?

 

Tetap Termotivasi

Distraksi akan selalu ada saat kamu sedang menjalankan kuliah di luar negeri. Mulai dari kegiatan yang lebih menarik diluar kampus sampai teman-teman baru yang menyenangkan dan terkadang jadi lupa tugas utamamu di luar negeri.

 

 

Bagaiamana cara menyelesaikannya?

Ada alasan kenapa judulnya kuliah di luar negeri, jadi pastikan kamu selalu ingat untuk belajar selama di luar negeri. Karena judulnya kuliah, penting bahwa kamu tetap berkomitmen untuk kuliahmu (jika tidak, kamu mungkin kehilangan beasiswa Anda, jeblok nilai rata-rata nilai, atau dikeluarkan dari program!).

 

Perasaan Terasing

Mendadak saat melihat sekeliling kamu merasa kesepian. Rasanya seperti dikelilingi orang lain, hambatan bahasa dab budaya juga menjadi pemicu timbulnya perasaan terasing ini. 

 

Bagaiamana cara menyelesaikannya?

Yakinkan dirimu bahwa tidak mungkin penduduk lokal dengan sengaja mencoba membuat kamu merasa tidak diinginkan dalam budaya mereka. Cobalah berteman dengan setidaknya 1 orang lokal. Saya tahu ini kedengarannya seperti tugas yang mudah, tetapi perlu upaya untuk membangun dan memupuk hubungan yang bermakna, terutama lintas batas budaya. Hubungan ini mungkin memberimu langkah di untuk mulai merasa aman dan santai di negara baru, alih-alih terasing dan canggung.

 

 

 

 

 

Wajib dibaca