Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 TIPS MENJAGA HUBUNGAN JARAK JAUH SEWAKTU KULIAH DI LUAR NEGERI

698

Terkadang untuk mencapai cita-cita itu butuh usaha, dan bahkan pengorbanan. Misalnya, keinginanmu untuk kuliah di luar negeri mengakibatkan kamu harus terpisah jarak dengan kekasih atau pasangan. Tetapi jangan terlalu khawatir, ini tidak berarti kamu harus mengorbankan pasanganmu. Apalagi di jaman moderen ini, masalah jarak bisa diatasi dengan baik berkat kemajuan teknologi. Bagaimana sih caranya tetap menjaga hubungan baik dengan kekasih atau pasangan sewaktu mengejar cita-cita di luar negeri? Beberapa tips ini bisa memberi masukan….

 

 

1. Rencanakan komitmen bersama sebelum berangkat

Sebelum berangkat sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu kira-kira enaknya bagaimana cara untuk berkomunikasi. Bisa mencari informasi di internet di negara tujuan kuliah biasanya lebih enak untuk pakai aplikasi apa. Misalnya di Cina lebih gampang menggunakan WeChat, maka sebelum kamu berangkat, kalian berdua telah meng-install aplikasi tersebut.

Ada baiknya juga bikin komitmen seperti seberapa sering kalian akan menelpon, atau apa yang kalian harapkan dari satu sama lain.

 

 

2. Jaga komunikasi

Komunikasi sangat penting. Untungnya, teknologi sekarang sudah memungkinkan kamu menjalin komunikasi dengan sangat baik. Jarak hampir tidak menjadi masalah. Selama koneksi internet lancar, kalian bisa berkomunikasi kapan saja. Kampus-kampus di luar negeri menyediakan jaringan wi-fi yang sangat baik. Kamu bisa ajak si dia tur kampus melalui video call, memperkenalkan teman-teman barumu, atau bahkan ikutan diskusi kelompok.

 

 

Beberapa aplikasi ini bisa membantu kamu berkomunikasi dengan baik dengan si dia:

  • Watsapp
  • Wechat
  • Line
  • Skype

 

Intinya, pastikan kalian mempunyai gambaran tentang rutinitas masing-masing, dengan demikian akan memberikan rasa aman dan tenang.

 

 

3. Saling pengertian dan saling percaya

Komunikasi itu memang penting tetapi sebaiknya tidak menuntut untuk menerima laporan tentang apa yang dilakukan masing-masing setiap saat. Apalagi jika ada perbedaan waktu yang cukup lama antara tempat kuliah dan kampung halaman. Misalnya seperti di Inggris dan di Indonesia terdapat perbedaan waktu 6 jam. Tentunya harus mencari waktu yang pas supaya tidak mengganggu rutinitas masing-masing.

 

 

4. Rayakan setiap momen spesial

 

 

Kamu juga bisa tetap memberikan kejutan manis walau terpisah oleh jarak. Dengan begitu banyak online marketplace seperti amazon, tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain, kamu tetap bisa memilih kado dan mengirimkannya kepada si dia. Hari Valentine, ulang tahun atau hari jadian tetap bisa kalian rayakan via videocall, dan sebenarnya ini suatu pengalaman yang unik yang bisa kalian kenang nantinya.

 

 

5. Tukar barang kesayangan

Sebelum berangkat kalian bisa saling menukar barang kesayangan, misalnya baju favorit, parfum atau boneka, yang bisa dijadikan ‘pengganti’. Kalian juga bisa membuat album foto berisi momen-momen spesial yang pernah dilalui bersama.

 

 

 

 

Hubungan jarak jauh bisa menjadi tantangan sekaligus ujian, apakah kalian adalah orang yang tepat untuk satu sama lain. Selama komunikasi terjaga dengan baik, kamu tetap bisa lulus dengan gelar impian dan kemudian merayakannya bersama pasangan tercinta.

 

 

 

Baca juga:

Komunikasi dengan keluarga di rumah sewaktu kuliah di luar negeri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

8 KEAHLIAN YANG PERLU DIMILIKI SEORANG MAHASISWA

Kuliah itu seperti apa ya? Yang pasti kehidupan perkuliahan tentu saja jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMU. Mulai dari gaya dosen menyampaikan pelajaran, menyelesaikan tugas, berpartisipasi dalam kelas dan mencari teman baru, semua adalah pengalaman baru bagi seorang pelajar yang baru memulai langkahnya sebagai seorang mahasiswa. Steven Schwartz dari  The Guardian  menjelaskan beberapa keahliah yang perlu dimiliki mahasiswa untuk menyesuaikan

68914