Informasi penting
Study abroad: Before you leave

CARA MENDAPATKAN BEASISWA UNTUK BELAJAR DI LUAR NEGERI TANPA MEMBUANG WAKTU KAMU

tips beasiswa luar negeri

Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Semua orang ingin mendapatkan beasiswa, karena beasiswa menawarkan fasilitas lengkap kepada para penerima beasiswa yang lolos. Selain biaya kuliah, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup selama menjalani studi, dan biaya penelitian. Ribuan beasiswa studi di luar negeri menunggu lamaran kamu. Berikut tips mendapatkan beasiswa di luar negeri untukmu. 

 

1. Minta Bantuan

 

Hubungilah kantor studi universitas kamu di luar negeri, profesor, kantor bantuan keuangan, dan penasihat akademismu untuk bertanya kepada mereka tentang beasiswa yang mereka ketahui. Pergilah secara langsung ke kantor-kantor ini untuk meminta nasihat tentang cara mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri. Tidak hanya membuat semuanya menjadi lebih mudah, meminta bantuan juga akan membuat penyedia beasiswa terkesan dengan tekad dan inisiatif kamu yang jelas dalam membahas bantuan keuangan secara langsung. 

 


2. Riset 

 

Semakin banyak beasiswa yang dapat kamu ajukan, semakin banyak bantuan keuangan yang akan kamu dapatkan. Berikut Beasiswa internasional yang tersedia untuk siswa Indonesia:

 

  • Eiffel Scholarships in France for International Students
  • Maastricht University Holland High Potential Scholarships for International Students
  • Chalmers IPOET Scholarships for International Students
  • Radboud Scholarship Programme for International Students
  • Warwick Chancellor’s International Scholarships

 

 

 

3. Hubungi Pemberi Beasiswa Secara Langsung

 

Cara terbaik untuk mengetahui semua rincian penting dari beasiswa yang akan kamu ajukan adalah dengan menghubungi pemberi dana secara langsung. Ini tidak hanya memastikan bahwa kamu memiliki semua informasi yang benar, kamu juga akan membuat penyedia beasiswa terkesan karena kamu tidak takut untuk mengambil inisiatif dan secara aktif mengejar beasiswa. 

 

4. Buat Resume Menarik

 

Buatlah resume menarik. Pastikan untuk menyoroti setiap pengalaman internasional yang kamu miliki, perbarui semua kegiatan kampus kamu baru-baru ini dan cobalah untuk menulis dengan ringkas. Jika kamu mengajukan permohonan beasiswa yang disediakan oleh universitas internasional, pastikan untuk meneliti bagaimana biasanya negara yang bersangkutan mengatur resume. Jika kamu cukup percaya diri dalam keterampilan bahasa, kamu dapat mencoba menulis resume dengan bahasa negara tempat kamu akan belajar.

 

 

5. Tandai Kalendermu 

 

Jika kamu melamar sejumlah beasiswa yang berbeda, buatlah kalender khusus dengan setiap tenggat waktu ditandai dengan jelas. Tetap teratur sangat penting ketika mendaftar ke lebih dari satu beasiswa.

 

6. Ajukan Lamaran

 

Ajukan lamaran beasiswa di luar negeri secepat dan selengkap mungkin. Pastikan untuk menyesuaikan aplikasi kamu dan hindari godaan untuk hanya menyalin dan menempel dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Menyesuaikan setiap aplikasi akan memberi kamu kesempatan yang lebih baik untuk menjadi ahli dalam mencari tahu cara belajar di luar negeri dengan beasiswa. 

 

 

7. Miliki Nilai Bagus

 

Untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, kamu harus sering memiliki nilai bagus. Tidak semua beasiswa membutuhkan nilai bintang, tetapi banyak dari mereka yang menginginkannya. Ini karena penyedia ingin tahu bahwa siswa yang menerima beasiswa serius tentang pengalaman belajar mereka di luar negeri. Penting untuk menunjukkan kepada penyedia beasiswa bahwa kamu berencana untuk mengambil pengalaman belajar di luar negeri dengan serius bukan hanya sebagai kesempatan untuk bepergian, tetapi juga kesempatan untuk memperluas wawasan akademik kamu.


 

8. Buktikan Kamu Pantas Mendapat Beasiswa

 

Para penyedia beasiswa ingin tahu bahwa uang mereka digunakan untuk tujuan yang baik, dan bahwa siswa yang mendaftar menghargai kesempatan yang diberikan kepada mereka. Janganlah takut untuk mengekspresikan diri, ceritakan kisah kamu dan jelaskan mengapa kamu berhak mendapatkan beasiswa yang memungkinkan kamu belajar di luar negeri.

 

 

 

Baca juga:

INFO LENGKAP BIAYA DAN BEASISWA DI SUNWAY UNIVERSITY MALAYSIA

KUMPULAN BEASISWA KULIAH DI AUSTRALIA

DAFTAR LENGKAP BEASISWA DI KANADA

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

tips beasiswa luar negeri

Wajib dibaca