Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Tips untuk merencanakan karir sebelum lulus kuliah

share image
452

Sewaktu kamu kuliah dan sewaktu kelulusan kuliah semakin dekat, kamu mungkin akan dikejar dengan keputusan untuk menentukan arah karir. Walau demikian, tidak berarti kamu harus buru-buru menentukan pilihan karir kamu.

 

Yang penting untuk diingat adalah pastikan agar kamu tidak terlalu kaku dalam menentukan karir dan memberikan sedikit ruang untuk perubahan dalam pilihan kamu. Untuk mengurangi tekanan dan meringankan pikiran kamu, ini adalah beberapa nasihat yang dapat membantu kamu:

 

 

1. Menemui penasihat karir jika perlu

 

Ketika kuliah atau setelah lulus kuliah, jawaban terbaik untuk kebingungan kamu tentang karir terkadang bisa didapatkan dari penasihat karir.

 

Akan tetapi menemui penasihat karir haruslah dilakukan ketika kamu sudah siap. Dengan kata lain, kamu telah mencari informasi gambaran karir yang kamu minati. Perlu diingat bahwa penasihat karir bukanlah peri penyihir yang berasal dari masa depan, menunggu untuk memberikan jawaban akan peruntungan kamu.

 

Para profesional ini hanya akan memberikan kamu beragam pilihan, yang bahkan beberapa diantaranya telah kamu ketahui sebelum kamu bertanya kepada mereka. Jadi, mereka hanya bisa memberi masukan, tetapi tetap kamu sendiri yang menentukan. Hanya saja wawasan mereka terhadap dunia karir lebih luas, sehingga bisa saja memberikan kamu masukan yang membantu kamu memilih karir yang tepat.

 

 

2. Memilih karir yang menantang dan sesuai minat

 

Tidak ada yang lebih buruk dibandingkan bekerja dan berharap waktu akan cepat berlalu. Jika kamu mengalaminya sewaktu magang, sebaiknya kamu berpikir sekali lagi tentang karir tersebut, mungkin itu bukan pekerjaan yang cocok untukmu.

 

 

Sayangnya, kita seringnya diatur untuk mengikuti harapan orang lain (misalnya orang tua) yang mengakibatkan kita sering mengabaikan keinginan kita sendiri.

 

Jadi, jika ada bidang studi yang kamu sukai tetapi kamu masih ragu akan masa depan karir yang bisa kamu dapatkan, sebaiknya kamu tetap mengikuti kata hatimu. Kamu lebih mungkin untuk dapat sukses dalam bidang yang kamu suka ketimbang bidang lain yang terpaksa kamu ambil.

 

 

3. Berikan ruang untuk perubahan

 

Ketika merencanakan masa depan, sisakan sedikit ruang untuk perubahan yang mungkin akan kamu butuhkan.

 

Jika kamu menyukai bepergian tetapi tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang dapat membawa kamu ke seluruh dunia, mungkin kamu bisa mencoba menjadi freelance. Atau jika kamu menyukai akuntansi tetapi tidak ingin mengambil pekerjaan kantoran, kamu bisa menggunakan keahlian kamu di LSM.

 

Dengan memberikan ruang lebih dan tidak terpaku pada harapan orang lain, kamu bisa mendapatkan kehidupan yang lebih membahagiakan.

 

 

4. Perluas wawasan dan people skills

 

Banyak perusahaan global yang mencari lulusan yang lebih responsif, yang memiliki beragam keahlian (kerjasama tim, negosiasi, komunikasi, dll), lulusan yang percaya diri, yang cepat beradaptasi dengan perubahan.

 

Oleh karena itu perluaslah wawasan dan people skills kamu sewaktu kuliah, karena ini akan menambah keunggulanmu untuk memasuki dunia kerja.

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca