Informasi penting
Study abroad: Before you leave

TRADISI HARI VALENTINE DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA

202

Di Hari Valentine, kita akan melihat banyak kartu ucapan, bunga, dan coklat bertaburan. Banyak pasangan merayakan hari ini dengan saling bertukaran hadian, pergi makan malam, kencan dan acara spesial lainnya.  

 

Jika kamu penasaran mengapa sih ada yang disebut dengan hari Valentine, atau mengapa dirayakan di tanggal 14 Febuari? Di artikel ini, Hotcourses Indonesia akan berusaha menjawab rasa penasaran kamu.

 

Tradisi Hari Valentine diduga berawal dari Romawi. Awalnya, festival ini adalah festival kesuburan untuk Faunus, dewa Romawi pertanian, bernama Lupercalia yang jatuh di tanggal 15 Februari. Selama perayaan berlangsung, para anak laki-laki akan menarik nama-nama gadis dari dalam kotak untuk dijadikan pasangan saat festival. Tidak heran jika selama Lupercalia, banyak terjadi pernikahan.

 

Di abad kelima, festival ini dilarang, kemudian digantikan dengan hari St. Valentine di tanggal 14 Februari.

 

Sebagian sumber percaya bahwa Hari Valentine berakar dari jaman 1400-an sewaktu Kaisar Claudius II melarang pernikahan karena menurutnya pria lajang dapat menjadi prajurit yang lebih baik. Seorang pemuka agama bernama Valentine merasa hal ini tidak adil, sehingga ia merayakan pernikahan secara sembunyi-sembunyi. Namun sayang, hal ini diketahui oleh Kaisar, membuat Valentine dijebloskan ke penjara dan dihukum mati. Gereja memberikan gelar Santo untuk Valentine untuk menghormati jasa beliau. Kemudian tanggal 14 Febuari yang merupakan hari lahir Santo Valentine diperingati sebagai hari Valentine.

 

Ternyata tidak hanya negara barat yang memiliki tradisi hari kasih sayang. Berbagai belahan dunia juga merayakan kasih sayang dengan cara mereka yang khas dan menarik. Beberapa di antaranya adalah:

 

Korea Selatan

 

 

Warga Korea dikenal sebagai warga yang romantis. Mereka tidak hanya merayakan hari kasih sayang di Bulan Febuari. Ada banyak hari yang dikhususkan untuk merayakan kasih sayang, dan semuanya jatuh di tanggal 14: Rose Day di Bulan Mei, Kiss Day di Bulan Juni,  Hug Day di Bulan Desember, dan Black Day di Bulan April yang dirayakan oleh para jomblo dengan makan mie hitam - Jajyangmyeon.

 

 

 

Cina

 

Hari kasih sayang di Cina dikenal dengan sebutan Qixi (七夕), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Seventh Night Festival. Perayaan ini jatuh pada tanggal tujuh bulan tujuh kalender Cina. Awal mula tradisi ini berhubungan dengan kisah dongeng Tujuh Bidadari.

 

Bidadari ketujuh yang bernama ZhiNu jatuh cinta dengan seorang penggembala sapi miskin, NiuLang. Mereka kemudian menikah dan punya anak. Raja Langit sangat marah sewaktu mengetahui hal ini, kemudian mereka dipisah paksa dan hanya diijinkan untuk bertemu sekali dalam setahun, yaitu setiap tanggal tujuh bulan tujuh. ZhiNu dan NiuLang juga dikenal sebagai bintang Vega dan Altair.

 

 

 

Di perayaan Qixi, para gadis akan menyajikan melon dan buah-buahan untuk Zhinu, dengan sambil memohon pada Zhinu untuk mencarikan mereka suami yang baik. Para pasangan juga akan berdoa ke kuil untuk memohon kebahagiaan dan kemakmuran.

 

 

 

Inggris

 

 

Di malam sebelum Hari Valentine, para gadis akan menempatkan lima lembar daun salam di bawah bantal mereka. Kononnya, dengan demikian mereka bisa bermimpi tentang calon suami mereka. 

 

 

 

Wales

 

 

 

Berbeda dengan negara lainnya, Wales tidak memperingati Santo Valentine, tetapi Santo Dwynwen yang dipercaya melindungi para kekasih. Perayaan tersebut dirayakan pada tanggal 25 Januari dengan memberikan sendok cinta. Tradisi ini berawal dari abad ke-117 dimana para pria membuat dan mengukir sendok kayu sebagai tanda cinta untuk gadis yang mereka kasihi. Sendok kayu ini ada banyak bentuk dan motif yang punya arti tersendiri, misalnya: tapak kuda adalah simbol keberuntungan, roda yang berarti dukungan, dan kunci yang berarti kunci dari hati pria tersebut. Kamu ingin dapat yang mana?

 

 

 

 Italia

 

Awal mulanya, Italia merayakan Hari Valentine sebagai festival musim semi. Para lajang akan berkumpul di taman-taman dan mendengarkan bacaan puisi sebelum berjalan santai dengan kekasih mereka.

 

Para gadis Italia biasanya akan bangun subuh di Hari Valentine. Kononnya pria yang pertama mereka lihat di hari tersebut akan menjadi pasangan hidup mereka, atau setidaknya pasangan hidup mereka akan mirip dengan pria tersebut.

 

 

 

Warga Itali juga merayakan Hari Valentine dengan bertukar kado dan makan malam romantis. Salah satu hadiah yang paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yaitu coklat kecil isi hazelnut yang dibungkus dengan kertas bertuliskan kalimat cinta dalam empat bahasa.

 

 

 

Perancis

 

Hari Valentine pertama di Perancis dimulai saat Charles, Duke of Orleans, mengirimkan surat cinta untuk istrinya sewaktu dipenjara di Menara London pada tahun 1415. Berkat itulah kartu Valentine hingga saat ini menjadi tradisi yang populer.

 

Salah satu acara yang menarik di Perancis di hari valentine adalah loterie d’amour, atau “lotere cinta.” Pria dan wanita akan berdiri di dalam rumah yang saling berhadapan, kemudian secara bergiliran memanggil satu sama lain. Jika pria tidak menyukai pasangan yang muncul, mereka boleh meninggalkannya. Para gadis yang belum mendapatkan pasangan akan berkumpul dan merayakan bonfire.

 

Sewaktu bonfire, para gadis akan membakar foto dan menyumpahi pria yang menyakiti mereka. Tradisi ini kemudian dilarang oleh pemerintah karena banyak kejadian yang mengarah ke kekerasan.

 

 

 

Finlandia & Estonia

 

 

 

Di sini, Hari Valentine lebih ke perayaan persahabatan daripada kasih sayang. Tanggal 14 Febuari disebut hari “Ystävän Päivä” di Finlandia, dan “Sõbrapäev” di Estonia, yang berarti “Hari Teman”. Warga akan saling bertukaran kartu dan hadiah dengan teman mereka. Tetapi banyak juga yang merayakan pertunangan di hari tersebut.

 

 

 

Jerman

 

 

 

Sewaktu Valentine, para pria akan memberikan bunga dan ucapan cinta untuk kekasih mereka. Hari Valentine adalah hari untuk melewati waktu bersama kekasih.

 

 

 

Amerika & Kanada


Di Amerika & Kanada, Hari Valentine sangatlah populer, dan dijadikan sebagai hari libur. Awalnya Hari Valentine adalah untuk memperingati Santo Valentine, dan mengungkapkan cinta untuk kekasih. Kemudian berkembang menjadi hari untuk mengungkapkan rasa terima kasih untuk pasangan, orang tua, guru dan relasi dengan memberikan kartu, bunga, coklat dan permen.

 

Acara makan malam dan pesta dansa banyak diadakan di restoran atau di rumah untuk merayakan hari ini.


 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca

8 KEAHLIAN YANG PERLU DIMILIKI SEORANG MAHASISWA

Kuliah itu seperti apa ya? Yang pasti kehidupan perkuliahan tentu saja jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMU. Mulai dari gaya dosen menyampaikan pelajaran, menyelesaikan tugas, berpartisipasi dalam kelas dan mencari teman baru, semua adalah pengalaman baru bagi seorang pelajar yang baru memulai langkahnya sebagai seorang mahasiswa. Steven Schwartz dari  The Guardian  menjelaskan beberapa keahliah yang perlu dimiliki mahasiswa untuk menyesuaikan

68560