Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

10 NEGARA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA

1938

Lima puluh tahun dari sekarang, dunia akan dipimpin oleh para pemuda hari ini. Pemikiran dan tindakan mereka akan dibentuk dari apa yang mereka pelajari dan alami, sehingga pendidikan menjadi salah satu indikator penting untuk kesuksesan suatu negara.

 

Best Countries rankings 2017, yaitu suatu pemeringkatan yang menilai 21,000 partisipan dari empat kawasan yang tersebar di 80 negara berdasarkan data 60 tahun yang lalu, mengeluarkan hasil Best Countries for Education yang mengumumkan negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

 

Berikut adalah 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia:

 

1. Kanada

 

 

Struktur pendidikan tinggi di Kanada memiliki banyak kesamaan dengan Amerika, hanya saja, pendidikan tinggi di Kanada juga terpengaruh oleh sistem Inggris. Di Kanada, setiap propinsi dan teritori bertanggung jawab akan semua tingkatan pendidikan, termasuk universitas. Tidak terdapat akreditasi federal di Kanada. Hal ini berarti setiap propinsi dan teritori memiliki standar pendidikan yang ketat dan khusus untuk memastikan setiap institusi pendidikan memberikan kualitas terbaik. 

 

2. Inggris

 

 

Inggris merupakan pusat dari 170 lebih institusi pendidikan tinggi dan 500 lebih institusi pendidikan lanjutan yang memberikan berbagai pilihan program kuliah dan mata kuliah dengan kemungkinan beberapa di antaranya tidak akan dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Standar mutu ditetapkan untuk menjamin diperolehnya derajat pendidikan tertentu. Sebagai contoh: semua universitas dan kolese di Inggris yang memberikan gelar, sebelumnya harus sudah mendapatkan wewenang khusus untuk memberikan gelar oleh Pemerintah Inggris Raya. Program kuliah dan institusi dipantau dan dievaluasi secara teratur. Hal ini berarti kualifikasi pendidikan Inggris Raya memberikan jaminan kualitas yang diakui secara internasional.

 

3. Jerman

 

 

Terletak di pusat Eropa dan sebagai salah satu negara dengan teknologi paling maju di dunia, Jerman menawarkan pendidikan yang bermutu dan terjangkau. Oleh sebab itulah, Jerman menjadi salah satu negara destinasi kuliah yang digemari banyak pelajar.

 

 

4. Australia

Sektor pendidikan tinggi Australia terdiri dari kolese-kolese teknik dan universitas, menawarkan kualifikasi teknikal, sarjana dan pascasarjana. Institusi harus telah terdaftar dengan badan pemerintah untuk dapat menawarkan pendidikan bagi mahasiswa internasional.

 

 

5. Perancis

 

 

Pendidikan tinggi di Perancis menerima dukungan yang kuat dari pemerintah, berbagai departemen penelitian, sehingga menjadikan fakultas-fakultas bisnis Perancis salah satu yang terbaik di dunia.

 

 

6. Swiss

Sistem pendidikan modern Swiss menjadi yang terbaik di dunia. Angka buta huruf di Swiss adalah 0%. Pendidikan di Swiss banyak dipengaruhi oleh sejarahnya. Pemerintah Federal Swiss, setiap tahun mengalokasikan dana khusus untuk kerjasama internasional di bidang pendidikan dan penelitian. Selain itu Swiss juga menyelenggarakan program beasiswa bagi negara-negara berkembang, untuk jentang pendidikan tinggi.

 

 

7. Amerika Serikat

Reputasi universitas di Amerika, ditambah dengan kurikulum komprehensif yang ditawarkan di institusi-institusi ini dihargai baik oleh mahasiswa maupun para pemberi kerja. Alasan utama lainnya yang menarik sejumlah besar mahasiswa internasional untuk belajar di Amerika adalah beragamnya jumlah program kuliah yang ditawarkan: mulai dari program akademis sangat tinggi seperti fisika nuklir, hingga program studi yang sangat kreatif seperti seni dan sutradara film. 

 

 

8. Swedia

 

 

Filosofi pendidikan di Swedia sangat mendorong berkembangnya penelitian dan kuliah perseorangan, dan akan memacu pelajar untuk berpikir secara independen serta mengembangkan pengetahuan mereka. Sejumlah besar program Master di Swedia menggabungkan mata kuliah dengan praktik industri, sehingga pelajar memperoleh keunggulan yang berharga dalam pasar tenaga kerja pada saat telah menyelesaikan program kuliah mereka.

 

 

9. Denmark

 

 

Terdapat lebih dari 150 institusi pendidikan tinggi khusus di Denmark. Sekitar sepertiga dari jumlah ini   menyediakan   pendidikan   berorientasi   profesi   jangka   pendek   dan   sekitar   dua   pertiga menyediakan  pendidikan  berorientasi  profesi  jangka menengah  (medium).  Banyak  dari  college-college  ini  hanya  memiliki  400-600  mahasiswa  yang  mendalami  bidang-bidang  tertentu.  College-college ini biasanya bekerja sama dengan college-college lain dan universitas.

 

 

10. Jepang

Sekitar 70% dewasa muda di Jepang terdaftar di pendidikan tinggi. Karena tingkat pendaftaran yang tinggi, Jepang disebut telah memasuki masa akses universal ke pendidikan tinggi. Untuk dapat diterima di universitas, pelajar Jepang diwajibkan untuk mengikuti ujian masuk yang terkenal susah. Pelajar internasional juga terkadang perlu mengikuti ujian masuk, tetapi tidak sesulit ujian pelajar Jepang.  Ilmu Sosial adalah jurusan paling populer di kalangan mahasiswa Jepang pada tahun 2011, di mana terdapat 879,372 mahasiswa mendaftar di program Ilmu Sosial di seluruh Jepang.

 

Baca daftar peringkat lengkap di sini.

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS