Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

5 Alasan Mahasiswa Internasional Memilih untuk Kuliah di Singapura

share image
1026

Singapura adalah salah satu destinasi kuliah populer di kalangan mahasiswa internasional, terutama di Asia. Berikut adalah alasan mengapa mahasiswa internasional memilih untuk kuliah di Singapura:

 

1. Mahasiswa internasional merasa seperti di rumah

 

Mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Singapura dapat yakin mereka akan mendapatkan keunggulan akademik serta pendidikan yang sangat baik. Kebanyakan institusi pendidikan di Singapura menawarkan mahasiswa internasional bantuan yang dibutuhkan agar mereka dapat merasa nyaman seperti tinggal di rumah. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa Asia layak untuk menjadi rumah bagi mahasiswa internasional.

 

Jika kamu sudah memastikan untuk memilih kuliah di Singapura, kamu perlu memikirkan akomodasi yang dibutuhkan selama tinggal di sana. Akomodasi dapat menjadi pilihan yang sulit sewaktu kuliah di Singapura.

 

Untuk menyewa satu unit flat Housing Development Board (HDB), kamu harus menganggarkan sekitar 250 SGD (satu kamar) hingga 1000 SGD (satu flat). Akomodasi di asrama akan membebankan kamu sekitar 140 SGD hingga 440 SGD per bulan bergantung pada tipe kamar. Homestay pada umumnya berkisar antara 1.000 SGD hingga 1.600 SGD.

 

 

2. Institusi pendidikan di Singapura menawarkan program konseling dan orientasi

 

Singapura menjalankan program orientasi untuk memberikan masukan kepada mahasiswa tentang sistem pendidikan Singapura. Selain itu, mahasiswa internasional juga diberikan jasa konseling untuk pendaftaran masuk ke kolese dan universitas di Singapura. Dengan demikian mahasiswa internasional punya tempat bertanya dan konsultasi di saat mereka membutuhkan.

 

 

 

3. Institusi pendidikan di Singapura menawarkan lingkungan belajar yang kondusif

 

Mahasiswa datang ke Singapura dari berbagai negara untuk mendapatkan penawaran pendidikan yang menarik. Institusi pendidikan di Singapura menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi mahasiswa. Mahasiswa internasional yang ingin memperoleh pendidikan di Singapura akan mendapatkan akses ke teknologi dan layanan perpustakaan kelas dunia. Mereka juga akan diberikan kesempatan untuk mengambil bagian dalam aktifitas ko-kurikuler. Dengan semua kesempatan pendidikan ini, tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak memilih Singapura.

 

 

4. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

 

Salah satu keuntungan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Singapura adalah biaya di kawasan Asia cenderung lebih terjangkau. Dan, biaya hidup di Singapura lebih rendah bila dibandingkan dengan negara maju lain seperti Inggris dan Amerika Serikat.

 

Biaya hidup di negara asing berpengaruh banyak. Hal ini dikarenakan tinggal di negara dengan biaya hidup yang lebih rendah memberikan kamu keuntungan yang besar. Kamu akan menghabiskan sedikit biaya untuk transportasi, akomodasi dan lainnya. Biaya sewa untuk apartemen satu kamar di pusat kota berkisar 3.300 SGD per bulan.

 

Biaya kuliah di Singapura beragam bergantung pada institusi pendidikan yang menawarkannya. Mahasiswa internasional perlu mempersiapkan sekitar 6.500 SGD hingga 7.500 SGD, dan sekitar 7.500 SGD hingga 8.500 SGD  untuk program pascsarjana.

 

 

 

5. Banyak kesempatan untuk memaksimalkan potensi

 

Kebanyakan institusi pendidikan di Singapura unggul dalam mengajar bahasa seperti Inggris dan Mandarin, yang merupakan dua bahasa utama yang paling banyak dicari di dunia kerja. Selain itu, universitas Singapura juga unggul dalam pendidikan matematika dan sains.

 

Di luar kegiatan akademik, kebanyakan universitas memberikan nilai tambah berupa aktifitas ko-kurikuler yang membantu mahasiswa membangun kualitas kepemimpinan. Institusi pendidikan di Singapura memastikan mahasiswa mereka dapat mengejar bakat mereka dalam musik, seni serta olahraga.

 

Berikut adalah beberapa universitas terkemuka yang menawarkan pendidikan terbaik di Singapura:

 

 

  • Jika kamu memiliki kualitas kepemimpinan dan ingin untuk mendapatkan keunggulan dalam akademik serta profesional, maka National University of Singapore (NUS) adalah pilihan terbaik bagi kamu. NUS menawarkan program MBA dan lainnya bagi mahasiswa internasional, intitusi ini menawarkan pengalaman kepemimpinan bagi mahasiswa internasional sehingga mereka siap untuk memimpin kehidupan di perusahaan.

 

  • Singapore Institute of Technology (SIT) adalah universitas terkemuka lain di Asia yang menawarkan program gelar spesialisasi bagi mahasiswa internasional. Kamu dapat mengambil program Teknik dan Ilmu Terapan dari universitas ini. Jika kamu tertarik dalam karir di bidang Ilmu Kesehatan, Desain, Media Digital Interaktif dan Perhotelan maka kamu dapat mendaftar ke SIT.

 

Selain universitas di atas, Singapura juga memiliki beragam politeknik yang menawarkan program diploma dalam berbagai bidang. Hampir semua program diajarkan dalam bahasa Inggris di universitas Singapura. Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar dalam kebanyakan kolese yang menguntungkan bagi mahasiswa internasional untuk mempersiapkan kesempatan kerja di masa depan.

 

Kunjungilah Singapura dan jelajahi beragam kesempatan pendidikan dan kerja bagi mahasiswa internasional. Cek daftar universitas di Singapura.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image