Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

BAHASA ASING SELAIN INGGRIS YANG BANYAK DICARI OLEH PERUSAHAAN TERNAMA

2028

Tuntutan dunia kerja sekarang semakin keras. Bahasa Inggris tidak lagi cukup untuk memasarkan diri kamu. Terutama jika setelah lulus kuliah kamu berencana untuk bekerja di luar negeri atau di perusahaan-perusahaan ternama. Bahkan jika kamu ingin memulai usaha sendiri pun, menguasai bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris bisa membukakan banyak jalan dan koneksi. Jadi, selain menguasai bahasa Inggris, usahakan kamu juga mempelajari bahasa asing lainnya.

 

Menurut penelitian terbaru dari situs YouGov, kebanyakan orang hanya menguasai satu bahasa, tetapi lebih dari 50% setuju bahwa jika mereka belajar bahasa asing lainnya, akan sangat membantu sewaktu mencari pekerjaan yang mereka inginkan. Tetapi, dari sekian banyaknya bahasa asing di dunia, bahasa mana saja yang palin banyak digunakan di dunia kerja?

 

 

Perusahaan besar/multinasional mencari tenaga kerja yang bisa multi-bahasa

 

Perusahaan-perusahaan cenderung mempertimbangkan pelamar kerja yang bisa bahasa lain plus menguasai bahasa Inggris. Terutama jika perusahaan tersebut memiliki cabang di luar negeri atau melayani banyak klien asing. Pelamar tanpa keahlian bahasa asing biasanya tidak akan dipertimbangkan.

 

Perusahaan-perusahaan multinasional khususnya, melaporkan bahwa saat ini sedang kekurangan tenaga kerja yang menguasai multi-bahasa. Mereka memerlukan tenaga ahli tersebut untuk mengelola cabang luar negeri. Selain itu memperkerjakan tenaga ahli yang bisa menguasai bahasa asal klien juga bisa menunjukkan bahwa perusahaan peduli pada klien mereka.

 

 

Bahasa asing mana yang paling banyak dicari perusahaan besar?

 

Saat ini, tenaga kerja yang bisa bahasa Mandarin sangat tinggi permintaannya. Hal ini tidak mengherankan, karena Cina adalah manufaktur terbesar di dunia. Sehingga banyak perusahaan yang berhubungan dengan Cina, baik itu untuk hal produksi, ataupun menawarkan barang dan jasa untuk klien di Cina. Bahkan bank-bank di dalam negeri juga banyak mencari staf yang fasih berbahasa mandarin untuk menjelaskan pilihan investasi bagi klien-klien mereka yang hanya bisa berbahasa Mandarin.

 

Perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Eropa biasanya mencari tenaga kerja yang bisa berbahasa Perancis. Hasil survey dari The Telegraph  menyatakan bahwa Bahasa Jerman, Spanyol, Perancis, Polandia dan Mandarin adalah bahasa yang sebaiknya dipelajari oleh mahasiswa, jika mereka ingin peluang karir yang bagus.

 

 

Belajar asing mulai dari mana?

 

Ingin belajar bahasa asing tetapi tidak ada buku, atau tidak ada guru? Itu semua bukan halangan. Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Berkat kemajuan teknologi internet, saat ini channel untuk belajar bahasa asing menjadi semakin luas. Boleh di bilang tidak ada batasnya. Kita tidak perlu lagi tergantung dengan kelas kursus setempat. Jika dulu kesulitan untuk menemukan tempat kursus bahasa Jerman misalnya, saat ini kamu bisa mencari di internet.

 

Contohnya di situs https://mylanguageexchange.com/, kamu bisa memilih dari 115 bahasa asing. Kamu bisa menemukan native speaker dari bahasa yang ingin kamu pelajari di komunitas online situs tersebut, dan berkomunikasi dengan mereka. Situs tersebut bahkan menyediakan lesson plan, chat rooms, dan lain sebagainya.

 

Selain itu banyak juga situs yang terdedikasi untuk satu bahasa saja, misalnya echineselearning.com untuk mereka yang ingin belajar bahasa Mandarin, NHK World untuk yang ingin belajar bahasa Jepang, dan masih banyak lagi. Kamu bisa ketik keyword bahasa yang kamu inginkan di google atau browser lainnya.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS