Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

KULIAH GRATIS DI NEGARA TERBAIK DI DUNIA

2288

 

Selama 13 tahun berturut-turut, Norwegia diperingkatkan sebagai negara terbaik di dunia. Negara ini meraih skor tertinggi baik untuk taraf hidup, kesehatan dan pendidikan.  Tidak heran negara ini banyak dilirik oleh mahasiswa internasional untuk dijadikan tempat menimba ilmu dan bahkan membangun masa depan.

 

 

BIAYA KULIAH GRATIS DI NORWEGIA

 

Semua universitas negeri dan university college menggratiskan biaya kuliah, termasuk untuk mahasiswa internasional. Hal ini berlaku untuk tingkatan studi Bachelor, Master dan Ph.D. Akan tetapi, tergantung universitas, mahasiswa perlu membayarkan biaya semester sejumlah NOK 300-600 per semester (1 NOK = Rp. 1575.44 per 14 Juni 2017). Biaya yang berkisar kurang dari Rp. 500,000 hingga Rp. 950,000 ini wajib dilunasi supaya bisa ikut ujian setiap semester.

 

Sebenarnya tidak rugi membayar biaya tersebut, karena dengan demikian, mahasiswa dengan otomatis menjadi anggota organisasi kesejahteraan mahasiswa yang bisa menikmati berbagai fasilitas: layanan kesehatan, jasa konseling, mengikuti kegiatan olahraga dan acara budaya yang menarik lainnya.

 

 

Dengan membayarkan biaya semester ini, mahasiswa juga akan menerima kartu mahasiswa yang bisa digunakan untuk mendapatkan diskon di banyak tempat, termasuk untuk transportasi, tiket masuk, hiburan dan masih banyak lagi. Sangat menyenangkan bukan?

 

 

 

INSTITUSI YANG TIDAK MENGGRATISKAN BIAYA KULIAH DI NORWEGIA

 

Berbeda dengan universitas negeri, institusi-institusi swasta tidak menggratiskan biaya kuliah. Walau demikian biaya kuliah di sana masih lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

 

Beberapa program S2/Master di universitas negeri juga akan dikenakan biaya. Sebelum mendaftar, pastikan mencari informasi yang mendetil di situs resmi universitas.

 

 

 

CARA MENDAFTAR KULIAH S1 KE NORWEGIA

 

Pendaftaran biasanya dimulai setiap 10 Desember dan berakhir pada 15 Maret untuk gelombang masuk bulan Agustus (Semester Musim Gugur). Akan tetapi beberapa universitas memulai pendaftaran lebih awal. Informasi pendaftaran bisa ditemukan di situs resmi universitas.

 

 

Mahasiswa yang ingin mendaftar harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh NOKUT (badan penjaminan mutu pendidikan di Norwegia). Persyaratan untuk setiap negara berbeda.

 

Persyaratan untuk mahasiswa Indonesia adalah:

* Lulusan 2004: Ijazah Sekolah Menengah Atas (Ijazah SMA)/ Madrasah Aliyah + 1 tahun universitas

* Lulusan 1997-2003: Surat Tanda Tamat Belajar Sekolah Menengah Umum (SMU) + 1 tahun universitas

* Lulusan 1987-1996: Surat Tanda Tamat Belajar Sekolah Menengah Umum Tingat Atas (STTB SMA) + 1 tahun universitas

 

DAN persyaratan berbahasa Inggris:

Skor TOEFL minimal 60 (iBT) atau 500 (PBT); atau IELTS minimal band 5.0; atau PTE dengan skor minimal 50. Untuk lebih mendetil silahkan baca di sini.

 

Pendaftar harus berusia di atas 23 tahun dan memiliki pengalaman 5 tahun kuliah dan bekerja. Bagi pelajar SMA yang ingin melanjutkan ke universitas harus lulus mata pelajaran matematika, IPS, IPA dan bahasa Inggris dengan baik.

 

Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung ke universitas yang ingin dituju. Formulir pendaftaran dapat didownload di situs resmi universitas.

 

Jika ingin mengikuti program kuliah dalam bahasa Norwegia, juga diperlukan sertifikat kelancaran berbahasa Norwegia. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs NUCAS (Norwegian Universities and Colleges Admissions Service).

 

 

 

CARA MENDAFTAR KULIAH S2 KE NORWEGIA

 

 

Persyaratan yang ditentukan setiap universitas berbeda-beda. Tetapi secara umum, mahasiswa harus telah lulus program Bachelor/S1 yang sesuai dengan jurusan S2 yang ingin didaftar.

 

Cari informasi mendetil program kuliah di universitas di Norwegia

 

 

BIAYA HIDUP DI NORWEGIA

 

 

Biaya hidup tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa. Akan tetapi pada umumnya, dengan NOK 9000 (sekitar Rp. 15,230,067)* per bulan, mahasiswa sudah dapat hidup nyaman. Biaya sehari-hari sudah dapat tercukupi termasuk tempat tinggal, pakaian, makan, kesehatan, buku dan lain-lain. 

Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja sambilan 20 jam per minggu. Bayaran per jam adalah NOK 120 atau 203 ribu rupiah. Jika kamu berencana untuk bekerja sambilan di Norwegia, pastikan kamu telah menguasai bahasa Norwegia, setidaknya bahasa percakapan dasar selain bahasa Inggris ya.

 

* berdasarkan kurs Agustus 2017

 

 

 

Sumber:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS