Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

SELUK BELUK KULIAH ONLINE

Seluk Beluk Kuliah Online

Berkat kemajuan teknologi, alur informasi telah menjadi super lancar. Bahkan di saat-saat tak menentu seperti ini, kamu bisa tetap terhubung dengan dunia luar dengan mudah - seperti chatting dengan teman, nonton film, sampai menjelajahi internet. Nah, hal ini juga berlaku untuk proses pendidikan. Dengan berkembangnya berbagai macam teknologi untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, tak heran kalau sistem pembelajaran secara online di tingkat pendidikan tinggi juga turut berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

 

Berhubung banyak universitas internasional kini beralih ke sistem pengajaran online sebagai dampak dari pandemi Covid-19 (virus corona), tim Hotcourses Indonesia telah mendalami dan menilik semua hal yang bisa kamu harapkan dari kuliah online, termasuk gaya pengajaran, sistem yang digunakan dan tren yang akan muncul di ranah ini.


Seperti Apa Sih Lingkungan Kuliah Online?
 

Salah satu keluhan utama mahasiswa saat membahas kuliah online adalah tidak adanya interaksi tatap muka langsung seperti di lingkungan belajar tradisional. Banyak orang mencemaskan ini akan mengurangi efektivitas proses pembelajaran dan transfer pengetahuan. Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa para mahasiswa tidak akan bisa berinteraksi atau berkomunikasi dengan dosen/pengajar. Kalau kamu bertanya-tanya tentang hal-hal tersebut, maka kamu perlu mengingat bahwa sebagian besar sistem pembelajaran online kini telah dirancang untuk memaksimalkan interaksi dan kolaborasi. Perkembangan teknologi yang memungkinkan streaming video tanpa jeda dengan fasilitas chatting dan interaksi langsung akan membantumu terhubung dengan para mahasiswa lain dan staf pengajar.

 

Live streaming adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kuliah dan pengajaran di ranah online. Kamu tetap bisa berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa lain, serta memberikan masukan/umpan balik atau mengajukan pertanyaan secara instan. Teknologi ini bisa digunakan para staf pengajar untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat pemahaman peserta kelasnya sebelum pindah ke topik berikutnya.

 

Dalam beberapa kasus, kuliah online akan direkam dan diunggah agar bisa diakses di lain waktu. Jadi mahasiswa yang tidak bisa hadir di kelas tertentu bisa mengakses rekaman tersebut untuk mengejar ketertinggalan. Mahasiswa lain juga bisa menonton/mendengar kembali kelas tersebut untuk mengulas kembali materi kuliah. Banyak institusi pendidikan tinggi saat ini telah menggunakan format webinar yang mendorong partisipasi aktif peserta dan memungkinkanmu untuk mengajukan pertanyaan.

 

Streaming juga memungkinkan interaksi yang lebih dekat antara mahasiswa dan dosen (misalnya via video chat pribadi atau diskusi kelompok) sehingga mahasiswa tetap bisa mendapatkan penjelasan lengkap mengenai topik spesifik dan mendiskusikan materi pelajaran tertentu. Konsultasi semacam ini biasanya terstruktur dengan baik dan umumnya digunakan untuk diskusi dan bimbingan akademik, berbagi sumber daya, serta mengumpulkan masukan/umpan balik dari mahasiswa. 

 

Para mahasiswa pascasarjana khususnya mungkin akan merasa cocok dengan kuliah via streaming. Karena jumlah mata kuliah yang harus diambil lebih sedikit, jenis pembelajaran ini bisa disesuaikan dengan jadwal mereka dan jauh lebih fleksibel. Karena itu, tak heran banyak pembimbing tesis di tingkat S2 dan S3 menggunakan teknologi ini untuk berdiskusi dengan mahasiswa bimbingannya.  

 

Seorang mahasiswi sedang menjalani kuliah online

Apakah Semua Institusi Pendidikan Tinggi Saat Ini Bisa Memfasilitasi Kuliah Online Dengan Baik?


Meskipun selama ini kehadiran di kelas/kampus dianggap sebagai kewajiban, persepsi ini sudah mulai bergeser. Dengan adanya kemajuan teknologi dan akses instan ke berbagai sarana dan sumber informasi, pelaksanaan kuliah online kini jauh lebih mudah. Kemudahan ini juga dirasakan dalam aspek evaluasi mahasiswa dengan adanya sistem yang memungkinkan mahasiswa mengumpulkan tugas secara online untuk kemudian dinilai oleh staf pengajar. Dengan adanya email dan social media, mahasiswa juga akan bisa dengan mudah terhubung ke berbagai sumber informasi akademik terbaik.


Untuk memastikan kuliah online terlaksana dengan baik, pihak-pihak universitas telah merekrut tim ahli yang bertujuan memberikan pengalaman belajar online yang maksimal untuk para mahasiswa. Tim ini biasanya terdiri dari profesi-profesi berikut:

 

  • Ahli pembelajaran dan pengajaran online

  • Desainer pembelajaran online

  • Pengembang perangkat lunak

  • Desainer instruksional

  • Pengembang konten

  • Desainer pengalaman pengguna

  • Ahli teknologi informasi

 

Tim ini bekerja keras untuk menghadirkan berbagai inovasi agar mahasiswa mendapatkan pengalaman kuliah online terbaik. Salah satu contoh perwujudan hal ini adalah rancangan penyampaian materi kuliah dalam format game atau keterlibatan media sosial dalam proses perkuliahan. 

 

Manfaat lain dari kuliah online adalah terbukanya akses bagi orang-orang yang sebelumnya mungkin tidak berkesempatan belajar di institusi pendidikan tinggi - misalnya dari pengurangan biaya kuliah untuk program studi online. Tersedianya opsi belajar online juga bermanfaat bagi pihak universitas dan mahasiswa saat ada interupsi pada proses pembelajaran normal di kampus seperti situasi pandemi saat ini. Dalam kondisi ini, pembelajaran online sangatlah penting karena memungkinkan para mahasiswa untuk melanjutkan studi dan mendapatkan gelar akademis mereka.

 

 

Unduh brosur universitas favoritmu di seluruh dunia

Hal Apa Saja Yang Akan Saya Hadapi Saat Menjalani Kuliah Online?

 

Pertama-tama, kamu harus tahu bagaimana cara mengakses kelas, sumber daya akademik, penilaian, dan jadwal secara online. Kemungkinan besar universitasmu akan menggunakan sistem manajemen pembelajaran yang menyediakan serangkaian alat untuk kuliah online. Kamu akan memiliki profil dan portal pribadi yang menjadi tempatmu melakukan segala macam hal - mulai dari menghadiri kuliah online dan mengumpulkan tugas, hingga bergabung dengan forum diskusi dan mencari sumber informasi. Beberapa sistem populer digunakan adalah:

 

  • Blackboard Collaborate - Platform kelas dan lingkungan belajar virtual

  • Moodle - Lingkungan pembelajaran online yang bisa dipersonalisasi

  • Sakai - Platform pembelajaran online untuk pengajaran, penelitian dan kolaborasi

Beberapa institusi tertentu menggunakan sistem online mereka sendiri. Karena itu, mereka memiliki departemen khusus untuk memandu dan membantu para pengguna sistem tersebut. Tersedia juga banyak panduan dan dokumentasi online yang bisa kamu gunakan kalau kamu diminta untuk menguasai suatu sistem spesifik. Sistem-sistem yang ada pada saat ini telah dirancang agar mudah digunakan, sehingga kamu bisa belajar tanpa perlu bingung tentang cara menggunakan sistem tersebut. Kalau kamu sedang mencari universitas di luar negeri, ada baiknya kamu mencari tahu sistem pembelajaran online yang digunakan universitas pilihanmu agar persiapan kuliahmu lebih matang. Untuk bisa melakukan hal ini dengan baik, coba baca dulu panduan kami mengenai cara meriset pilihan tempat kuliah di masa pandemi.


Perlu diingat bahwa kamu harus memberi tahu pihak universitas jika kamu mengalami masalah dengan akses dan konektivitas. Ini penting dilakukan agar proses belajarmu tetap efektif dan berjalan dengan semestinya. Kamu pasti tidak mau tertinggal materi kuliah hanya karena isu koneksi kan?


Jangan lupa juga bahwa kuliah online sangat tergantung pada jenis perangkat yang kamu gunakan. Aspek-aspek pembelajaran online tertentu seperti webinar interaktif akan lebih maksimal jika kamu akses menggunakan komputer, sementara pengantaran materi kuliah dalam format lain bisa dilakukan menggunakan perangkat apapun. 

 

Pembelajaran online memang memiliki berbagai tantangan, tetapi sebagian besar cukup mudah diselesaikan. Misalnya, untuk meningkatkan konsentrasi, kamu bisa mengikuti kelas sambil minum kopi/teh agar tetap fokus. Kamu juga bisa mengikuti berbagai tips yang telah kami susun untuk meningkatkan produktivitasmu saat harus kuliah online dari rumah.

 

 

Ciptakan lingkungan belajar yang kondusif saat mengikuti kuliah online


Secara keseluruhan, ada banyak aspek positif dari kuliah online seperti bisa belajar di tempatmu sendiri, fleksibilitas yang lebih besar dan meningkatnya motivasi diri.

 

Bagaimana? Sudah siap untuk kuliah secara online? Coba jelajahi beberapa program studi dengan opsi pembelajaran online di berbagai universitas terbaik di seluruh dunia.

 

Mau kuliah di universitas-universitas terbaik di mancanegara? Langsung saja daftar untuk konsultasi GRATIS dengan konselor IDP Education yang selalu siap membantumu mencapai impian kuliah di luar negeri.

 

Daftar sekarang untuk konsultasi gratis!